Honda CB150X 2022 mengusung tampilan yang gagah bergenre sport adventure dengan desain bodi depan yang gambot. Bodinya yang besar cukup mengingatkan dengan sang kakak, Honda CB500X.
Tentu saja ini juga berkat kedua suspensinya yang mendapatkan pembaharuan pada dimensi yang lebih tinggi serta jarak main suspensi pun lebih panjang. Ini sejalan dengan konsepnya yang siap untuk melaju di jalur on road maupun off road ringan.
Lebih detailnya, suspensi depan Honda CB150X pakai upside down Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) dengan panjang 765 mm dan stroke 130 mm, ini lebih panjang 30 mm dan stroke lebih panjang 10 mm.
Untuk monosoknya tetap pakai uni-track namun memiliki panjang 324 mm dengan stroke 60 mm. Ulir per yang digunakan juga pakai model progressive, sehingga memiliki 2 karakter redaman.
Baca juga: Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road?
Ternyata posisi berkendara yang disuguhkan Honda CB150X masih bersahabat untuk postur pengendara 170 cm, tapi harus sedikit jinjit ketika menapakan kedua kaki. Kalau hanya menapak satu kaki memang tidak masalah, cukup geser pantat sedikit.
Jok dengan tinggi 817 mm ini punya desain menyatu dengan pembonceng, karenanya pengendara mendapatkan sedikit sandaran tulang ekor atau lumbar support selama berkendara.
Tentunya ini membuat pengendara merasa lebih nyaman selama berkendara, belum lagi desain jok pengendara juga cukup lebar sehingga hampir bisa menopang seluruh pantat pengendaranya.
Tapi sayang, karakter busa yang dimiliki Honda CB150X terasa agak keras. Ini membuat hentakan pada badan cukup terasa ketika melewati jalan jelek, ketika berkendara lebih dari 1 jam juga akan membuat pantat pengendara panas.
Baca juga: Impresi Mesin Honda CB150X 2022 Untuk Harian, Tenaga Kuat di Tengah Top Speed Tembus Segini!
Cover tangki bensin yang terlihat besar, nyatanya gak sampai membuat kaki pengendara membuka lebar. Karena desain covernya ramping tepat di mana kaki pengendara menjepit, ini juga memberikan feeling ramping saat mengendarai Honda CB150X.
Letak pijakan kaki lebih maju dibanding posisi duduk pengendara, posisinya juga tidak terlalu tinggi. Efeknya dengkul tidak sampai menekuk, sehingga keseluruhan kaki tidak cepat lelah.
Hanya saja footstepnya karet, kurang cocok saat berada di jalur off road karena sepatu mudah tergelincir. Lanjut beralih ke setang pipanya yang punya raiser setang cukup tinggi, ini karena letak segitiganya hampir tertutup dengan bodi.
Untungnya setang masih termasuk rigid, tidak terlalu fleksibel yang justru bisa mengganggu kestabilan berkendara. Akibat dari posisi setang yang tinggi tentu saja lengan dan pundak pengendara yang dimanjakan.
Baca juga: Daftar Obat Ganteng Honda CB150X 2022, Tampil Makin Adventure Wajib Bagi Pecinta Touring!
Ini karena badan pengendara dibuat tegap, tentu saja lengan jadi tidak mendapatkan beban berlebih karena tidak perlu menahan beban pengendara. Namun karena setang pipanya cukup lebar, harus bisa menjaga jarak dengan kendaraan lain saat merayap di kemacetan nih.
Tidak lupa di bagian depan bodinya terdapat windshield bawaan yang memang tidak terlalu tinggi. Tapi ternyata untuk postur 170 cm dimensinya cukup pas, karena ujung atas windshield tepat sejajar dengan leher.
Harus ganti busa jok biar nyaman deh…
Spesifikasi Honda CB150X 2022 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.031 x 796 x 1.309 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.315 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 181 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 817 mm | ||
Berat kosong | 139 kg | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond Type, Steel | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 15,6 PS @ 9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Pelumas Mesin | 1.1 liter | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |