Ragam Tipe Kawasaki KLX150 2024, Ada yang Pas Buat Motor Operasional!

Tiga tipe Kawasaki KLX150 2024.
  • Tipe S jadi favorit instansi pemerintah.
  • Harga mulai dari Rp 23,9 juta.
  • Banyak update pada model terbaru ini.

Sebagai pelopor motor trail bermesin 150 cc, Kawasaki KLX150 2024 baru saja dikenalkan, sebagai update sekaligus menjawab persaingan yang semakin ketat. Motor trail ini pun mendapat banyak perubahan.

Mulai dari desain bodi, fitur hingga teknologi banyak yang baru. Bahkan desainnya semakin menguatkan kesan motocross. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun menawarkan dengan tiga tipe.

Dari tiga tipe tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri. Dan salah satunya adalah tipe yang kerap kali jadi andalan operasional instansi pemerintah dan swasta.

Seperti apa detail perbedaan tiap tipenya?

Baca juga : Lebih Dekat Dengan Kawasaki KLX150 2024, Pakai Bodi Baru, Fitur dan Kaki-Kaki Berubah!

Kawasaki KLX150 S

Huruf 'S' ini berarti Small. Yup, diberi nama demikian karena merupakan Kawasaki KLX150 dengan lingkar roda yang paling kecil. Paduannya 19 inci di depan dan 16 inci di belakang.

Jarak ke tanah pun 265 mm, masih terhitung rendah untuk sebuah motor trail. Dan siapa sangka, ternyata hal inilah yang membuatnya jadi favorit instansi pemerintah.

Kawasaki KLX150 S.

"Ini jagoan fleet kita, karena waktu kita sodorkan tipe lain, anggotanya ada yang posturnya pendek dan gak sampai kakinya. Jadi supaya semua bisa pakai, KLX150 S ini yang dipilih," ujar Michael C Tanadhi, Head Sales & Promotion KMI.

Secara tampilan sudah punya desain baru, spidometer baru juga disematkan. Termasuk lampu depan yang sudah LED. Suspensi depan mengandalkan teleskopik, dan belakang monosok.

Lingkar pelek 19-16 membuatnya lebih rendah.

Untuk aksesoris pun cenderung polos karena lebih mengutamakan fungsi, dan dengan bobot motor cuma 115 kg saja. Harganya Rp 23,9 juta dan ditawarkan dengan pilihan warna Ebony dan Lime Green.

Baca juga : Cek Empat Perbedaan Kawasaki KLX150 MY 2024 dan Versi Lamanya

Kawasaki KLX150

Ini adalah tipe tengah-tengah, selain memiliki semua kelengkapan dari tipe terendah, pada tipe standar ini sudah punya perbedaan yang signifikan. Paling terlihat tentu saja suspensi depan upside down.

Dengan tabung berwarna silver, sosoknya jadi terlihat clean. Kemudian dilengkapi penahan kotoran agar batang suspensi tak cepat rusak. Lalu paduan pelek yang dipakai 21 inci di depan dan 18 inci di belakang.

Tipe Standard sudah cukupan dan gak neko-neko.

Alhasil ground clearance ikut bertambah, yakni mencapai 300 mm, sehingga punya kemampuan off road yang lebih baik. O iya, suspensi upside down juga diset punya jarak main lebih panjang, supaya tak mudah bottoming.

Harganya Rp 36,5 juta dan hanya punya satu pilihan warna saja yakni Lime Green. Tipe tengah ini sih pas buat yang gak mau banyak aksesoris, tapi handal dipakai off road.

Kawasaki KLX150 SE

Pada varian teratas ini kelihatan jadi andalan untuk pengguna umum, pasalnya sudah dilengkapi sederet aksesoris penunjang. Selain tentunya membawa kelengkapan pada tipe Standard.

Opsi warna Kawasaki KLX150 SE.

Misal kelir tabung sok depan berwarna emas, dan pelek yang tampil gelap. Penambahan ragam aksesoris off road seperti hand guard, framce guard dan engine guard sudah jadi bawaan.

Kemudian pilihan warnanya pun paling lengkap, yakni Vivid Orange/Ebony, Neon Green/Ebony, Delight Blue/Ebony dan Shiny Yellow/Ebony. Harganya Rp 39,5 juta.

Baca juga : Diva Ismayana: Kawasaki KLX150 2024 Lebih Responsif dan Berasa Naik SE!

Kesimpulan

Untuk penggunaan armada fleet perkebunan atau instansi pemerintah, jelas tipe S pilihan pas. Harga paling terjangkau dan minim fitur, tapi tangguh dan mudah dikendarai.

Tipe Standard jelas pas untuk mereka yang butuh motor trail, untuk penggunaan sehari-hari atau menjadi bahan modifikasi. Kalau tipe SE jelas untuk konsumen yang suka tampil beda.

Spesifikasi Kawasaki KLX150 2024
Mesin Air-cooled, 4-stroke Single, DC-CDI,SOHC, 5-speed, 150 cc
Tenaga Maksimum 12 ps @8.000 rpm
Torsi Maksimum 11,3 Nm @ 6.500 rpm
Diameter x Langkah 58 x 54,4 mm
Perbandingan Kompresi 9,5:1
Suspensi Depan Ø33 mm teleskopik form (S), Ø35 mm inverted fork (std & SE)
Suspensi Belakang Uni Trak with 5-way adjustable preload
Rem Depan Cakram 240 mm, kaliper 1 piston
Rem Belakang Cakram 190 mm, kaliper 1 piston
Roda Depan 70/100-19M/C 42P (S), 2.75-21 45P (std & SE)
Roda Belakang 90/100-16M/C 51P (S), 4.10-18 59P (std & SE)
P x L x T 2,010 x 830 x 1,115 mm (S), 2,050 x 830 x 1,155 mm (std), 2,050 x 960 x 1,195 mm (SE)
Wheelbase 1.345 mm
Jarak ke Tanah 265 mm (S), 300 mm (std & SE)
Berat 115 kg (S), 118 kg (std), 119 kg (SE)
Kapasitas Bensin 6,9 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki KLX 150
Lihat