Mengupgrade pengereman gak cuma bikin rem lebih pakem, tapi juga pengaruh pada penampilan. Seperti menggunakan diameter cakram yang lebih besar, tentu bikin area depan terlihat lebih padat dan sporty.
Sayang untuk Honda PCX 160 2022 belum banyak pilihan cakram aftermarketnya. Namun tidak perlu khawatir, karena bisa mengadopsi cakram untuk motor lain dengan sedikit penyesuaian tentunya.
Seperti yang dilakukan Fat Motorsport, memasang cakram depan aftermarket Aerox 155 di PCX 160. “Pakai merek AMS semi-floating 260 mm buat Aerox 155. Tapi harus bikin adaptor, pakai aluminium seri 5 tebal 8 mm,” ujar Wiryawan punggawa Fat Motorsport.
Adaptor yang dibuat dengan mesin bor milling ini tentu digunakan sebagai penghubung antara pelek dengan cakram. Pasalnya pelek Honda PCX 160 punya lubang baut cakram yang berbeda dengan yang dimiliki cakram AMS untuk Yamaha Aerox 155.
Baca juga: Honda PCX 150 Tampil Elegan dan Mewah, Usung Konsep Euro Style
Cakram Yamaha Aerox 155 hanya memiliki 3 lubang baut cakram, sedangkan Honda PCX 160 punya lubang baut cakram lebih banyak yaitu 5 baut. “Cakramnya harga Rp 400 ribu dan adaptornya Rp 550 ribu.”
“Harus bikin braket kaliper juga, karena diameter cakram kan lebih besar. Braket kaliper aluminium Rp 375 ribu,” sebut pria yang bengkelnya ada di Jl. Arjuna III, Utan Kayu Sel., Kec. Matraman, Jaktim.
Padettt…
Fat Motorsport: 0812-9104-9561