Toyota Hiace saat ini memiliki kompetitor terdekat, yakni Isuzu Elf NLR 55 BLX. Kedua mobil tersebut merupakan mobil terlaris di segmen microbus yang ada di Indonesia. Toyota Hiace memiliki banderol Rp537 jutaan yang merupakan harga mobil Hiace 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020 yang tidak beda dengan harga Alphard 2019. Sedangkan Isuzu NLR 55 BLX memiliki banderol yang jauh lebih murah di angka Rp445 jutaan. Lantas, manakah yang memiliki spesifikasi paling baik diantara keduanya?
Jika melihat dari eksteriornya, Isuzu Elf NLR 55 BLX ini memiliki dimensi panjang 6.170 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 2.170 mm. Jarak sumbu roda dari mobil ini bisa dibilang cukup panjang, mencapai 3.360 mm. Tampilan eksterior dari mobil ini cenderung memiliki desain kotak, tanpa adanya lekukan di bagian bodinya. Bagian depannya rata, begitupun bagian samping hingga bagian belakangnya.
Bagi sebagian orang, desain Isuzu Elf NLR 55 BLX ini cukup membosankan untuk dipandang dan lebih cepat terlihat tua. Lampu depan dari mobil ini masih memakai bohlam halogen, dengan tambahan lampu kabut di bagian bawah bumper. Letak spionnya berada di ujung bagian depan, dan dapat dilipat ke arah bagian dalam pada saat parkir.
Isuzu Elf NLR 55 BLX memiliki pintu tengah dengan model konvensional, atau sama dengan metode membuka pintu di bagian depan. Ruang kepala bagi penumpang cukup luas, sayang ruang kakinya cukup sempit. Mobil ini mampu mengangkut hingga 20 orang penumpang. Cukup banyak dan menjadi pilihan untuk usaha transportasi.
Interior dari Isuzu Elf NLR 55 BLX ini bisa dibilang tak ada yang special. Semua bagian terlihat standard, dengan material yang digunakan biasa saja. Desain dashboardnya pun cenderung terlihat tak ada yang special. Jok untuk penumpang sayangnya dibuat terlalu memiliki jarak yang sangat dekat. Sehingga saat terisi penuh penumpang tidak akan bisa duduk dengan nyaman.
Soal mesin, Isuzu Elf NLR 55 BLX dibekali dengan mesin berkode 4JB1-TC. Mesin ini terkenal cukup bandel dan memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Selain itu, tenaga yang dihasilkan juga cukup besar. Namun, mesin yang digunakan merupakan mesin tua yang sudah ada sejak dahulu.
Sehingga sudah ketinggalan zaman. Kapasitas mesinnya mencapai 2.771 cc, 4 silinder, VE, turbo intercooler, OHV. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 100 ps @3.400 rpm dengan torsi maksimal 245 Nm @2.000-3.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.
Bagaimana dengan fiturnya? Mobil ini memiliki fitur yang cukup sedikit. Fiturnya hanya terdiri dari ac, penyetel dvd, cd, mp3, USB, Aux, radio, power steering. Setirnya dapat diatur menggunakan tilt dan teleskopik, serta ada kamera parkir, retractable seat belt, dan tilt cabin. Remnya masih memakai vacuum booster dengan system hidrolik. Sedangkan rem parkirnya memakai metode expanding di transmisi belakang.
Untuk menambah pengereman, Isuzu memberikan rem angin yang banyak digunakan pada kendaraan komersial yang dimiliki Isuzu. Untuk velg dan ban, Isuzu Elf NLR 55 BLX menggunakan velg berukuran 16 inci yang dibalut ban 225/75 di bagian depan dan belakang. Mobil dengan berat total 5,1 ton ini juga mampu membawa bahan bakar hingga 100 liter. Tentunya lebih dari cukup untuk akomodasi perjalanan jauh. Lantas, bagaimana dengan Toyota Hiace?
Jika dilihat dari luar, Toyota Hi ace memiliki dimensi yang cukup besar. Panjangnya mencapai 5.380 mm, lebar 1.880 mm dengan tinggi 2.285 mm. Jarak sumbu rodanya pun cukup panjang, 3.110 mm dengan bobot 2 ton. Jika dilihat dari bagian depan, Mobil Hiace terlihat cukup gagah. Bahkan ada yang menyebut jika wajahnya mirip dengan Toyota Alphard.
Lampu depannya masih memakai halogen, dengan gril besar yang dipadu warna hitam dan silver. Di bagian bawah bumper, terdapat lampu kabut yang masih memakai bohlam. Di sisi samping, Toyota Hiace memiliki pintu geser bagian tengah yang memudahkan akses masuk bagi penumpang. Jika dilihat dari bagian samping, atapnya terlihat lebih naik ke atas.
Hal ini membuat ruang kepala bagi penumpang sangatlah luas. Bahkan penumpang bisa berdiri dengan leluasa di dalam kabin. Bagasinya di bagian belakang pun juga masih bisa mengakomodir koper dan tas berukuran besar. Tak heran jika mobil Hiace Toyota ini cukup digemari sebagai kendaraan travel.
Walaupun ini adalah sebuah mobil komersial, akan tetapi interior Toyota Hiace dibuat cukup oke dan terlihat modern. Dashboardnya terdiri dari dua warna, beige dan hitam yang membuat kesan interior menjadi elegan. Pengaturan AC nya pun terdiri dari 5 pengaturan yang bisa disesuaikan bagi penumpang di depan. Sementara di bagian pengemudi, setirnya sudah dapat pengaturan teleskopik dan tilt steering.
Hal ini membuat fitur Toyota Hiace menjadi lebih baik dibanding kompetitornya. Tak selesai sampai disitu, tampilan instrument clusternya pun dibuat informative dan stylish yang mempermudah pengemudi membaca keadaan mobil. Kapasitas angkut penumpangnya hanya 11 orang saja.
Soal mesin, Toyota Hiace menggendong mesin Diesel berkode 1GD-FTV yang sama dengan Toyota Hilux. Mesin ini berkapasitas 2.755 cc, 4 silinder, DOHC, VNT Turbo intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai 155 ps @3.600 rpm dengan torsi maksimal di angka 450 Nm @1.600-2.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang dengan transmisi manual 6 percepatan.
Fitur Toyota Hiace bisa dibilang juga cukup lengkap. Mobil ini dibekali dengan fitur rem cakram dengan ABS dan brake assist. Fitur tersebut akan memastikan mobil Hiace melakukan pengereman dengan maksimal. Selain itu, ada juga vehicle stability control, hill start assist dan seatbelt 3 titik bagi setiap penumpang di dalam mobil.
Toyota seakan tahu betul bagaimana membuat penumpangnya merasa aman dan nyaman. Sehingga Toyota Hiace dibekali dengan fitur keamanan cukup baik dibanding kompetitornya. Fitur terakhir yang ada pada Toyota Hiace adalah emergency brake signal. Fitur ini memungkinkan untuk memberikan peringatan lewat lampu hazard yang akan menyala otomatis pada saat pengereman mendadak.
Hal ini dapat memberitahukan informasi bagi pengemudi di belakang mobil. Fitur lain yang tak kalah penting adalah pengaturan spion yang sudah dapat dilakukan secara elektronik untuk spion kiri dan kanan. Pada spion kanan terdapat supplemental mirror untuk memperluas pandangan ke arah belakang.
Ruang penyimpanan pada Toyota Hiace juga termasuk banyak dan lengkap. Pada bagian atas kabin depan terdapat ruang penyimpanan ditambah dengan adanya console tray. Masih ada juga overhead console yang bisa digunakan untuk menyimpan kacamata. Sedangkan di bagian belakang juga terdapat tempat penyimpanan minuman pada doortrim.
Jika melihat dari data di atas, Isuzu Elf NLR 55 BLX memiliki harga yang lebih kompetitif dengan jumlah kapasitas yang lebih banyak dibanding Toyota Hiace. Isuzu NLR 55 BLX memiliki daya angkut 20 penumpang, sedangkan Toyota Hiace hanya 11 penumpang. Akan tetapi, soal kenyamanan bagi penumpang jelas Toyota Hiace akan jauh lebih unggul.
Dengan kapasitas angkut yang hanya 11 penumpang, tentunya ruang kaki dan kenyamanan akan menjadi lebih baik. Ruang gerak penumpang juga akan menjadi lebih bebas bergerak dibanding Isuzu NLR 55 BLX yang punya tempat duduk sempit.
Performa mesin dari Toyota Hiace juga jauh lebih baik. Mesin Toyota Hiace mampu mengelurakan tenaga hingga 155 ps @3.600 rpm dengan torsi maksimal di angka 450 Nm @1.600-2.200 rpm. Sedangkan Isuzu NLR 55 BLX hanya ada di angka 100 ps @3.400 rpm dengan torsi maksimal 245 Nm @2.000-3.200 rpm.
Jika membandingkannya di atas kertas, tentu Toyota Hiace akan memiliki performa yang jauh lebih unggul saat sedang melaju di atas aspal. Fitur mobil Hiace Toyota juga jelas lebih baik dan kalah telak dibanding Isuzu NLR 55 BLX yang hanya mengandalkan kapasitas angkut yang lebih banyak.
So, dengan pilihan tersebut, manakah pilihan kamu? Toyota Hiace atau Isuzu NLR 55 BLX?
Spesifikasi Teknis | Toyota Hiace | Isuzu ELF NLR 55 BLX |
---|---|---|
Dimensi | Panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm | 6.170 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 2.170 mm |
Mesin | 2.755 cc, 4 silinder, DOHC, VNT Turbo intercooler | 2.771 cc, 4 silinder, VE, Turbo intercooler, OHV |
Tenaga | 155 ps @3.600 rpm, torsi 450 Nm @1.600-2.200 rpm | 100 ps @3.400 rpm, torsi 245 Nm @2.000-3.000 rpm |
Transmisi | Manual 6 percepatan | Manual 5 percepatan |
Suspensi | MacPherson strut & Torsion beam | Semi eliptical with leaf spring |
Rem depan | Cakram 16 inci | Hidrolik vacuum booster |
Rem belakang | Cakram 16 inci | Expanding rear transmission |
Velg dan ban | 16 inci / 235-65 | 16 inci / 225-75 |
Harga OTR Jakarta | Rp537 jutaan | Rp445 jutaan |