Memasuki lima tahun perjalanannya, belum ada lagi pembaruan yang dapat kita lihat pada Suzuki GSX-S150. Padahal, giat itu sangat ideal mengingat usianya sekarang ini. Bukannya bergeming. Rencana tersebut tentu saja ada, terlebih setelah Suzuki GSX-S1000 2021 meluncur secara global.
Harus diakui, penyajian Suzuki GSX-S150 mengacu kepada naked bike bermesin 1.000 cc. Maka dari itu, logis jika suguhan pada GSX-S1000 terbaru pun nantinya diamini oleh GSX-S150. Sebagai contoh penerapan headlight dengan bentuk nan unik.
Sebagaimana yang terlihat, penerangan utama GSX-S1000 2021 tampak simple sekaligus agresif. Yang menjadikannya menarik adalah low beam dan high beam-nya, terbungkus rumah lampu berbentuk heksagonal. Lantas dibuat bertingkat dengan mengusung pendaran dari lampu jenis LED. Sementara pada bagian paling atas, terdapat DRL (daytime running light) dengan usungan lampu serupa.
Baca juga: Suzuki GSX-S1000 2021 kian Bengis, Ada Peluang Masuk Indonesia?
Menurut kami, suguhan demikian sangat cocok menggantikan lampu depan Suzuki GSX-S150 yang masih eksis. Tanpa perlu berpikir keras, imajinasi itu pun berhasil diwujudkan Ardel Moto melalui render yang diunggah Motosaigon berikut ini.
Terapan lampu depan ala Suzuki GSX-S1000 tampak padu dengan tubuh kompak Suzuki GSX-S150. Tentu dengan beberapa penyesuaian. Sebut saja perubahan pada bentuk shroud, cover tangki bensin hingga panel bodi di buritan. Sangar sekaligus kekar. Apalagi dengan penyematan sepasang fork upside down (USD), sebagai sistem peredam kejut bagian depan.
Baca juga: Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Sekilas, tidak ada perbedaan dengan posisi berkendaranya. Setang tetap disetel tinggi dengan padu padan jok model bertingkat. Perubahan justru tampak pada bagian subframe yang cenderung lebih rendah dari sebelumnya. Tentu saja positif. Dengan begitu, jok belakang GSX-S150 akan lebih ramah untuk penumpang.
Meski dari segi fisik berubah, Suzuki GSX-S150 2021 rasanya tetap mempertahankan performa selaku modal utama. Mesin DOHC satu silinder berkapasitas 147,3 cc yang digendongnya mampu menorehkan output 19,1 PS @10.500 rpm dam 14 Nm @9.000 rpm. Keseluruhan daya dan torsi didapat berkat translasi enam percepatan ke roda belakang.
Baca juga: Motor Baru Honda Meluncur 5 Mei 2021, Benarkah Honda CB150R Streetfire?
Faktanya, performa GSX-S150 tersebut unggul dari para rival. Bandingkan saja dengan Honda CB150R Streetfire. Tenaga dan torsi yang dibuat motor Honda itu hanya 16,9 PS @9.000 rpm serta 13,8 Nm @7.000 rpm. Sementara Yamaha Vixion menorehkan pencapaian masing-masing, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Berdasarkan data ini, jelas tak ada alasan bagi PT SIS untuk mengubah karakter mesin Suzuki GSX-S150 2021.
Pertanyaannya, apakah Suzuki Indonesia bakal mempertahankan harga jual generasi terbaru itu seperti sekarang? Kita tahu, Suzuki GSX-S150 sekarang ini dibanderol paling murah ketimbang kompetitor. Harga Suzuki GSX-S150 shutter key (tipe standar) saja hanya dijual Rp27,8 juta. Bandingkan dengan Yamaha Vixion yang berbanderol Rp27,945 juta. Atau Honda CB150R Streetfire dengan harga Rp28,857 juta.
Jika saja pembaruan itu benar adanya, wajar jika harga Suzuki GSX-S150 2021 naik. Bisa jadi malah mepet dengan penetapan harga jual Honda CB150R Streetfire dan Yamaha Vixion. Andaikata penampilannya demikian, layak kah Suzuki GSX-S150 dibeli?