Dikenalkan pertama kali tahun 2009, Kawasaki KLX 150 sukses merebut hati konsumen, khususnya mereka penikmat off-road. Hingga kini motor trail satu ini masih terus dijual dan masih menjadi motor favorit.
Padahal kini sudah muncul 2 motor serupa dari sesama brand Jepang, yakni Honda CRF150L dan Yamaha WR 155 R. Namun Kawasaki KLX 150 masih banyak peminatnya.
Baca juga : Bingung Pilih Honda CRF 150 L atau Yamaha WR 155 R, Simak Dulu Komparasinya
Menilik sejarahnya, Kawasaki KLX 150 dikenalkan pertama tahun 2009. Generasi pertama ini mengusung lingkar pelek 19 inci di depan dan 16 inci pada roda belakang. Fiturnya sangat sederhana, karena memang mengedepankan fungsi.
Baru pada tahun 2013, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis versi update yang kini menggunakan paduan lingkar pelek 21 inci dan 18 inci, serta rasio final gear menjadi 14-47 dari sebelumnya 14-43.
Baca juga : Review Lengkap Honda CRF150L 2021, Sang Idola Baru Motor Garuk Tanah
Lantas tahun 2015, KMI kembali menghadirkan model baru dengan ubahan minor seperti pada bagian lampu. Sekarang, Kawasaki KLX 150 telah memiliki sejumlah tipe yang dibedakan dari tampilan dan kelengkapan yang dimilikinya.
Sementara untuk mesin, KMI mempertahankan teknologi jadulnya, lantaran masih menggunakan karburator untuk pengabutan bahan bakarnya. Kemudian, semua tipe menggunakan jantung mekanis yang sama.
Spesifikasinya 144cc, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, silinder tunggal dan mengandalkan karburator Keihin NCV24. Ukuran pistonnya 58 mm dengan langkah piston 54,5 mm.
Baca juga : Bagi para penggemar motor, apakah Kawasaki KLX 150L layak dibeli?
Output maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 12 PS di 8.000 rpm, serta torsi sebesar 11,3 Nm di 6.500 rpm. Tenaga dan torsi tadi disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual 5 percepatan.
Melirik situs resmi KMI, setidaknya motor ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 31,2 juta on the road Jakarta. Nah, kalau kalian lagi mengincari motor ini, kira-kira tipe mana yang jadi incaran kalian?
Tipe termurah yang dimiliki keluarga Kawasaki KLX 150 Series, yang sekaligus merupakan motor basic. Pada situs resmi KMI, tertulis mereka menjual model 2021 dengan 2 opsi warna, hitam dan hijau, yang masing-masing dilengkapi striping bodi.
Menggunakan lingkar pelek 19 inci di depan dan 16 inci di belakang. Pelek ini berbungkus ban ukuran 70/100-19 dan 90/100-16 (depan-belakang).
Fiturnya pun sederhana namun fungsional untuk melibas beragam kondisi jalan yang jelek. Tipe termurah ini, cocok untuk jadi motor operasional di perkebunan.
Baca juga : Review Kawasaki KLX 150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Yang Masih Digemari
Lebih mahal Rp 500 ribu dari tipe terendah, kalian bisa mendapatkan unit yang lebih gagah. Lingkar pelek lebih besar karena pakai ukuran 21-19 inci, dan pakai ban ukuran 2.75-21 45P dan 4.10-18 59P.
Karena pakai lingkar pelek lebih besar, maka jarak terendah ke tanah jadi lebih tinggi, mencapai 295 mm. Otomotis selain lebih gagah, motor juga terlihat lebih jangkung.
Selain itu, tampilan motor juga lebih asyik dilihat dengan striping bodi yang ramai dan penuh corak. Namun selain itu, semua kelengkapannya masih sama dengan tipe termurah tadi ya.
Baca juga : Yamaha WR 155 R Bikin Repot? Pahami Cara Mengendarai si Trail Jangkung Ini
Dengan selisih harga cukup jauh dari 2 varian di bawahnya, inilah varian yang paling pas berjaban dengan kompetitor dari segi harga. Perlengkapan standarnya pun sudah jauh meningkat dan cocok untuk bergaya juga.
Hadir hanya dengan warna hijau yang khas, sepintas sosoknya malah terlihat seperti KLX 150 tipe terendah. Tapi kalau diperhatikan baru terlihat jelas bedanya kalau ini varian yang kastanya 2 tingkat lebih tinggi.
Tengok bekalan suspensi depan upside down, cakram rem depan dan belakang yang berukuran lebih besar yakni 240 mm dan 190 mm. Ukuran ban tetap pakai ukuran 21-19 inci, dan pakai ban ukuran 2.75-21 45P dan 4.10-18 59P.
Baca juga : Ini Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KLX150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Cc di Indonesia
Inilah kasta tertinggi yang bisa dimiliki dari Kawasaki KLX 150 Series, yakni tipe KLX 150BF SE. SE sendiri berarti Special Edition dan pastinya punya peralatan standar yang lebih lengkap.
Menggunakan basis yang sama dengan KLX 150BF, pada tipe ini ketambahan hand guard sebagai pelindung tangan pengendara dari benturan. Meski sejatinya hand guard tersebut model plastik yang lentur.
Kemudian terdapat engine guard berupa cover plastik hitam pelindung bagian bawah mesin. Otomatis lebih aman dari benturan, dan juga membuat penampilan jadi lebih berisi.
Pembeda lainnya, tabung suspensi depan berlabur warna emas supaya terlihat mencolok. Kemudian tampilan motor dengan striping yang ramai semakin memberikan kesan tipe teratas dari model Kawasaki KLX 150 Series.
Baca juga : Gap Harga sampai Rp2 Jutaan, Ini Perbedaan Varian Kawasaki KLX 150
Dengan harga Rp 30 jutaan dan teknologi yang terhitung jadul, peminatnya masih sangat banyak. Nama kuat KLX untuk motor trail 150cc sudah melekat kuat, hingga masih banyak peminatnya hingga saat ini.
Sejatinya ada pula tipe lain yang disiapkan khusus untuk kompetisi, yakni KLX 140R. Motor ini menggunakan basis yang sama namun tanpa perangkat lalu lintas, dan harga jualnya justru lebih mahal yakni Rp 38,9 juta on the road Jakarta.
Nah, dari seluruh tipe tadi, mana yang paling cocok untuk kalian?