Cara Mudah Belajar Motor Kopling Manual Untuk Pemula, Biar Enggak Gampang Mati-Mati

Mengendarai motor sport dengan kopling manual kadang masih dianggap sulit oleh sebagian orang. Soalnya sering kejadian, motor belum jalan saja mesin gampang mati-mati hingga akhirnya menunda untuk belajar naik motor kopling.

Maka tak heran jika mengendarai motor koplinh manual seperti motor sport, sampai dianggap dengan sebutan motor laki (pria) karena lebih banyak digunakan kaum adam. Padahal wanita pun bisa loh pakai motor ini, asal tahu langkahnya.

Baca juga : Sudah Pakai Traction Control tapi masih Jatuh, Kok Bisa?

Naik motor kopling manual itu menyenangkan loh kalau sudah lancar.

Tim Yamaha Riding Academy PT Lautan Teduh di Lampung mau nih bagi-bagi tips supaya bisa dengan mudah mengendarai motor kopling manual. Seperti apa dan bagaimana caranya?

Kenali Perangkat Kopling

Sebelum praktik, pertama-tema kenali dulu fungsi perangkat kopling pada motor. Kopling merupakan piranti untuk memutus dan meneruskan putaran mesin menuju transmisi lalu ke roda belakang motor.

Baca juga : Biar gak Celaka, Pahami Cara Pakai Kopling di Tanjakan dan Turunan

Tuas kopling berada di setang sebelah kiri. Saat ditarik, pastikan pergerakannya halus dan ringan. Perhatikan juga jarak main bebas tuas kopling sesuai standar pada buku manual motor.

Pastikan gerak tuas kopling halus dan lancar.

Pada kopling manual, perpindahan gigi transmisi ada yang dari gear satu sampai gear maksimum ditekan ke depan semua. Dan ada yang dari gear satu ditekan ke depan, selanjutnya gear dua dan seterusnya ditekan ke belakang/dicongkel.

Berkendara Tanpa Memutar Gas

Oke lanjut pada praktik. Hidupkan mesin dan posisi gigi transmisi netral. Injak pedal rem belakang agar motor tidak bergerak-gerak. Tarik tuas kopling secara penuh dan masukkan gigi satu.

Baca juga : Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini!

Lepas rem belakang dan tuas kopling secara perlahan bersamaan. Proses melepas tuas kopling yang terlalu cepat bisa bikin mesin motor mudah mati. Hal inilah yang sering terjadi.

Kenali karakter motor untuk mempermudah belajar naik motor kopling.

Kemudian jalankan motor tanpa perlu memutar gas. Motor yang sehat dan normal akan berjalan perlahan meski gas tidak diputar. Tarik kopling saat akan berhenti dibarengi pengereman secara halus.

Lanjut ulangi tahap ini sampai Anda mengenal karakter motor dengan baik.

Baca juga : Banyak Kasus Mesin Motor Tiba-Tiba Pecah, Penyebabnya Ternyata Sepele!

Operasikan Gas dan Pindah Gigi

Semakin lancar dan mengenal karakter motor. Kini mulai buka gas perlahan untuk menambah laju motor. Selalu tutup gas terlebih dulu baru tarik tuas kopling saat hendak memindahkan gigi transmisi.

Tuas perseneling ada yang diinjak dan cungkil.

Operasikan kopling pada tiga kondisi, yakni saat pertama hendak berjalan, pindah gigi transmisi (naik/turun) dan saat akan berhenti. Hindari menarik tuas kopling saat mengerem, karena akan membuat motor nyelonong karena tak ada engine brake.

Baca juga : Jangan Pakai Calo, Ganti STNK dan Plat Motor Baru Mudah dan Murah!

Untuk menurunkan gigi transmisi, disarankan saat putaran mesin motor sudah tidak tinggi, agar perpindahan transmisi lebih halus. Lakukan tahap ini sampai mahir.

Selamat mencoba!

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Vixion
Lihat