Kawasaki Pamer Ninja 250 Hybrid, Lebih Ramah Lingkungan Tanpa Perlu Ngecas Baterai

Kawasaki belum lama ini mengumumkan rencana besar pabrikan menyongsong masa depan. Teknologi hybrid menjadi salah satu yang akan ditawarkan pada produk motornya. Terbaru, pabrikan memamerkan Kawasaki Ninja 250 Hybrid.

Berdasarkan laporan Motorcyclenews, prototipe motor hybrid tersebut ingin memberikan gambaran kepada dunia bahwa teknologi hybrid yang dibangun Kawasaki, merupakan bentuk evolusi mesin motor berpembakaran internal biasa yang lebih ramah lingkungan. 

Kawasaki Ninja 250 Hybrid.

Baca Juga: Kawasaki Ninja 250 makin Jarang Beredar, Padahal Layak Beli loh!

Ini juga sekaligus upaya bagi Kawasaki untuk benar-benar bisa menetaskan motor hybrid. Pasalnya teknologi yang satu ini seperti dianaktirikan. Berbagai produsen roda dua langsung mengembangkan motor listrik murni, sehingga sistem hybrid yang biasa diaplikasikan pada mobil cenderung diabaikan.

Rencana ke depan Kawasaki akan merilis 16 motor baru sampai 2025 mendatang. Termasuk di dalamnya berbasis elektrifikasi dan mengadopsi hidrogen. Kemudian ada juga 15 motor off-road hybrid Kawasaki yang juga akan diluncurkan.

Prototipe Kawasaki Ninja 250 Hybrid.

Khusus motor hybrid bertenaga hidrogen, sudah diterapkan pada model Kawasaki H2 Supercharged 4-silinder. Mesin tersebut bakal membakar hidrogen seperti bensin dan mengubahnya menjadi uap air. 

Meskipun sudah ada pabrikan yang terlebih dulu melansir motor hybrid seperti Honda PCX, serta beberapa model Piaggio, terobosan yang dilakukan Kawasaki ini dengan mencangkok tenaga hidrogen patut diapresiasi. Serta merupakan inovasi yang lebih terdepan.

Prototipe Kawasaki Ninja 250 Hybrid dicangkok baterai berukuran kecil.

Baca Juga: Susul Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Hadir di Jepang

Kawasaki Ninja Hybrid Bisa Mode EV Murni

Adapun modelnya dalam bentuk hybrid dikombinasikan mesin bensin, direalisasikan pada Ninja 250 dan Ninja 400. Motor tersebut dilengkapi baterai 48V yang diletakkan di bawah jok.

Kapasitasnya kecil, hanya saja klaim Kawasaki bisa tetap menjanjikan pengendaraan menggunakan listrik murni, layaknya mobil hybrid dalam jarak yang singkat. Kemudian motor listriknya dipasang di atas gearbox motor, yang terhubung ke transmisi melalui sistem penggerak.

Motor listrik tersebut bisa bertindak sebagai generator, karena dapat mengubah energi dari mesin menjadi daya listrik untuk mengisi baterai atau menambah performa (boosting).Jadi gak perlu ngecas nih.

Prototipe Kawasaki Ninja 250 Hybrid ditanam motor listrik dan baterai.

Oleh karena itu Kawasaki juga telah menambahkan transmisi semi otomatis yang bisa dioperasikan melalui tombol, untuk membantu memperlancar peralihan dari tenaga baterai, bensin, serta gabungan alias hybrid. 

Lagi-lagi merupakan terobosan baru yang dilakukan Kawasaki, sebab idealnya kendaraan hybrid maupun listrik mengaplikasikan transmisi berkecepatan tunggal, alias tanpa tingkat percepatan. 

Baterai motor listrik Kawasaki Ninja 250 dipasang di bawah jok.

Sayangnya mengenai spesifikasi detail Kawasaki Ninja 250 dan 400 Hybrid. Secara garis besar modelnya tetap selayaknya motor sport fairing Kawasaki Ninja biasa. Namun yang berbeda, motor seperti memiliki wheelbase yang lebih panjang, serta penggunaan bodi yang lebih besar. 

Kemungkinan karena pembengkakan dimensi jantung mekanisnya lantaran disuntik motor listrik dan baterai sebagai sumber daya. Menarik dinantikan motor Kawasaki Ninja Hybrid ini, semoga bisa menjawab tantangan dunia ke penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. 

Baca Juga: Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Demi Sensasi Moge Semata?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250
Lihat