Yamaha Nmax 155 Lama Masih Dijual, Tipe ABS Lebih Mahal Dari Nmax 155 Terbaru!

Sejak dikenalkan pertama kali tahun 2015, Yamaha Nmax telah memiliki dua generasi. Generasi terbarunya dirilis akhir tahun 2019 lalu. Tapi menariknya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih menjual model lamanya.

Entah karena soal selera desain atau bukan, banyak masyarakat yang masih menyukai Yamaha Nmax generasi pertama. Tak heran jika akhirnya produk satu ini masih dijual, dan terpampang pada website resmi Yamaha.

Harga Lebih Mahal

Ya pada tipe ABS, Yamaha Nmax lama ini dilepas Rp 32,265 juta on the road Jakarta. Banderol ini lebih mahal dari Yamaha Nmax model terbaru tipe Standard dan Connected, yang masing-masing dijual Rp 30,2 juta dan Rp 31,45 juta.

Tapi jika kalian mengincar Yamaha Nmax lama tipe non ABS, harga jualnya justru jadi yang paling murah. Kalian bisa mendapatkan skutik tipe non ABS itu dengan harga Rp 28,945 juta saja.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Namun karena ini model lama, tak semua dealer Yamaha menyediakan stok unitnya. Jadi ada baiknya kalian menanyakan stok unit dan berapa lama harus menunggu sampai unit tersedia.

Berikut daftar harga Yamaha Nmax lama dan terbaru, dilansir dari website resmi Yamaha Indonesia.

Daftar Harga
All New Yamaha Nmax Standard Version Rp 30,2 juta
All New Yamaha Nmax Connected Rp 31,45 juta
All New Yamaha Nmax Connected ABS Rp 34,3 juta
Yamaha Nmax  Rp 28,945 juta
Yamaha Nmax ABS Rp 32,265 juta

Perbandingan Yamaha Nmax Lama Vs Baru

Menurut beberapa tenaga penjual, konsumen masih banyak yang menyukai desain dari Yamaha Nmax model lama. Ya kalau soal desain memang tak bisa disamakan, setiap orang punya selera masing-masing.

Pada model lama sosok Yamaha Nmax lebih kaku dan mengotak, tanpa menghilangkan kesan sporty dan kokoh. Lantas pada model baru bentuknya cenderung membulat dan memiliki garis bodi dinamis.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

Walaupun kalau boleh dibilang, model lama ini sudah kalah fitur. Misalnya panel meter yang berukuran lebih besar, pun pengaturan informasi di dalamnya bisa dilakukan menggunakan switch handle bar pada setang kiri depan. Lebih praktis.

Panel meter Yamaha Nmax baru (atas) dan lama (bawah).

Kemudian jika membeli tipe ABS Yamaha Nmax lama, kalian tak akan bisa merasakan fitur-fitur terbaru Yamaha Nmax seperti Y-Connect, Traction Control System hingga Stop & Start System.

Pun untuk penyuka riding jarak jauh, akan lebih nyaman dengan Nmax baru karena kapasitas tangki yang lebih besar yakni 7,1 liter. Pada model lama hanya 6,6 liter saja daya tampungnya.

Baca juga : Fantastis, Yamaha Nmax 'Telmax' Yang Sedang Viral Habis Biaya Rp 4 Juta Lebih!

Meski sama-sama nyaman dikendarai, Yamaha Nmax lama lebih mumpuni untuk kaki selonjoran. Beda dengan model terbaru yang kaki pengendara harus sedikit menekuk, meski tetap nyaman.

Kaki sedikit menekuk saat selonjoran di Yamaha Nmax terbaru.

Ini tak lepas dari perubahan dimensi Yamaha Nmax model baru yang menjadi lebih pendek. Data perbandingan dimensi keduanya bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini.

Dimensi Yamaha Nmax
  All New Yamaha Nmax Yamaha Nmax
Panjang x Lebar x Tinggi 1.935 x 740 x 1.160 mm 1.955 x 740 x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.340 mm 1.350 mm
Ketinggian Jok 765 mm 765 mm
Ground Clearance 124 mm 135 mm
Berat  132 kg 127 kg
Kapasitas Tangki Bensin 7,1 liter 6,6 liter

Mesin Beda Banget

Pada Yamaha Nmax model lama, kalian masih akan mendengar suara dinamo starter saat menghidupkan mesin. Beda dengan model baru yang sudah menerapkan teknologi Smart Motor Generator (SMG), sehingga lebih senyap.

Mesin Yamaha Nmax terbaru beda karakter dengan yang lama.

Walau secara spesifikasi mesin masih sama, yakni 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA dan pendingin cairan, dan ukuran piston serta langkah piston masih sama, tapi banyak komponen jeroan mesin yang berbeda dari mesin sebelumnya.

Misalnya ukuran payung klep, kemudian bentuk piston yang mempengaruhi rasio kompresi, kemudian volume boks filter udara dan tak kalah penting, beda output tenaga mesin.

Baca juga : Harga Yamaha NMax 2021 di Malaysia Rp31 Jutaan, Warnanya Beda Sendiri

Tenaga Yamaha Nmax terbaru menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Ada kenaikan tenaga sebesar 0,3 PS meski torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm dari model lamanya.

Mesin Yamaha Nmax lama lebih responsif.

Karakternya pun beda jauh loh, pada Yamaha Nmax lama punya respon mesin yang spontan dan kuat pada putaran bawah sampai menengah. Namun pada model terbarunya, mesinnya justru smooth untuk berakselerasi tapi punya performa putaran atas lebih menyenangkan.

Perbandingan Mesin
  All New Yamaha Nmax Yamaha Nmax
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 155 cc 155 cc
Bore x Stroke 58 x 58,7 mm 58 x 58,7 mm
Kompresi 10,5:1 11,6:1
Tenaga Maksimal 15,3 PS @8.000 rpm 15 PS @8.000 rpm
Torsi Maksimal 13,9 Nm @6.500 rpm 14,4 Nm @6.500 rpm

Kesimpulan

Selera memang tak bisa dibeli, tak heran jika model lama dari Yamaha Nmax masih banyak yang mencari dan menyukainya. Tapi yang harus dicermati, pada model lama fitur-fiturnya tak selengkap model terbaru.

Yamaha Nmax terbaru tawarkan fitur lebih canggih.

Belum lagi jika kalian memilih tipe ABS, harganya justru lebih tinggi dari dua tipe Yamaha Nmax model 2022 yakni Standard dan Connected. Namun semua kembali pada keinginan, jika hal tersebut bukan masalah bagi kalian.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat