Buat yang penasaran apa saja yang berubah dari Yamaha R15 Connected 2022 dan Yamaha R15M Connected-ABS 2022 dari model sebelumnya, rasanya harus menyimak artikel ini. Karena kalau dilihat dari fisik, nampak hanya bodinya saja yang berubah menjadi ala-ala Yamaha R7 yang meluncur di Eropa beberapa bulan lalu.
Yup, tampilannya memang terinpirasi dari supersport terbaru itu dengan fascia berhiaskan air scoope M shape, yang di dalamnya berisi lensa projector dengan penerangan LED. Lengkap LED DRL yang menghias ditiap sisinya.
Tangki pun dibuat berotot dengan lekukan yang lebih tegas dan kekar, kapasitasnya tetap 11 liter. Lantas untuk buritan masih relatif sama dengan generasi sebelumnya. Termasuk bentuk knalpot yang panjang dan besar.
Tapi sebelumnya, harus kalian ketahui dulu, kalau mesin yang dipakai masih tetap sama. Rasanya Yamaha tetap yakin jika jantung mekanis ini masih jadi pilihan yang terbaik untuk saat ini, bahkan sentuhan minor pun tak dilakukan sama sekali.
Baca juga : Biar Tak Penasaran, Ini Bedanya Yamaha R15 2022 Indonesia Dengan Versi India
Mesinnya berkapasitas 155 cc, berpendingin cairan, SOHC, 4-stroke, 4-katup dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).Di atas kertas menjanjikan tenaga 19,3 PS di 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm, dipadu transmisi manual 6-percepatan.
Nah, sekarang lanjut, apa saja yang berubah pada sosok motor yang dijual dari rentang harga Rp 38,9 sampai Rp 44,1 juta on the road Jakarta.
Untuk Yamaha R15 Connected 2022, panel meter yang dipakai masih model lama, tapi ditambahi sejumlah indikator terkait fitur konektivitas, seperti logo terhubung dengan smartphone, logo telepon dan pesan masuk.
Tapi kalau membeli Yamaha R15M Connected-ABS 2022, kalian bakal mendapatkan panel meter yang benar-benar baru, dengan bentuk mirip milik Yamaha YZF-R1. Bahkan punya dua tampilan, street mode dan track mode.
Boleh dibilang, Yamaha R15 2022 ini jadi pelopor motor sport 150 cc yang dipasangkan fitur quick shifter. Fungsi komponen ini adalah untuk mempercepat perpindahan gigi transmisi tanpa harus menarik tuas kopling.
Baca juga : Harga Bekas Yamaha R15 Generasi Awal Cuma Belasan Juta, Ini Yang Jadi Keunggulannya
Tapi quick shifter yang dipakai, hanya untuk menaikkan gigi transmisi alias up saja, tidak termasuk saat menurunkan gigi transmisi. Contoh quick shifter up & down ada pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 dan Honda CBR250RR SP QS 2022.
Jika dulu pakai model engine cut off dan tombol starter biasa, maka pada model terbarunya, baik Yamaha R15 Connected 2022 atau Yamaha R15M Connected-ABS 2022 pakai tombol starter ala moge. Dengan fungsi kill switch menyatu electric starter.
Tersedia hanya khusus untuk tipe Yamaha R15M Connected-ABS 2022. Ya setelah generasi sebelumnya tak ada tipe ABS, kini pilihan untuk konsumen pun jadi semakin lengkap. Tentu ini untuk meladeni Honda CBR150R tipe ABS.
Baca juga : Spesifikasi Menggoda Yamaha R15 2022, Bikin Honda CBR150R 2022 Merinding!
Pamungkas ada traction control system (TCS), yang sekaligus jadi pelopor motor sport 150 cc, dengan fitur yang mampu membuat roda belakang tidak selip. Sebelumnya TCS sudah disematkan untuk Yamaha Nmax 155 Connected-ABS 2022.
Spesifikasi Yamaha R15 2022 | ||
---|---|---|
R15 Connected | R15M Connected-ABS | |
Dimensi | ||
PxLxT | 1.990 x 725 x 1.135 mm | |
Sumbu Roda | 1.325 mm | |
Tinggi Jok | 815 mm | |
Jarak Terendah | 170 mm | |
Tangki | 11 liter | |
Berat Isi | 137 kg | 140 kg |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan, VVA | |
Kapasitas | 155,09 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 19,3 PS @ 10.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Detlabox | |
Suspensi Depan | Upside down | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Roda Depan | 100/80-17 | |
Roda Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
Rp 38,9 juta | Rp 43,5 - 44,1juta |