Selain motor-motor kelas favorit untuk kebutuhan transportasi sehari-hari yang banyak dicari konsumen, ada pula segmen motor hobi yang memang dibeli untuk kegiatan bersenang-senang. Mereka menggunakan motor ini untuk hiburan kala akhir pekan.
Selain motor genre touring, motor trail juga bermanfaat untuk hal tersebut. Menggunakan motor on-off road, bisa digunakan untuk melibas beragam medan jalan dan menjelajah tempat-tempat baru.
Bicara motor trail, tentu kelas 150 cc jadi yang paling banyak digunakan. Bobot motor ringan dan tenaga yang mampu dihasilkan juga sudah lebih dari cukup.
Dan yang tak kalah penting, harga jualnya masih relatif bisa dijangkau banyak orang. Rata-rata masih bermain dikisaran Rp 30 jutaan, on the road wilayah Jakarta. Pas buat yang mau mulai hobi main tanah.
Lantas apa saja pilihan motor trail kelas 150 cc yang tersedia di pasaran saat ini?
Baca juga : Honda CRF150L Bakal Punya Saudara Baru, Tampang Adventure Klasik Ala Pacuan Dakar Rally Lawas
Sebagai pelopor, pabrikan geng hijau jadi yang paling banyak digunakan. Motornya pun tak berubah banyak sejak awal dikenalkan, kecuali update fitur dan warna juga pilihan varian yang semakin beragam.
Dari situs resminya, varian paling terjangkau ada Kawasaki KLX150 (Rp 32,2 juta), kemudian Kawasaki KLX150L (Rp 32,9 juta), Kawasaki KLX150BF (Rp 35,9 juta) dan Kawasaki KLX150BF SE (Rp 38,6 juta).
Model ini masih mengandalkan dapur pacu yang jadul, namun disukai karena praktis lantaran masih menggunakan karburator. Jadi soal perawatan dan kemudahan untuk modifikasi motor ini masih punya penggemarnya sendiri.
Baca juga : Sudah 6 Tahun Tak Ada Perubahan, Kapan Kawasaki KLX150 Series Akan Disegarkan?
Menantang Kawasaki KLX150, ada Honda CRF150L yang dibangun menggunakan mesin berbasis Honda Verza. Spesifikasinya lebih modern dengan injeksi bahan bakar, meski masih pakai pendingin udara.
Bentuknya yang lebih modern jelas menggoda untuk banyak orang, dan mereka yang ingin motor trail 150 yang tak terlalu pasaran. Belum lagi sosoknya terhitung gagah dengan penerapan suspensi depan upside down sebagai standarnya.
Selain itu panel meter full digital dengan informasi lengkap dan bentuk minimalis, jadi daya tarik lainnya. Kini soal banderol, Honda CRF150L dilepas Rp 35,384 juta on the road Jakarta dan hanya ada 1 varian.
Produk yang muncul paling terakhir ada Yamaha WR 155 R, yang justru jadi yang paling canggih di kelasnya. Motor ini sudah pakai mesin modern turunan Yamaha MT-15, tentu sudah injeksi bahan bakar dan pakai pendingin cairan.
Soal performa tentu produk Yamaha ini jadi yang paling kuat, berkat mesin paling canggih. Apalagi transmisi 6 speed, membuat motor ini punya nafas panjang ketika dipakai di jalanan aspal.
Fiturnya seperti panel meter pun punya informasi paling lengkap, dan yang unik posisi knalpot ada di sebelah kiri. Tapi semuanya itu harus ditebus dengan harga yang paling tinggi, yakni Rp 38,060 juta on the road Jakarta.
Baca juga : Yamaha WR 155 R 2022 Bergaya MotoGP Pakai Grafis Monster Energy, Harga Naik Jadi Segini
Dari ketiga pilihan motor trail kelas 150 cc, terbukti seluruhnya bermain direntang Rp 30 jutaan. Kawasaki menawarkan varian paling lengkap, meski masih andalkan mesin jadul dan lama tak mendapat update.
Honda dengan CRF150L jadi pilihan paling pas, dengan harga yang kelengkapannya. Lantas Yamaha WR 155 R jadi yang paling kuat dan canggih, namun harus ditebus dengan harga paling tinggi.