Walau sekarang ini penjualan motor sport mengecil, namun persaingannya terhitung ketat, seperti disegmen naked sport 150cc.
Setidaknya 3 brand Jepang bermain disini. Salah satu produk yang ada disegmen ini adalah Suzuki GSX-S150 2023.
Model ini merupakan versi naked dari versi full fairing, Suzuki GSX-R150. Kelengkapan yang dibawanya pun relatif mirip.
Baca juga : Adu Naked Bike 150 cc Termurah dan Termahal, Honda CB150R Streetfire Vs Suzuki GSX-S150
Selain tampil lebih ringkas tanpa bodi yang menutupi seluruh bagian depan motor, teknologi yang disematkan persis saudara sepabriknya.
Lampu depan LED, panel meter digital dan kesan sporty dari motor ini pun kuat.
Salah satu petinggi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu pernah menyatakan, jika produknya ini disediakan untuk mereka yang mau tampil sporty.
Namun juga menawarkan kenyamanan berkendara ketimbang versi full fairingnya.
Sayangnya, sejauh ini penjualan Suzuki GSX-S150 bisa dikatakan kurang apik.
Produk Suzuki satu ini jarang dilirik, ketimbang kompetitor sekelas macam Honda CB150R Streetfire atau Yamaha Vixion R.
Baca juga : Motor Baru Honda Meluncur 5 Mei 2021, Benarkah Honda CB150R Streetfire?
Padahal motor ini punya potensi yang menjadi keunggulannya dibandingkan kompetitor.
Ya desain memang soal selera, namun terlepas dari hal tersebut, kami menemukan sejumlah hal yang menjadi daya tariknya.
Apa saja?
Ya jika dibandingkan dengan pemain sekelas, berat motor ini hanya 130 kg.
Sementara kompetitornya bermain diangka 131 kg (Yamaha Vixion R) dan 134-135 kg (Honda CB150R Streetfire).
Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Dengan bobot yang lebih ringan, seharusnya lebih mudah mengendarai motor ini dalam beragam kondisi.
Termasuk kala harus mengendarainya di jalanan padat lalu lintas seperti di kota-kota besar.
Alhasil motor akan terasa lebih fun to ride, dan tak membebani pengendaranya.
Selain itu, bobot ringan juga akan memudahkan kala harus menggeser motor di lokasi parkir yang sempit.
Dan yang terpenting, bobot ringan juga berpegaruh pada performa motor karena power to weight ratio yang juga lebih baik.
The real DOHC, ya begitu banyak orang menyebutnya karena motor ini murni menggunakan mesin spesifikasi DOHC.
Dengan ukuran piston lebih besar dari langkah pistonnya, alias overbore!
Baca juga : Suzuki GSX-S1000 2021 kian Bengis, Ada Peluang Masuk Indonesia?
Spesifikasinya 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan dan sudah injeksi bahan bakar.
Kapasitas mesinnya 150 cc dengan piston 62 mm dan langkah piston 48,8 mm.
Tenaga dan torsi yang dihasilkan adalah 19,1 PS pada 10.500 rpm dam 14 Nm di 9.000 rpm.
Nafas mesinnya terhitung panjang, karena limiter mesin dibatasi sampai 13.000 rpm, sesuai angka tertinggi yang terpampang pada panel meter.
Sebuah hal yang jarang terjadi pada motor produksi massal bermesin kecil, yang nama rata-rata putaran mesin dibatasi direntang 10.000 hingga 11.000 rpm.
Dengan nafas mesin yang panjang, performanya mengasyikkan untuk dipakai trek-trek jarak jauh, yang mana tenaganya terus ngisi.
Ya meski pada kondisi macet atau awal akselerasi agak sedikit kedodoran, tapi rasanya hal itu bukan suatu masalah besar.
Nah, inilah salah satu keunggulan yang tak dimiliki kompetitornya baik dari Honda atau Yamaha.
Lantaran hanya Suzuki GSX-S150 yang punya kunci kontak paling canggih, yakni sudah pakai keyless.
Tentu dengan kunci keyless, motor akan jauh lebih aman dari pencuri kendaraan bermotor.
Pada kenop kunci juga dilengkapi dengan ring lampu yang memudahkan pemilik untuk menjangkau kenop dalam kondisi gelap.
Jenis yang dipakai identik dengan kepunyaan Suzuki GSX-R150 keyless, berikut dengan cara penggunaannya.
Baca juga : Sangar dan Kekar, Begini Suzuki GSX-S150 jika Bersolek ala Suzuki GSX-S1000
Fitur lainnya sudah pakai rem cakram pada kedua roda, dengan cakam petal disk model wavy nan sporty. Lainnya ada lampu hazard, suspensi monosok di belakang dan teleskopik di depan.
Awalnya teknologi ini lebih dikenal saat SIS merilis Suzuki Satria F150 (Spesifikasi | Berita) FI, dengan sekali pencet tombol starter, maka dinamo starter akan terus aktif sampai mesin hidup.
Teknologi ini ternyata diterapkan untuk banyak produk Suzuki keluaran terbaru sampai saat ini.
Dengan teknologi yang disebut Easy Start System, pemilik tak perlu terus menerus menekan tombol starter.
Teknologi ini pun hanya dimiliki Suzuki, kompetitornya tak ada yang menggunakannya sama sekali.
Dengan kelengkapan yang mumpuni, harga jual yang ditawarkan untuk Suzuki GSX-S150 ini masih bersaing.
Kini harga jualnya dari Rp 31,422 juta on the road Jakarta.
Baca juga : Sangar dan Kekar, Begini Suzuki GSX-S150 jika Bersolek ala Suzuki GSX-S1000
Lantas jika berkaca pada Honda CB150R Stretfire tipe teratas yang ini dilepas 31,530 juta dan Yamah Vixion R yang berlabel Rp 33 juta.
Tapi meski harganya bersaing, fitur yang disematkan bukan yang murahan toh?
Dibekali banyak fitur canggih, performa mumpuni, dan harga yang kompetitif, motor ini bukanlah motor sembarangan.
Suzuki sukses mengemas motor ini dengan banderol yang menarik dan pilihan warna kekinian yang disukai anak muda.
Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main
Hanya saja faktor lain seperti desain dan posisi duduk pembonceng yang dianggap tak nyaman, membuat motor ini tak dilirik.
Tapi jika kalian lebih sering berkendara sendiri, rasanya tak masalah memilih Suzuki GSX-S150 2023 ini.
Spesifikasi Suzuki GSX-S150 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi (P x L x T) | 2.020 x 745 x 1.040 mm | |
Jarak sumbu Roda | 1.300 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm | |
Ketinggian tempat duduk | 785 mm | |
Berat kosong | 130 kg | |
Rangka | Single Cradle | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal | |
Ukuran Ban depan | 90/80-17 (Tubeless) | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | |
Rem depan | Cakram Hidrolik | |
Rem belakang | Cakram Hidrolik | |
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | |
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | |
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Sistem pendingin mesin | Water Cooled | |
Diameter x langkah | 62 x 48,8 mm | |
Kapasitas Mesin | 147,3 cc | |
Perbandingan kompresi | 11,5:1 | |
Daya maksimum | 19,1 PS @10.500 rpm | |
Torsi maksimum | 14 Nm @9.000 rpm | |
Kapasitas tangki bahan bakar | 11 liter | |
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.3 |