Setelah sebelumnya membahas uji performa Honda PCX 160 2022 yang mencakup topspeed dan akselerasi, kini giliran mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Tentunya banyak yang mengira motor matic satu ini bakal boros.
Tak salah juga, karena kapasitas mesin barunya lebih besar, jadi 157 cc. Kemudian karena masih banyak yang penasaran sama performa mesinnya, maka akan cenderung sering buka gas besar untuk merasakan jambakan akselerasinya.
Nah pertanyaannya, seberapa boros atau iritkah Honda PCX 160 ini kalau dipakai harian? Kami sudah membahasnya lengkap pada video di bawah ini jika kalian mau menonton mengetahuinya dalam format video.
Tapi jika kalian masih penasaran dengan artikel ini, silahkan baca terus ya bro.
Seperti biasanya, pengetesan yang kami lakukan yakni motor ini digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Total jarak tempuhnya 175,8 km yang kami dapatkan setelah penggunaan selama 3 hari.
Baca juga : Telisik Mesin Honda PCX 160 2021 VS Honda PCX 150 2020, Ternyata Banyak Bedanya
Karakter berkendara pun normal dan cenderung agresif. Buka gas yang besar ketika bertemu jalanan kosong, dan mengikuti arus lalu lintas ketika kondisi jalan padat dan stop & go. Kecepatan tertinggi saat digunakan bisa 100 km/jam.
Kemudian, motor ini sempat dibiarkan dalam kondisi idle untuk mengisi daya smartphone rekan kami selama 30 menit, takut akinya drop jika dalam kondisi mesin mati. O iya, bobot rider yang mengendarai Honda PCX 160 yakni 76 kg dengan postur 172 cm.
Hasilnya, konsumsi bahan bakarnya terhitung hemat menurut kami. Pada layar panel meter, menunjukkan angka 39,3 km/liter. Masih oke mengingat kapasitas mesin yang membengkak dari model sebelumnya.
Tapi kala diukur dengan menggunakan metode full to full, hasilnya ternyata lebih irit. Dari hasil penghitungan kami bisa mencapai 42 km/liter dan hanya butuh 4,18 liter bahan bakar oktan 92 untuk menempuh jarak 175,8 km.
Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 150 2021, Masih Menggoda Untuk Dimiliki?
Tentunya hasil pengetesan konsumsi bahan bakar ini bisa berbeda-beda tergantung cara berkendara kalian, medan yang dilalui, kondisi lalu lintas dan bobot pengendara. Jika lebih banyak jalanan lurus, tentu akan lebih irit lagi.
Berikut hasil lengkap konsumsi bensin Honda PCX 160 2022 berikut data akselerasinya.
Data Akselerasi Honda PCX 160 2022 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 5,92 detik | |
0-80 km/jam | 10,58 detik | |
0-100 km/jam | 19,46 detik | |
60-100 km/jam | 13,54 detik | |
0-100 m | 8,15 detik | |
0-201 m | 12,71 detik | |
0-402 m | 20,34 detik | |
Topspeed Spidometer | 115 km/jam | |
Topspeed Racebox | 110,2 km/jam | |
Konsumsi BBM (MID) | 39,3 km/liter | |
Konsumsi BBM (full to full) | 42 km/liter |
Kalau kalian pernah mencoba Honda PCX 150 dan kemudian merasakan Honda PCX 160, tentu kesan pertama adalah tarikannya lebih responsif. Salah satunya disebabkan karena rasio tenaga dan bobot motor yang lebih baik dari sebelumnya.
Sebagai gambaran, Honda PCX 150 punya berat 131 kg untuk tipe CBS dan 132 kg untuk tipe ABS. Dengan tenaga 14,7 PS maka hasilnya adalah 0,112 (PS/kg) dan 0,111 (PS/kg).
Baca juga : Hasil Tes Topspeed dan Akselerasi Honda PCX 160 2022, Cuma Segini Doang?
Sementara Honda PCX 160 dengan output 16,2 PS serta bobot 129 kg untuk tipe CBS dan 131 kg untuk tipe ABS, maka hasilnya adalah 0,125 (PS/kg) dan 0,123 (PS/kg). Semakin besar angkanya, maka performanya akan lebih baik. Bobot lebih ringan ini juga berimbas pada efisiensi bahan bakar.
Pengurangan bobot ini tak terlepas dari penggunaan rangka model baru yang benar-benar dibuat lebih ringkas, tanpa ada banyak sambungan. Alhasil selain bobot motor lebih ringan, handling dan performanya juga jadi lebih baik.
Spesifikasi Honda PCX 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.935 x 742 x 1.108 mm | |
Sumbu Roda | 1.313 mm | |
Jarak Terendah | 134 mm | |
Tinggi Jok | 764 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 129 kg (CBS) 131 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Duplex steel cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/70-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |