Satu-satunya Pengguna Assist and Slipper Clutch, Layakkah Yamaha Vixion 2021 Dibeli?

Belum lama ini Yamaha Vixion mengalami penyegaran. Dengan penyajiannya sekarang, sang kuda besi coba menggoda dengan pewarnaan yang menarik. Tengok saja salah satu pilihan pada varian matte blue ini. Nyentrik lantaran pelek dikelir kuning stabilo. Namun, hal tersebut tentu bukan acuan utama untuknya dipilih.

Yamaha Vixion 2021 menghadirkan skema warna yang menarik. 

Seperti diketahui, di kelas naked bike 150 cc ini ia berhadapan dengan Honda CB150R Streetfire dan Suzuki GSX-S150. Baik desain maupun rancang bangun, tidak signifikan perbedaannya. Dengan kata lain, butuh faktor lain agar Yamaha Vixion dilirik motoris Tanah Air. 

Mengusung Mesin SOHC

Diferensiasi sekaligus modal awal, tentu saja berasal dari mesin yang digendongnya. Walau berkapasitas serupa (150 cc), Yamaha Vixion menjadi satu-satunya pengusung mesin SOHC. Jantung mekanis ini memiliki kepala silinder dengan camshaft tunggal. Noken as inilah yang kemudian mengatur katup masuk bahan bakar (intake) dan katup buang (exhaust). 

Baca juga: Pilihan Warna Baru Yamaha Vixion 2021, Tampil Atraktif Ala Yamaha MT Series

Yamaha Vixion mengusung mesin SOHC dengan torsi besar.

Perancangan tersebut berbeda dengan Honda CB150R Streetfire dan Suzuki GSX-S150. Kedua lawan Vixion justru mengedepankan pola mesin DOHC alias Double Over Head Camshaft. Artinya, terdapat dua buah noken as pada kepala silinder mesin mereka. Kinerja katup intake dan exhaust dilakukan oleh masing-masing camshaft tadi. 

Banyak anggapan menyatakan, mesin DOHC cenderung unggul dibanding mesin SOHC. Untuk tenaga memang demikian. Namun, tidak dengan akselerasinya. Pasalnya, Yamaha Vixion tercatat punya pencapaian torsi paling besar. Yamaha Vixion sanggup menorehkan momen puntir 14,5 Nm @7.500 rpm. Sementara Honda CB150R Streetfire maupun Suzuki GSX-S150 membuat catatan 13,8 Nm @7.000 rpm dan 14 Nm @9.000 rpm. 

Keberadaan assist and slipper clutch mengoptimalkan pengendaraan terhadap pada Yamaha Vixion. 

Baca juga: Adu Naked Bike 150 cc Termurah dan Termahal, Honda CB150R Streetfire Vs Suzuki GSX-S150

Dilengkapi Assist and Slipper Clutch 

Torsi Yamaha Vixion yang besar jelas membantu untuk penggunaan di perkotaan. Kendatipun bertemu dengan lalu lintas stop and go, pengendara tak perlu memuntir gas terlampau dalam. 

Bukan cuma itu. Tenaga Anda pun tidak terkuras banyak. Pasalnya, assist and slipper clutch sudah teraplikasi para perangkat girboks Yamaha Vixion ini. Tak sebatas memudahkan pengendara dengan pengoperasian tuas kopling ringan. Keberadaannya juga dapat mengeliminasi gejala roda belakang terkunci, akibat adanya efek engine brake. Hal ini jelas menarik, mengingat hanya Yamaha Vixion satu-satunya naked bike 150 cc yang menggunakan assist and slipper clutch.  

Maksimalisasi handling Yamaha Vixion juga didapat berkat penggunaan sasis deltabox.

Baca juga: Motor Baru Honda Meluncur 5 Mei 2021, Benarkah Honda CB150R Streetfire?

Satu juga yang tak kalah penting, Yamaha Vixion 2021 dijual dengan harga Rp27,945 juta. Banderol ini masih lebih murah daripada Honda CB150R Streetfire yang dilego mulai dari Rp28,360 juta. Namun, Yamaha Vixion dijual lebih mahal ketimbang Suzuki GSX-S150 (harga mulai Rp 27,8 juta). Uniknya, Yamaha Vixion dengan keunggulan berupa assist and slipper clutch justru mengisi celah diantara kedua rival. 

Kesimpulan

Dari penetapan harga, status naked bike 150 cc termurah memang bukan dimiliki Yamaha Vixion. Akan tetapi, perangkat berupa assist and slipper clutch tersebut, jelas tak dipunyai kompetitor yang lebih mahal darinya. 

Yamaha Vixion 2021 tersedia dalam tiga pilihan warna.

Jikapun Anda tengah menimbangnya bersama Honda CB150R Streetfire juga Suzuki GSX-S150, pemilihan terhadap Yamaha Vixion tetap layak. Toh, seperti pengungkapan di atas, manfaat adanya perangkat di girboks itu jelas bermanfaat untuk mendukung Anda selama berkendara. 

Selanjutnya, tinggal tentukan saja varian yang sesuai dengan selera Anda. Selain  warna matte blue, ada pula opsi lain yakni matte red dan matte black.

Spesifikasi Yamaha Vixion 2021
Dimensi
P x L x T 1.955 x 720 x 1.025 mm
Sumbu Roda 1.295 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Berat Isi 132 kg
Kapasitas Tangki 12 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, injeksi
Kapasitas 149,8 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Pendinginan Cairan
Rasio Kompresi 10,4 : 1
Tenaga Maksimum 16,8 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 14,5 Nm @ 7.500 rpm
Transmisi Manual, 6 speed
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Deltabox
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 90/80-17
Ban Belakang 120/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

   


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Vixion
Lihat