Jangan Panik, Ini Sebab Hybrid Yamaha Fazzio Tak Bisa Langsung Aktif

Hybrid Yamaha Fazzio hanya sampai 5.500 rpm.
  • Hybrid bantu saat motor berakselerasi.
  • Assist hybrid aktif selama 3 detik dan sampai 5.500 rpm saja.
  • Suhu mesin dan voltase aki jadi syarat agar hybrid bisa aktif.

Yamaha Fazzio jadi salah satu model Classy Yamaha yang punya fitur hybrid yang membantu akselerasi motor.

Sistem hybrid ini memang jadi salah satu nilai jual dari matic bergaya retro modern tersebut, karena bisa membantu hemat bahan bakar juga.

Masih banyak yang bertanya-tanya soal cara kerja sistem hybrid yang diusungnya. Kami telah membahasnya beberapa waktu lalu.

Dan sistem hybrid Yamaha Fazzio berbeda dari sistem hybrid pada mobil dan juga Honda PCX e:HEV.

Baca juga : Mengenal Sistem Hybrid Honda PCX dan Yamaha Fazzio, Beda Cara Sama Manfaatnya

Sistem hybrid Yamaha Fazzio hanya bertugas sebagai assist saat berakselerasi dari posisi diam.

Tapi bukan berarti hybrid tadi bisa langsung aktif dan dirasakan begitu kalian menyalakan motor ya, karena ada beberapa syarat juga supaya sistem hybrid bisa bekerja.

Jadi jangan panik kalau saat baru menyalakan motor dipagi hari, sistem hybrid belum bekerja ya!

Karena memang ternyata ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sampai motor bisa mengaktifkan hybrid-nya.

Baca juga : Alasan Yamaha Fazzio 2022 Diseting Punya Kompresi Mesin Tinggi

Aji Handoko, yang menjabat Manager Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kala itu menjelaskan, kalau sistem hybrid hanya sebagai pendukung kinerja mesin.

Power assist berasal dari aki.

Tapi untuk bisa aktif, ada beberapa kondisi yang harus tercapai terlebih dulu.

"Pertama temperatur mesin harus dipenuhi. Kedua, voltase aki normal, karena jika rendah hybrid tidak akan aktif sampai voltasi kembali normal," katanya saat sesi test ride di Bogor lalu.

Aji juga menambahkan, motor ini sudah dilengkapi battery life charging, yang akan mematikan sistem hybrid dan juga start and stop system jika kondisi voltase aki rendah.

Battery life charging ini juga menjaga masa pakai aki motor, maklum saja aki yang dipakai adalah aki biasa, bukan spesifikasi khusus.

Baca juga : Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah!

Hybrid Tetap Aktif Meski Sudah Jalan

Mesin Yamaha Fazzio terlihat lebih ringkas.

Dan ternyata dalam kondisi berjalan pun, sistem hybrid masih bisa memberikan bantuan untuk menambah daya dorong.

"Selama putaran mesinnya belum mencapai 5.500 rpm. Jadi kalau sudah jalan lalu dibawa pelan, kemudian buka gas lagi, tenaga hybrid pasti muncul," tambahnya.

Aktifnya sistem hybrid pada Yamaha Fazzio bisa dilihat pada indikator di panel meter tepat di bawah angka spidometer.

Assist dari sistem hybrid Yamaha Fazzio sendiri hanya akan aktif selama 3 detik saja.

Hasil konsumsi bahan bakar Yamaha Fazzio tim Autofun.

Dengan adanya assist dari sistem hybrid, maka akselerasi Yamaha Fazzio akan lebih ringan dan membantu motor untuk lebih cepat melaju.

Imbasnya pengendara tak perlu membuka gas terlalu besar dan berujung pada efisiensi bahan bakar.

Baca juga : Andalkan Teknologi Hybrid, Seberapa Efisien Konsumsi Bensin Yamaha Fazzio 2022?

Hasilnya, dikendarai sejauh kurang lebih 20 km keliling kota Bogor, konsumsi bahan bakar tercatat 53 km/liter.

Angka ini tergolong boros karena kami berkendara normal dan kerap buka gas mendadak untuk merasakan efek dorongan dari sistem hybrid-nya.

Rekan media lain ada yang mencatatkan angka fantastis dengan metode berkendara santai, hasilnya ada yang tembus 70 km/liter bahkan 80 km/liter dengan pengukuran full to full.

Wow bangetkan?!

Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022
Mesin
Tipe mesin 4-tak, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Diameter X langkah 52,4 mm x 57,9 mm
Kapasitas mesin 124,8 cc
Rasio kompresi 11:1
Tenaga maksimal 8,4 ps @6.500 rpm
Torsi Maksimal 10,6 Nm @4.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Kapasitas Oli Mesin 0,84 liter
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal, unit swing
Ban Depan Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Ban Belakang Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Dimensi
P x L x T 1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak sumbu roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Berat Isi 95 kg
Kapasitas Tangki 5,1 liter
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ6V
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Hybrid bantu saat motor berakselerasi. Assist hybrid aktif selama 3 detik dan sampai 5.500 rpm saja. Suhu mesin dan voltase aki jadi syarat agar hybrid bisa aktif. Yamaha Fazzio jadi salah satu model Classy Yamaha yang punya fitur hybrid yang membantu akselerasi motor. Sistem hybrid ini memang jadi salah satu nilai jual dari matic bergaya retro modern tersebut, karena bisa membantu hemat bahan bakar juga. Masih banyak yang bertanya-tanya soal cara kerja sistem hybrid yang diusungnya. Kami telah
Pengendara motor bisa terlindungi. Tanpa perlu keluar biaya tambahan. Besaran tanggungan capai Rp 10 juta. Pengendara motor jadi yang paling rentan di jalanan, karena posisinya sangat terbuka. Mau pengendara matic entry level macam Yamaha Gear atau motor premium seperti Honda Gold Wing tetap rawan. Yup, tidak ada perlindungan seperti halnya pengendara mobil atau bus, karena badan pengendara langsung terlihat. Perlindungan hanya dari apparel yang digunakan, seperti helm, jaket, sarung tangan dan
Lebih ringan bikin handling agresif tapi sedikit 'ngambang'. Konsumsi bahan bakar tembus di atas 55 km/liter. Honda BeAT 2025 yang merupakan BeAT generasi ke-6 masih menyumbangkan aura matic 110 cc yang ringan, ramping, dan juga mudah dikendarai baik untuk pengendara pria maupun wanita. BeAT yang baru diperkenalkan pada bulan Juni 2024 lalu ini hadir dalam pilihan tipe CBS di harga Rp 18,430 juta, Deluxe Rp 19,300 jut, dan paling mahal Deluxe Smart Key di angka Rp 19,830 juta on the road Jakarta
ABS akan jadi fitur wajib pada sepeda motor. Pemerintah siap revisi PP 15/2012 tentang Kendaraan. Rem ABS (Anti-lock Braking System) masih jadi fitur tambahan untuk sejumlah sepeda motor keluaran baru. Yup, karena tidak ada kewajiban motor harus punya fitur tersebut, tapi Kementerian Perhubungan akan merevisi kebijakan terkait Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan. Satu diantaranya termasuk kewajiban penggunaan fitur Anti Lock Braking System (ABS) pada sepeda motor. Adopsi t
Fitur canggih masih tersemat. Pakai mesin terbaru. Harga masih Rp 30 jutaan. Banyak yang bilang Yamaha NMax Turbo terlalu mahal, iya jika melihat tipe Tech Max dan Tech Max Ultimate. Kedua tipe tersebut harganya sudah tembus Rp 40 juta on the road Jakarta. Tepatnya Rp 43,250 juta untuk Tech Max dan Rp 45,250 juta untuk Tech Max Ultimate. Kedua tipe teratas ini punya fitur yang lebih lengkap memang, seperti adanya fitur navigasi Garmin Street Cross. Yup, fitur serupa yang terdapat pada Yamaha XMa

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Fazzio
Lihat