Akhirnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Yamaha R15 terbaru dengan nama resmi Yamaha R15 Connected 2022 dan Yamaha R15 Connected-ABS 2022, yang dikenalkan secara virtual pada hari Rabu (1/12/2021) pagi ini.
Motor yang secara global masuk generasi keempat ini, membawa banyak perubahan yang akan semakin menarik minat konsumen. "Dengan bangga kami perkenalkan model R Series terbaru dengan fitur Yamaha Connected," ujar Minoru Morimoto, Presiden Director & CEO YIMM.
Bagaimana tidak, motor ini ditawarkan dengan spesifikasi menggoda, yang bahkan diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya saat ini. Kompetitor terdekat macam Honda CBR150R 2022 dan Suzuki GSX-R150 2022 jelas merinding.
Baik Yamaha R15 Connected 2022 dan Yamaha R15M Connected-ABS 2022 menggunakan basis yang sama. Dimensi keduanya pun identik, yakni 1.990 x 725 x 1.135 mm (PxLxT) dengan sumbu roda 1.325 mm jarak terendah 170 mm, tinggi jok 815 mm dan tangki 11 liter.
Baca juga : Yamaha R15 2022 Terbaru Meluncur Dengan Dua Tipe, Fiturnya Lebihi Honda CBR150R!
Hanya saja yang membedakan adalah berat isi, Yamaha R15M Connected-ABS 2022 lebih berat dengan 140 kg dari Yamaha R15 Connected 2022 yang cuma 137 kg. Perbedaan ini lantaran fitur yang disematkan pada kedua motor ini.
Hanya saja mesinnya tetap mengandalkan spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya. Berkapasitas 155 cc, berpendingin cairan, SOHC, 4-stroke, 4-katup dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).Di atas kertas menjanjikan tenaga 19,3 PS di 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm, dipadu transmisi manual 6-percepatan.
Basis desain keduanya mirip, maka keduanya sama-sama dibekali lampu depan projector LED dengan LED DRL, lampu belakang LED, suspensi depan upside down, lengan ayun alumunium mengawal suspensi monosok, rem cakram pada kedua roda.
Baca juga : India Banget, 2 Fitur Yamaha R15 V4 2022 dan R15M 2022 Ini Dijamin Gak Masuk Indonesia!
Fitur konektivitas melalui Y-Connect sudah jadi standar bagi keduanya. Lewat aplikasi pada smartphone, pemilik bisa mengetahui kondisi motor, status perawatan, lokasi parkir terakhir, efisiensi bahan bakar, voltase aki dan pesan atau telpon masuk.
Tapi soal tampilan ada beda pada triple clamp alias segitiga atas, di mana versi R15M dibuat persis Yamaha YZR-M1 dengan lubang-lubang vertikal. Kemudian panel meter juga berbentuk trapesium ala Yamaha YZF-R1 dengan dua mode tampilan, yakni street mode dan track mode.
Jok model terpisah pun dibuat leboh sporty pada sosok Yamaha R15M Connected-ABS 2022 dengan motif carbon. Tak ketinggalan emblem logo 3D yang semakin mempertegas status tipe tertinggi dari motor sport 155 cc tersebut.
Baca juga : Bocor Sebelum Meluncur, Fitur Yamaha R15 V4 2022 Bikin Honda CBR150R 2022 Minder!
Sebagai tipe tertinggi, Yamaha R15M Connected-ABS 2022 disematkan beragam fitur ala big bike yang membuat pengendaliannya lebih menyenangkan dan terkontrol. Misalnya hadirnya quick shifter yang semakin melengkapi fitur pada mesin, setelah assist & slipper clutch.
Kemudian terdapat engine switch off ala big bike, rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel, dan traction control system (TCS). Fitur yang disebut terakhir adalah yang pertama kalinya diterapkan untuk sebuah motor sport 150 cc di Indonesia.
Masing-masing tipe mendapatkan dua pilihan warna, yakni Icon Blue dan Tech Black untuk Yamaha R15 Connected 2022. Kemudian ada opsi Icon Performance dan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery.
Harga jual untuk Yamaha R15 Connected 2022 adalah 38,9 juta on the road Jakarta, naik Rp 1,5 juta dari model sebelumnya. Kemudian untuk Yamaha R15M Connected-ABS 2022 dilepas Rp 43,5 juta dan Rp 44,1 juta untuk livery World Grand Prix.
Spesifikasi Yamaha R15 2022 | ||
---|---|---|
R15 Connected | R15M Connected-ABS | |
Dimensi | ||
PxLxT | 1.990 x 725 x 1.135 mm | |
Sumbu Roda | 1.325 mm | |
Tinggi Jok | 815 mm | |
Jarak Terendah | 170 mm | |
Tangki | 11 liter | |
Berat Isi | 137 kg | 140 kg |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan, VVA | |
Kapasitas | 155,09 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 19,3 PS @ 10.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Detlabox | |
Suspensi Depan | Upside down | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Roda Depan | 100/80-17 | |
Roda Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
Rp 38,9 juta | Rp 43,5 - 44,1juta |