Di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Jepang, Kawasaki Ninja 250 juga hadir dalam versi bermesin 400 cc. Julukannya Kawasaki Ninja 400 yang secara tampilan luar terlihat mirip dengan versi 250 cc-nya.
Dan pada line up 2023, Kawasaki Ninja 400 di Jepang mendapatkan pembaruan pada pilihan warna bodinya. Dilansir dari situs Kawasaki 1Ban, model tersebut bakal ditawarkan dengan tiga pilihan warna.
Antara lain Pearl Blizzard White / Metallic Carbon Gray (putih), Ebony / Metallic Magnetic Dark Gray (hitam) dan juga Lime Green / Ebony (KRT Edition). Pilihan warna tersebut tak hadir pada Kawasaki Ninja 250 di Indonesia.
Rencananya, Kawasaki Ninja 400 2023 bakal dijual di Jepang mulai pada 20 September 2022 nanti. Sedangkan banderol yang ditawarkan 759 ribu yen atau setara Rp 82,2 juta.
Baca Juga: Sudah Terdaftar, Kawasaki Ninja ZX-4R 2023 Bakal Rilis Tak Lama Lagi
Dari segi mesin, Kawasaki Ninja 400 2023 mengusung volume bersih 398 cc berpendingin cair DOHC. Meski demikian, konfigurasinya tetap 2-silinder segaris seperti Ninja 250, buka bertipe 4-silinder seperti Kawasaki Ninja ZX-25R.
Tenaganya 48 PS di 10.000 rpm yang artinya secara keluaran daya lebih kecil dari Kawasaki Ninja ZX-25R yang mencapai 51 PS di 15.500 rpm. Tapi secara torsi lebih melimpah, karena Kawasaki Ninja 400 2023 punya torsi maksimum 37 Nm di 8.000 rpm. Sedangkan Ninja ZX-25R hanya 22,9 Nm di 14.500 rpm.
Tenaga mesin itu disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 6-speed manual. Serta ada fitur Assist & Slipper Clutch untuk membantu menjaga perpindahan gigi sehingga lebih nyaman dan meminimalisir selip.
Baca Juga: Ojek Online Rutin Servis dan Ganti Ban, Bikin Planet Ban Rajin Buka Gerai
Diluar mesin, secara kelengkapan dan fitur sosok Kawasaki Ninja 400 2023 mirip dengan Kawasaki Ninja 250. Misalnya di bagian kaki-kaki seperti hadirnya suspensi teleskopik 41 mm di depan. Serta adanya monosok di belakang.
Kemudian ada panel instrumen digital LCD dengan takometer analog, serta lampu depan dan belakang LED. Sedangkan peranti pengeremannya dikawal tipe cakram di depan dan belakang dengan ABS.
Baca Juga: Yamaha F1ZR Ditempeli Beragam Part Daytona, Rela Tebus dari Negeri Jiran!
Lalu apakah model ini berpotensi masuk ke Indonesia? Kemungkinan tersebut tetap ada, meski sangat kecil. Karena pada model sebelumnya, yakni Kawasaki Ninja 300 juga sempat masuk ke Indonesia.
Sayangnya, saat itu kembaran Kawasaki Ninja 250 FI tersebut kurang mendapat sambutan hangat dari publik di sini. Penyebab utamanya, karena harga Kawasaki Ninja 300 jauh lebih tinggi dari versi 250, tapi perbedaan volume mesin yang tidak signifikan.
Selain itu, rumor yang santer beredar justru bakal hadirnya Kawasaki Ninja ZX-4R yang bermesin 4-silinder. Sehingga kecil kemungkinannya motor ini masuk ke Indonesia.