Secara tampilan, All New Honda CB150R Streetfire 2021 menempati strata paling atas di segmen naked bike 150 cc. Sematan berupa suspensi depan upside down (USD), membuatnya unggul dari rival seperti Yamaha Vixion. Namun, apakah hal tersebut berlaku mutlak?
Demikian adanya jika pembahasan merujuk kepada sektor pengendalian. Dengan penggunaan fork berdimater 37 mm itu, optimasi akan didapat pemilih All New Honda CB150R Streetfire. Bukan semata menambah kesan gagah bak sebuah big bike. Aplikasi peredam kejut model tabung terbalik ini jua meningkatkan kestabilan dan kontrol pengendara terhadap sang kuda besi.
"Sejak diperkenalkan 2021, Honda CB150R Streetfire telah diterima dengan baik berkat performa dan kenyamanan berkendaranya di perkotaan. Sekarang, kami menyempurnakannya sebagai naked bike layaknya big bike. Kemudian menunjangnya dengan suspensi USD yang disukai oleh masyarakat. Saya harap ketika mengendarai dan merasakan perubahan pada bagian kemudi, Anda dapat mengingat bahwa sepeda motor ini sangat menyenangkan," kata Keiichi Yasuda, President Director PT AHM saat peluncuran kemarin (5/5).
Yasuda juga menyebutkan, kesenangan dalam mengendarai All New CB150R Streetfire juga terletak pada saat pengendara 'memainkan' transmisi. Tadinya, kami pikir ujaran tersebut bakal berkaitan pula dengan fitur baru misalnya Assist and Slipper Clutch.
Kenyataannya, perangkat pada girboks itu tak ambil bagian pada pengembangan Honda CB150R Streetfire kali ini. Padahal, pengaplikasiannya jelas bermanfaat bagi habitat asli All New Honda CB150R Streetfire - penggunaan di perkotaan.
Baca juga: Selisik Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2021, Ternyata makin Ringan!
Assist and Slipper Clutch sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu clutch outer, clutch center dan preassure plate. Sejatinya sama seperti kopling pada umumnya. Hanya saja, khusus untuk clutch center terbagi menjadi dua bagian dengan pergerakan ke dalam dan keluar.
Ketika motor melakukan deselerasi yang diikuti down shift, clutch outer akan menempel ke per kopling dan mendorong clutch center ke arah luar. Kinerja itu kemudian membuat pressure plate terbuka. Sebagai cara mengurangi tekanan antara kampas kopling dan plat. Dengan begitulah efek engine brake akan lebih halus dan gejala roda belakang terkunci dapat dihindari.
Hal ini mestinya pun menguntungkan untuk motor perkotaan seperti All New Honda CB150R Streetfire. Manfaat berupa kestabilan bisa didapat ketika menghadapi jalanan yang licin atau berpasir.
Baca juga: Serba-serbi Assist and Slipper Clutch, Kian Jamak Ditemukan pada Motor Bermesin Kecil
Faktanya pula, perangkat itu membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan. Ya, sangat berguna untuk menghadapi situasi jalan perkotaan yang acap kali membuat pengendara sering berpindah gigi.
Pertanyaannya, kenapa All New Honda CB150R Streetfire tidak pakai Assist and Slipper Clutch? Dari sisi manfaat, jelas bakal memudahkan sekaligus meningkatkan kenyamanan pengendara. Toh, perangkat ini jua sudah digunakan All New Honda CBR150R 2021 yang notabene bermesin 150 cc.
Pembahasan ini pun kemudian dijawab langsung oleh Sakron Limpanachaipondgoon, selaku Large Project Leader Honda R & D South East Asia Co., Ltd. Menurutnya, ada dua hal yang membuat All New Honda CB150R Streetfire 2021 tak memakai Assist and Slipper Clutch.
Baca juga: Harga makin Mahal, Ini Daftar Perubahan All New Honda CB150R Streetfire 2021
"Pertama adalah terkait dengan engine brake. Honda CB150R Streetfire ini engine brake-nya tidak besar. Maka pemakaian Assist and Slipper Clutch tidak terlalu memberikan efek. Kedua. Berdasarkan pada studi pasar yang kami lakukan, saat ini fitur yang ada pada CB150 Streetfire sudah cukup diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari fitur tersebut akan diadopsi pada model ini," papar Sakron.
Cukup masuk akal jika berkaitan dengan efek engine brake. Walau memiliki kubikasi mesin serupa, All New Honda CB150R Streetfire nyatanya punya output mesin berbeda dengan All New Honda CBR150R.
Di atas kertas, All New Honda CBR150R mampu menorehkan pencapaian 17,1 PS @9.000 rpm dan 14,4 Nm @7.000 rpm. Sementara All New Honda CB150R Streetfire sanggup menghasilkan tenaga 16,9 PS @9.000 rpm. Sedang untuk torsi maksimal adalah 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm.
Baca juga: Selain Warna, Ini Perbedaan Varian Honda CB150R Streetfire 2021
Boleh jadi Assist and Slipper Clutch ini sekarang belum terlalu penting untuk All New Honda CB150R Streetfire 2021. Sekalipun diaplikasikan, tentu harganya tak lagi seperti sekarang. Namun, perlu diingat pula, Yamaha Vixion punya perangkat tersebut.