Segmen motor bebek di Indonesia bukan cuma kelas 110 cc hingga 125 cc. Di atas itu ada kelas 150 cc yang banyak penggemarnya. Apalagi pabrikan mendesainnya menjadi bebek sporty, yang gagah, berisi, dan menjanjikan performa tinggi dari dapur pacunya.
Sayangnya di tanah air, modelnya sedikit dan bisa dihitung jari. Sekarang cuma ada tiga pemainnya, yakni Honda Supra GTR 150, Yamaha Jupiter MX 150, dan Yamaha MX King. Semuanya menyasar konsumen yang masih nyaman mengendarai moped, namun menginginkan bentuk yang beda.
Baca Juga: Berburu Motor Bebek Termurah di Tanah Air, Ini Dia Pilihannya
Tertarik beli salah satu dari tiga model tadi? Atau malah lagi bingung pilih yang mana? Mari kupas satu per satu update harga motor tersebut, berikut fitur dan performanya di atas kertas.
Pertama dari Yamaha Jupiter MX 150. Pabrikan menjualnya dengan harga Rp18,9 juta on the road (OTR) Jakarta, yang sekaligus jadi motor bebek 150 cc termurah di Indonesia saat ini. Secara estetika, bentuknya gemuk berisi berkat penggunaan ban belakang berprofil lebar 120/70, depannya 70/90.
Motor ini dibangun dari rangka backbone. Kaki-kakinya pakai teleskopik dan lengan ayun yang dipadukan monoshockbreaker serupa seperti pada model lawasnya. Namun yang terbaru ini, sistem pengereman depan dan belakang sudah pakai cakram.
Yamaha Jupiter MX 150 boleh dibilang masih sederhana, minus ditambahkan fitur modern kekinian. Jangan harap ada power charger. Lampu saja masih halogen biasa, kemudian tampilan panel instrumen juga kombinasi analog dan digital. Adapun tangki bensinnya 4,2 liter, bukan yang terbesar di kelasnya.
Meski begitu, jadi makin sporty lho, karena jarum analognya menunjukkan putaran mesin motor. Sedangkan kecepatannya ditunjukkan lewat angka digital. Lalu yang menarik lagi adalah pemilik bisa mengganti tampilan greetings menjadi nama sendiri. Sehingga serasa disambut oleh kuda besi kesayangan.
Oh iya mengenai jantung mekanisnya Yamaha Jupiter MX 150 ini mengemasn mesin 150 cc, satu silinder tegak, berpendingin cairan, SOHC, yang di atas kertas menjanjikan tenaga 15,3 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm yang diraih pada 7.000 rpm, serta didistribusi ke transmisi manual 5-percepatan.
Kurang sreg sama geng biru? Coba cek geng merah, karena ada produk yang serupa lewat Honda Supra GTR 150. Pakai nama Supra untuk merepresentasikan ketangguhan motor bebek Supra, tapi dibalut dengan tampilan yang lebih agresif dan sporty. Harganya Rp24,280 juta varian Sporty dan Rp24,530 juta tipe Exclusive menggunakan warna matte.
Bahasa desainnya sama seperti model sebelumnya, punya garpu suspensi depan telanjang, serta sepakbor yang mendekati lingkar roda supaya mengikuti bentuk motor sport. Desainernya membuat motor ini kental akan tarikan garis tegas bertumpuk, mengotak, juga meruncing untuk menguatkan karakter dinamis.
Lampu utama sudah LED, tapi sein masih halogen biasa. Buat yang mau lebih modern bisa ganti pakai LED aftermarket. Selain itu Honda Supra GTR 150 juga lebih mewah karena sudah menggunakan panel instrumen full digital yang informatif. Putaran mesin lewat indikator bar, sementara kecepatan menggunakan angka.
Baca Juga: Keunikan Motor Bebek Kawasaki ZX130 yang Katanya Kalau Tabrakan Gampang Meledak
Urusan kaki-kaki, serupa produk dari Yamaha sebelumnya. Namun ukuran ban depannya lebih besar, yakni 90/80. Sistem pengereman juga telah menggunakan cakram baik depan dan belakang.
Selebihnya untuk tangki Honda Supra GTR 150 bisa menenggak 4,5 liter bensin. Lalu dari dapur pacu, menggunakan mesin 149 cc, berpendingin carian, DOHC, silinder tungggal dengan output 16,3 PS pada 9.000 rpm dan torsi 14,2 Nm yang diraih di 6.500 rpm, kemudian disalurkan menggunakan transmisi manual 6-percepatan.
Terakhir ada Yamaha MX King sebagai perwujudan Yamaha Jupiter MX 150 yang lebih futuristik, dan lebih sepadan untuk menantang Honda Supra GTR 150. Harga motor bebek ini Rp24,825 juta, serta Rp25,225 juta buat varian livery khusus World GP 60th Championship.
Bedanya selain dari grafis striping adalah lampu utamanya yang sudah LED, ada alis tambahan sebagai daytime running light (DRL) pada tameng depan motor, membuat fascia lebih gahar. Kemudian panel instrumen juga telah digital berlatar warna biru khas Yamaha.
Ada lagi tambahan fitur lampu hazard dan penggunaan ukuran ban depan yang lebih besar, ukurannya 90/80 yang menyelimuti pelek 17 inci. Semua sistem pengereman motor bebek 150 cc Yamaha MX King sudah cakram serta kaki-kakinya masih sama seperti Yamaha Jupiter MX 150. Pun dengan spesifikasi mesinnya.
Nah, mau pilih yang mana nih?
Baca Juga: Kupas Keunggulan Kawasaki Edge, Motor Bebek Berdesain Agresif Tunggangan Titi Kamal