Komparasi Honda Vario dan Yamaha Lexi Termurah, Tak Sampai Rp 25 Juta Mau Pilih Mana?

Yamaha Lexi 2022 menjadi penantang baru Honda Vario 125 2022. Jantung mekanisnya sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc. Harga yang ditawarkan juga semuanya sudah dibanderol di atas Rp 20 juta. 

Khusus Honda Vario terbagi atas 2 varian mencakup tipe standar Rp 21,1 jutaan dan satunya yang dilengkapi fitur Idling Stop System (ISS) yang harganya Rp 22 juta. Sedangkan Lexi ada 3 varian, tipe standar Rp 21,7 juta, Lexi S yang sudah keyless Rp 24,7 juta, serta tipe paling tinggi lengkap dengan rem ABS Rp 27,3 juta.  

Pilih Yamaha Lexi atau Honda Vario?

Baca Juga: Simak 5 Alasan Memilih Yamaha Lexi 125 2021, Skutik Kesayangan Anya Geraldine

Dari daftar tipe tadi sulit mengkomparasikan satu sama yang lain karena harganya terpaut jauh. Namun yang paling rasional dan cocok diadu adalah dua varian yang memiliki harga Rp 21 jutaan dan merupakan varian terendah. Toh perbedaan variannya juga tak begitu signifikan.

Nah jika Anda tengah bingung memilih Honda Vario 125 atau Yamaha Lexi 125, ulasan ini agaknya bisa membantu mencarikan jawabannya. Mari kita bandingkan keduanya bersama. 

Honda Vario punya tinggi jok lebih pendek dibanding Yamaha Lexi.

Perbandingan Dimensi Yamaha Lexi dan Honda Vario 

Pertama dari dimensinya dulu. Berdasarkan data teknis ternyata ukuran Yamaha Lexi lebih besar ketimbang Honda Vario. Bahkan Lexi memiliki ukuran yang lebih panjang daripada Nmax. Panjang Yamaha lexi hampir 2 meter ternyata.  

Perbandingan Dimensi Yamaha Lexi Honda Vario
Panjang 1.970 mm 1.877 mm
Lebar 720 mm 669 mm
Tinggi 1.135 mm 1.074 mm
Wheelbase 1.350 mm 1.256 mm
Ketinggian Jok 785 mm 740 mm

Mengetahui dimensi masing-masing motor diperlukan supaya bisa menyesuaikan ruang garasi rumah manakala terbatas. Pun dengan ketinggian tempat duduk, paling tidak bisa membantu memilih motor mana yang paling sesuai postur tubuh.  

Yamaha Lexi selain untuk pria juga mumpuni dipakai wanita.

Dari data di atas terlihat Lexi punya jok yang lebih tinggi dari Vario, bedanya sekitar 1,6 cm. Bedanya terpaut sedikit. Namun yang jelas keduanya cocok untuk orang berpostur 170 cm. 

Performa Mesin Yamaha Lexi dan Honda Vario

Selanjutnya bicara mesin. Oke di atas kertas meskipun punya kapasitas mesin yang sama, namun racikan setiap pabrikan berbeda-beda. Hasilnya ternyata Yamaha Lexi lebih unggul, karena tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 11,8 ps pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm di putaran 7.000 rpm. 

Perbandingan Mesin Yamaha Lexi Honda Vario
Kubikasi Mesin 124,7 cc 124,8 cc
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin cairan, 1-silinder, 4-stroke SOHC, Berpendingin cairan, 1-silinder, 4-stroke
Daya Maksimum 11,8 ps @ 8.000 rpm 11,1 ps @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 11,3 Nm @ 7.000 rpm 10,8 Nm @ 5.000 rpm

Berkat penyematan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) pada mesin Blue Core, tampaknya membuat performa Lexi lebih baik. Sesuai fungsinya, VVA mendistribusikan tenaga di setiap putaran mesin, sehingga tenaganya dari putaran rendah hingga tinggi akan terus terasa. 

Yamaha Lexi.

Sementara Vario menjanjikan tenaga maksimum 11,1 ps pada 8.500 rpm. Artinya untuk mengejar tenaga puncak harus geber gas lebih tinggi lagi dibanding mesin Lexi. Selain itu torsi Vario juga lebih kecil, 10,8 Nm yang dicapai pada 5.000 rpm. 

Honda bukannya tidak memiliki fitur pendongkrak tenaga berupa katup variabel di Yamaha. Pabrikan sayap mengepak juga punya generasi mesin baru, esp+ 4-katup. Tapi sayangnya belum diaplikasikan pada Vario baik pilihan 125 atau 150. Kemungkinan pada generasi terbarunya. 

Baca Juga: Tips: 7 Cara Mudah Dongkrak Performa Honda Vario 125 2021

Adu Fitur Yamaha Lexi dan Honda Vario 

Nah masuk ke fitur. Walaupun kelasnya sama-sama terendah, rupanya perbandingan keduanya cukup signifikan. Di mana Yamaha Lexi sebagai motor debutan mampu menawarkan fitur yang lebih banyak. 

Beberapa fitur yang dimiliki Lexi termurah tapi tak ada di Vario tipe standar mencakup electric power socket, lampu hazard, hingga Stop Start System (SSS). Ada juga opsi posisi kaki yang sedikit bisa lurus tapi telapak kaki harus terbuka keluar dari dek. 

Yamaha Lexi punya fitur yang lebih melimpah, ada power outlet.

Selebihnya keduanya sama-sama dilengkapi panel meter serba digital, mekanisme penguncian model shuttered key, fitur yang bikin senyap suara starter, pengereman depan cakram dan belakang tromol, side stand switch, parking brake lock, serta lampu utama LED. Tapi bedanya semua lampu di Vario sudah LED baik rem dan seinnya.

Perbedaan desain panel meter digital Yamaha Lexi dan Honda Vario.

Adu Kepraktisan Yamaha Lexi dan Honda Vario

Honda Vario lebih unggul untuk urusan kepraktisan dan akomodasi. Dia punya dua tempat penyimpanan di dek tengahnya. Sementara Lexi cuma satu hanya di bagian kiri, sebelah kanannya untuk rumah kunci. 

Kapasitas bagasi Honda Vario mencapai 18 liter juga jadi juaranya karena mampu menyimpan helm dan barang lain secara bersamaan misalnya jaket dan sarung tangan. Sedangkan Lexi hanya 12,8 liter. Ruangnya juga tak begitu dalam, makanya tak bisa simpan helm. 

Bagasi jok Yamaha Lexi cuma 12,8 liter, Honda Vario 18 liter yang muat helm.

Namun demikian dua-duanya tetap dilengkapi hook atau cantelan. Ketika bawa barang belanjaan yang tidak cukup dimasukkan ke bagasi bisa dicantel di sana. Hanya saja sebagai catatan, area dek Lexi lebih lega karena bentuk lekukannya yang memungkinkan membawa galon.

Bila ingat dulu saat mengenalkannya ke publik, Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto sempat membawa Lexi sambil ada galon di tengahnya.  

Dek Yamaha Lexi bisa bawa galon.

Kapasitas Tangki Yamaha Lexi dan Honda Vario

Hebatnya desainer Vario adalah mampu membuat wujudnya ringkas, memiliki bagasi lega, serta punya tangki yang juga besar. Ya, tangki bahan bakar Honda Vario mencapai 5,5 liter dalam sekali pengisian penuh. Sehingga menjanjikan daya tempuh lebih jauh. 

Sayangnya tangki Yamaha Lexi cuma 4,2 liter. Boleh dibilang intensitas jajan ke pom bensinnya akan lebih sering Lexi ketimbang Vario.   

Tangki bensin Yamaha Lexi cuma 4,2 liter, sedangkan Honda Vario 5,5 liter.

Ukuran Ban Yamaha Lexi dan Honda Vario 

Terakhir dari sektor kaki-kaki. Baik Lexi dan Vario menggunakan satu shockbreaker pada bagian belakang dan depannya berupa teleskopik. Ukuran velg depan dan belakangnya juga sama-sama 14 inci serta dibalut ban tubeless. 

Tapi yang membedakan adalah ukuran ban yang digunakan. Ban Lexi punya tapak lebar. Profil ban depannya 90/90 dan belakang 100/90, sehingga pantaslah menjadi salah satu keunggulan yang digaungkan Yamaha. 

Ban Yamaha Lexi (kiri) punya tapak lebar.

Sedangkan Honda Vario masih berkutat pada ukuran ban 80/90 untuk depan sementara belakangnya 90/90. Tak ada bedanya dengan Honda BeAT jadinya.

Kesimpulan

Yamaha Lexi dan Honda Vario punya kelebihannya masing-masing ternyata. Tapi dari kelengkapan yang telah disebutkan, Honda Vario lebih unggul manakala butuh motor yang ruang bagasinya besar. Selain simpan helm saat jadi komuter sehari-hari, ketika akhir pekan digunakan untuk bawa belanjaan. 

Honda Vario 125.

Yamaha Lexi juga bisa diandalkan hal serupa memang. Tapi ingat bagasinya kecil, kepraktisannya tak begitu superior. Namun bisa juga dijadikan andalan saat melakukan perjalanan jauh karena punya fasilitas pengecasan gawai. Posisi kakinya juga ada pilihan lebih rileks sehingga pengendaraan lebih nyaman. 

Ditambah performa mesin yang lebih unggul berkat VVA. Namun karena tangki bensinnya yang tak begitu besar, jangan kaget kalau rasa-rasanya lebih boros ketimbang Honda Vario, karena lebih sering bertandang ke SPBU. 

Baca Juga: Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 125
Lihat