Rp 20 Jutaan Bisa Dapet Honda ADV 150 Bekas, Ini 5 Hal Menariknya

Honda ADV 150 bekas punya beberapa hal menarik.
  • Bermain sendiri di segmen matic 150 cc petualang.
  • Memiliki ground clearance tinggi dan fitur modern.

Honda ADV 150 bermain di segmen yang cukup unik dan tidak banyak kompetitor mengikuti, pesaing terdekatnya hanya Aprilia SR-GT 200.

Sedangkan Yamaha belum membuat pesaing Honda ADV 150, matic bergaya adventure masih mempertahankan Yamaha X-Ride 125 saja.

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan matic ini, kala itu di GIIAS 2019.

Hadir dengan pilihan tipe CBS yang dibanderol Rp 33,5 juta on the road Jakarta dan tipe ABS di harga Rp 36,5 juta on the road Jakarta.

Lantas jika melihat beberapa situs jual beli online, Honda ADV 150 bekas lansiran tahun 2019 sudah bisa ditebus mulai dari harga Rp 22 jutaan untuk area Jabodetabek.

Baca juga: Honda EM1 e: Sampai CB500X Jadi Motor Praktek Untuk AHM-TSC, Ini Alasannya

Honda ADV 150 tipe CBS pakai warna glossy dan pelek hitam (atas) dan tipe ABS pakai warna matte dengan pelek emas (bawah)

Tapi yang perlu diingat tentu saja harga akan sangat beragam tergantung dari kondisi motor tersebut, baik kondisi bodi, kondisi mesin, sampai kelengkapan aksesoris pendukungnya.

Lalu apa saja 5 hal menarik dari Honda ADV 150? Berikut ulasannya.

1. Tampilan Gagah Honda ADV 150

Yang pertama dan yang bisa langsung dilihat tentu saja dari konsep matic petualang yang hadir pada Honda ADV 150, posisi bodi tinggi dengan lekuk garis tegas membuat tampilannya cukup gagah.

Terdapat windscreen di atas lampu utamanya yang bisa disetel secara manual, dengan begitu bisa disesuaikan ketika pengendara butuh terpaan angin atau tidak ingin terkena terpaan angin langsung ke badan.

Baca juga: 10.000 Peserta Ikuti Kontes Teknisi Honda, Motor Listrik Mulai Dikibatkan

Spidometer full digital dengan isi informasi lengkap hingga tanggal dan bulan

Untuk menguatkan matic penjelajah, kedua bannya menggunakan pattern dual purpose sehingga bisa diajak melewati jalur on road juga light off road.

Yang depan pakai ukuran 110/80-14 sedangkan belakang berukuran 130/70-13, cukup lebar sehingga membuat tampilan lebih padat dan membantu handling ADV 150.

2. Ground Clearance Tinggi

Bentuk yang gagah ditunjang juga dengan ground clearance cukup tinggi, selain penggunaan ban besar juga ada peran dari suspensi depan dan belakang.

Suspensi depan menggunakan diameter as 31 mm yang cukup besar untuk sebuah motor matic, ditunjang juga dengan panjang jarak main mencapai 130 mm.

Baca juga: Test Ride Honda BeAT Street 2025, Matic Harian Buat yang Mau Beda

Suspensi belakang tinggi dengan jarak main panjang yang nyaman

Dengan jarak main yang cukup panjang, tentunya membuat suspensi depan ADV 150 lebih jarang mentok atau bottoming ketika menerima beban berat atau melewati jalur tidak rata.

Kalau suspensi belakangnya pakai sepasang suspensi bertabung nitrogen yang punya panjang total eye-to-eye 395 mm, travel pun cukup panjang karena mencapai 120 mm.

Suspensi belakangnya punya per dengan 2 ulir berbeda, rapat di sisi atas dan semakin renggang ke arah bawah.

Tentunya ini membuat karakter suspensinya lembut pada redaman-redaman awal seperti melewati jalan bergelombang, tapi akan keras atau kuat menahan hentakan ketika travel semakin dalam.

Baca juga: Honda CBR250R Bekas Lebih Murah Dari BeAT, Kenali Dulu Penyakit Khasnya

Smart key system dengan anti-theft alarm

Kaki-kaki yang jenjang ini membuat ADV 150 memiliki ground clearance mencapai 165 mm dengan dimensi panjang 1.950 mm, lebar 763 mm, dan tinggi 1.153 mm.

Jadi gak heran deh kalau menunggangi ADV 150 akan terasa cukup tinggi, pengendara bisa melihat kendaraan lain dengan jelas.

3. Fitur Menggoda Honda ADV 150

Lahir di tahun 2019 membuat Honda ADV 150 sudah dibekali dengan berbagai fitur terkini.

Seperti seluruh lampunya yang sudah pakai tipe LED, Honda Smart Key System atau keyless yang lengkap dengan anti-theft system.

Kemudian spidometernya sudah full digital dengan isi informasi cukup lengkap seperti spidometer, odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, sampai ada informasi jam juga tanggal.

Baca juga: Servis Honda Scoopy dan BeAT Bisa Lebih Hemat, Begini Caranya!

Bagasi luas bisa untuk menampung helm

Di sisi depan hanya terdapat sebuah laci penyimpanan dengan penutup di sisi kiri.

Asyiknya di dalam sudah tersematkan power charger yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone selama perjalanan.

Ruang bagasi lebih luas tentunya ada di bawah joknya, menurut spesifikasinya motor ini memiliki bagasi berkapasitas 28 liter yang bisa menampung banyak barang bawaan termasuk sebuah helm full face.

Di sektor pengereman ada pilihan tipe CBS dan juga ABS, pada tipe ABS dilengkapi juga dengan fitur ESS atau Emergency Stop Signal.

Kaliper depan 2 piston mengapit cakram model gelombang berukuran 240 mm, untuk belakang pakai kaliper 1 piston dengan cakram gelombang berdiameter 220 mm.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Berapa Isi Full Tank Honda Vario 160 Sekarang?

Cakram depan cukup lebar dengan diameter 240 mm

Fitur ini akan mengaktifkan keempat lampu sein motor terdeteksi deselerasi dengan sangat cepat.

Keempat sein akan berkedip cepat untuk menandakan ke pengendara sekitar kalau ADV 150 sedang berhenti secara mendadak.

4. Posisi Berkendara Nyaman

Punya tongkrongan ala motor petualang, membuat ADV 150 dibekali dengan setang pipa yang posisinya cukup tinggi dan juga lebar.

Tentunya ini cukup positif untuk posisi berkendara, karena membuat punggung lebih tegak serta tidak terlalu membebani lengan.

Posisi kaki juga nyaman karena disuguhkan dengan 2 posisi kaki yang bisa disesuaikan, posisi kaki menekuk seperti berkendara normal.

Atau meluruskan kaki atau selonjoran untuk posisi berkendara yang lebih santai.

Baca juga: Incar Matic 160 Cc Honda? Ini Pilihan dan Harganya

Jok lebar dengan sandaran tulang ekor, sayang busanya kurang empuk

Kaki-kaki yang jenjang membuat posisi jok ADV 150 cukup tinggi, mencapai 795 mm sehingga untuk postur 170 cm cukup pas-pasan untuk menapakkan kedua kaki, kalau hanya satu kaki masih aman karena bisa sedikit menggeser bokong.

Desain jok berpunuk ke arah pembonceng bisa dimanfaatkan sebagai sandaran tulang ekor.

Sayangnya busa jok belum bisa dikatakan empuk, jadi cukup memberi rasa panas ketika berkendara lama.

5. Mesin Bertenaga & Irit

Mesin matic satu ini masih pakai SOHC 2 katup di kepala silindernya, kemudian 4 langkah, PGM-FI, eSP, dan pendingin cairan.

Kapasitas murni ruang bakarnya 149,2 cc hasil dari penggunaan diameter piston 57,3 mm dan panjang langkah 57,9 mm.

Baca juga: Honda Sepakat Suplai Motor Listrik Untuk Yamaha di Jepang

Mesin ADV 150 minim vibrasi dan punya karakter suara halus

Mesin dengan rasio kompresi 10,6:1 ini klaimnya punya tenaga maksimal 14,5 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Np pada 6.500 rpm.

Mesin ini punya ciri suara yang senyap dan juga vibrasi cukup minim, sehingga dapat memberi kenyamanan karena tidak ada getaran berlebih pada jok maupun setang.

Apalagi sistem starternya sudah pakai Alternating Current Generator atau ACG, sistem starter ini memanfaatkan generator yang diberi arus bolak-balik atau AC.

Jadi berfungsi menjadi pengisian saat mesin berjalan dan berfungsi sebagai starter saat diberi arus.

Karakter tenaganya memang kurang responsif pada putaran rendah, ini karena Honda membuat karakter CVT juga rasionya untuk menghasilkan tenaga yang lebih merata hampir di tiap putaran mesin.

Baca juga: Modal Rp 20 Juta, Dapat Motor Baru Apa Selain Honda BeAT 2025?

Power charger yang berguna untuk mengisi daya smartphone selama perjalanan

Efek positifnya tentu putaran mesin lebih banyak bermain di putaran rendah, sehingga tidak terlalu gerung dan efeknya bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar efisien.

Berdasarkan hasil tes internal AHM dengan metode ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar ADV 150 diklaim tembus 46,6 km/liter dengan posisi fitur ISS aktif.

Artinya dengan mengisi penuh tangki bensin Honda ADV 150 yang berkapasitas 8 liter, bisa membawa motor satu ini melaju sejauh kurang lebih 372 km.

Kesimpulan

Meski sekarang sudah ada versi barunya yakni Honda ADV 160, model lawasnya ini tetap menggoda.

Karena secara desain tidak jauh berbeda, hanya ada perubahan minor saja sehingga model lawasnya masih terhitung segar.

Kemudian kelengkapannya pun masih relatif sama dengan versi terbaru, jadi dengan harga lebih hemat bisa dapat fitur yang sama lengkapnya.

Kenyamanan berkendara motor ini pun oke untuk dipakai touring jarak jauh, hanya perlu penyesuaian busa jok dan seting ulang suspensi belakang saja.

Spesifikasi Honda ADV 150
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 795 mm
Kapasitas Tangki 8 liter
Berat Isi 132 kg (CBS) 133 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 150 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 10,8 : 1
Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimal 14,5 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Arbi Aditama berpartisipasi di balapan Moto3 Aragon, Spanyol Kali kedua bagi Arbi diturunkan sebagai wildcard Astra Honda Racing Team (AHRT) menambah jam terbang untuk Fadillah Arbi Aditama dengan menyertakannya sebagai wildcard di Grand Prix Aragon. Pada balapan di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol akhir pekan ini (1/9/2024), Arbi akan turun di kelas Moto3. Hal ini pun sejatinya bukan yang pertama bagi Arbi. Beberapa bulan lalu tepatnya Mei 2024, pembalap muda asal Purworejo, Jawa Tengah juga p
Ada beragam tipe. Banyak yang berdimensi ramping. Ada yang punya bagasi muat helm. Berminat beli motor baru untuk pengendara pemula terasa mahal, kenapa tidak coba motor bekas? Motor bekas memang beragam harganya, tapi untuk pengendara pemula bisa jajal yang murah dulu. Alasannya karena masih pemula, bukan tak mungkin ada kejadian seperti jatuh tak sengaja atau kerap disebut 'jatoh bego'. Kemudian bisa juga untuk motor pertama, sembari belajar mengenali karakter dan cara berkendara motor. Tenang
Oli palsu banyak beredar saat ini. Kenali ciri oli mesin palsu. Oli mesin perlu diganti rutin. Oli mesin jadi cairan yang penting untuk sepeda motor, dengan tugas melumasi tiap komponen di dalamnya. Tentunya untuk mengurangi gaya gesekan dan keausan komponen, yang pengaruh terhadap usia pakai. Kualitas oli mesin yang bagus bakal berpengaruh terhadap performa mesin motor kalian. Akan tetapi, jika oli tidak sesuai anjuran ataupun palsu akan berakibat fatal di mesin. Baca juga : Busi Motor Sering M
Mesin tidak banyak berubah dengan generasi sebelumnya. Hasilnya lebih irit dibanding BeAT 2020. Total lebih ringan 3 kg. Honda BeAT sejak pertama kali diperkenalkan kental dengan aura matic 110 cc yang sporty, ringan, lincah, dan juga irit bahan bakar. Terbukti dengan penjualan lebih dari 23 juta unit sejak pertama kali diperkenalkan, bahkan bisa dikatakan menjadi backbone dari PT Astra Honda Motor (AHM). Honda BeAT 2025 yang merupakan generasi ke-6 pun baru saja diperkenalkan pada bulan Juni 20
IMOS 2024 berlangsung 5 hari di ICE, BSD City Sementara ini dimeriahkan 15 merek sepeda motor Sebanyak 14 merek sepeda motor baik bermesin bensin maupun berbasis listrik, andil pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 yang akan dihelat bulan depan. Masing-masing peserta IMOS 2024 tersebut terdiri dari Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Harley-Davidson, Royal Enfield, Scomadi, Alva, Electrum, Ion Mobility, Polytron, VMove dan Volta. Memang, dibandingkan penyelenggaraan IMOS+ tahun lalu ad

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat