Pemerintah Setuju Rem ABS Jadi Fitur Wajib Untuk Motor

Sistem pengereman ABS kini semakin banyak ada pada sepeda motor.
  • ABS akan jadi fitur wajib pada sepeda motor.
  • Pemerintah siap revisi PP 15/2012 tentang Kendaraan.

Rem ABS (Anti-lock Braking System) masih jadi fitur tambahan untuk sejumlah sepeda motor keluaran baru.

Yup, karena tidak ada kewajiban motor harus punya fitur tersebut, tapi Kementerian Perhubungan akan merevisi kebijakan terkait Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan.

Satu diantaranya termasuk kewajiban penggunaan fitur Anti Lock Braking System (ABS) pada sepeda motor.

Adopsi teknologi canggih termasuk sistem pengereman ABS untuk sepeda motor juga disampaikan Kepala Seksi Penggunaan Kendaraan Bermotor, Korps Lalu Lintas Polri, Komisaris Polisi Deni Setiawan.

Menurut Deni, jika melihat data angka kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2022, sepeda motor jadi tertinggi karena menyumbangkan 78 persen dari total 137.851 kejadian. 

Baca juga: Malas Kuras Minyak Rem Motor Dengan ABS, Bisa Habis Uang Banyak!

Angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia sangat tinggi.

Hal itu berlanjut di tahun 2023, dimana kecelakaan pada sepeda motor meningkat jadi 79 persen dari total 152.008 kejadian. 

“Selain edukasi terhadap perilaku pengendara, kami mengusulkan agar teknologi kendaraan juga diadopsi ke dalam sistem regulasi kita,” ungkap Deni saat Diskusi Kelompok Terbatas yang diselenggarakan Road Safety Association beberapa Waktu lalu. 

Deni mengusulkan setidaknya ada enam teknologi yang harus dipertimbangkan regulator untuk diadopsi ke dalam revisi Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan yang sedang digodok oleh Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Bingung Pilih Rem Motor ABS atau CBS? Simak Dulu Bedanya

Sistem ABS dilengkapi banyak sensor dan dikontrol secara elektronik.

Teknologi-teknologi tersebut diantaranya:

  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Blind Spot detection
  • Traction Control System
  • Advanced Rider Assistance Systems (ARAS),
  • Connected Vehicle Technology
  • Electronic Stability Control. 

“Kepolisian mendukung perubahan revisi PP 55 Tahun 2012 agar sesuai dengan standar internasional untuk meningkatkan keselamatan berkendara di Indonesia,” kata Deni.

Baca jugaKetika Bugatti Bikin Skuter Listrik, Pakai Frame Magnesium dan Rem ABS, Harga Setara Honda BeAT 2022

Pemerintah Setuju ABS Untuk Motor Jadi Fitur Wajib

Rem ABS single channel hanya untuk roda depan.

Gayung bersambut, Kepala Sub Direktorat Uji Tipe Kendaraan Bermotor, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Yusuf Nugroho, ikut merestui adanya revisi pada PP 55/2012 tentang Kendaraan.

Menurut Yusuf, Kementerian Perhubungan memastikan perkembangan teknologi pada kendaraan akan diadopsi untuk menekan angka kecelakaan. 

"Kementerian Perhubungan akan mengadopsi setidaknya 19 kategori teknologi, termasuk teknologi pengereman seperti Anti-Lock Braking System, sebagaimana direkomendasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa," ungkap Yusuf. 

Dia juga menekankan, agar produsen kendaraan dan pemilik teknologi juga mesti terlibat mengedukasi pengguna sepeda motor terkait penggunaan teknologi kendaraan. 

Saat ini rem ABS tersedia untuk tipe-tipe tertentu saja.

"Misalnya, pengenalan teknologi kendaraan bermotor mesti dilengkapi dengan manual penggunaan, penyelesaian kerusakan (troubleshooting) dan panduan pemeliharaan," jelas Yusuf. 

Sementara itu, peneliti Road Safety Association (RSA) Ahmad Safrudin menuturkan, kecelakaan kendaraan bermotor disebabkan oleh multifaktor.

Seperti kondisi infrastruktur seperti jalan dan jembatan, keadaan cuaca, perilaku pengguna, hingga kondisi kendaraan. 

"Oleh karenanya, RSA mendorong adanya peningkatan signifikan pada teknologi komponen kendaraan yang menunjang keselamatan melalui instrumen peraturan perundang-undangan yang bersifat wajib sebagai salah satu strategi untuk menekan angka kecelakaan, selain intervensi terhadap perilaku pengendara. Khususnya teknologi pengereman,” kata
dia.

Sebagai informasi saja, saat ini rem ABS untuk motor bermesin kurang dari 250 cc hanya tersedia untuk tipe tertentu dan mulai dari segmen menengah atas.

Misalnya Honda Vario 160 ada opsi rem CBS dan ABS, begitu pula dengan Yamaha Aerox 155 ada non ABS dan ABS.

Sedangkan motor kelas entry level macam Honda BeAT atau Yamaha Fazzio, belum ada tipe yang menggunakan fitur rem ABS.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk m...

Video Pendek Terkait

Motor matic Kawasaki Brusky 125. Rebadge dari Modenas Karisma 125. Dijual di Filipina. Kawasaki akhirnya tercebur untuk terjun di pasar sepeda motor matic bermesin kecil, dengan menghadirkan Kawasaki Brusky 125. Informasi ini diketahui setelah adanya pengumuman secara langsung dari Facebook resmi Kawasaki Motors Philippines, yang mengunggah akan sosok motor tersebut. "Introducing the All-New Brusky 125 by Kawasaki. Always on duty, always ready for the day ahead," tulis Kawasaki. Baca juga: Bukan
Bermain sendiri di segmen matic 150 cc petualang. Memiliki ground clearance tinggi dan fitur modern. Honda ADV 150 bermain di segmen yang cukup unik dan tidak banyak kompetitor mengikuti, pesaing terdekatnya hanya Aprilia SR-GT 200. Sedangkan Yamaha belum membuat pesaing Honda ADV 150, matic bergaya adventure masih mempertahankan Yamaha X-Ride 125 saja. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan matic ini, kala itu di GIIAS 2019. Hadir dengan pilihan tipe CBS yang dibanderol Rp 3
Harga lebih terjangkau. Cukup untuk pemakaian jarak dekat. Ada beragam pilihan. Anda yang aktif bepergian jarak dekat seperti kerap antar jemput anak sekolah, maka tidak ada salahnya memilih sepeda motor bekas sebagai solusi. Pasalnya, aktivitas antar jemput anak sekolah kini tak bisa dianggap remeh, karena tak jarang pulang sekolah, ada kegiatan lain seperti les atau menyalurkan hobi lainnya. Belum lagi, rencana penggunaannya memang tidaklah terlalu jauh. Paling tidak untuk jangkaun kurang dari
Bengkel perlu memiliki pengetahuan dan keahlian dalam servis sepeda motor. Bengkel resmi jadi salah satu opsi melakukan servis dengan aman. Bisa beli motor harus bisa juga merawatnya dengan melakukan servis berkala, tapi hati-hati jangan sampai ke bengkel yang tidak memiliki SOP. Atau bahkan bisa ‘ketok’ harga yang bisa bikin kaget dan kantong bolong! Seperti kejadian yang viral beberapa waktu lalu. Pasalnya untuk mendapatkan hasil servis yang optimal, diperlukan treatment serta prosedur yang te
Arbi Aditama berpartisipasi di balapan Moto3 Aragon, Spanyol Kali kedua bagi Arbi diturunkan sebagai wildcard Astra Honda Racing Team (AHRT) menambah jam terbang untuk Fadillah Arbi Aditama dengan menyertakannya sebagai wildcard di Grand Prix Aragon. Pada balapan di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol akhir pekan ini (1/9/2024), Arbi akan turun di kelas Moto3. Hal ini pun sejatinya bukan yang pertama bagi Arbi. Beberapa bulan lalu tepatnya Mei 2024, pembalap muda asal Purworejo, Jawa Tengah juga p

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor