PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara tiba-tiba memerkan salah satu motor listrik terbarunya, yaitu Yamaha E01 di gelaran IIMS Hybrid 2022. Namun saat itu pihak YIMM belum banyak berkomentar mengenai motor tersebut.
Bahkan sama sekali tidak boleh menyalakan kontak apalagi untuk mendengarkan suara mesin listriknya. Sampai akhirnya YIMM mengadakan acara khusus untuk para awak media untuk membedah lebih dalam E01.
Yamaha E01 menjadi digadang-gadang menjadi Yamaha NMax versi listrik. Itu karena memang secara dimensi kedua motor ini hampir sebanding. Bahkan desain dan tinggi joknya sama, yaitu 755 mm.
Pelek yang digunakan juga ring 13 inci, terlihat model palangnya mirip, tapi ada sedikit perbedaan pada lekuk palang peleknya. Pelek belakang juga berbeda, karena menggunakan belt sebagai penerus tenaga dari mesin listriknya.
Baca juga: Yamaha E01 Tetap Pakai Baterai Tanam, Ini Alasan Pabrikan
Yang unik adalah model suspensi belakang, pakai sepasang suspensi pendek yang desainnya seperti monoshock motor tipe sport. Setang pakai model tinggi seperti NMax yang ditutupi cover bodi, lalu ada keyless untuk menyalakan motor tersebut.
Di bawah setang Yamaha E01 juga terdapat kompartemen yang ada di sisi kiri dan kanan. Meski bodi belakangnya terlihat tipis, tapi ternyata di bawah joknya terdapat ruang bagasi yang cukup lega.
Kapasitasnya sendiri 23 liter, mirip seperti Yamaha NMax . Tentu saja bisa menampung sebuah helm full face, tapi konsekuensinya tidak bisa menyimpan portable charger.
Spidometer yang digunakan E01 sudah fully digital dengan negative display, bentuknya mirip seperti Yamaha NMax generasi kedua. Namun tentu saja isi informasinya lebih lengkap.
Baca juga: Bukan Sewa, Yamaha E01 Bisa Dipakai Gratis oleh Masyarakat!
Paling penting ada kapasitas baterai dan riding mode. Hadir dalam tiga pilihan, yaitu ECO, STD, dan PWR. Masing-masing riding mode mempengaruhi besaran tenaga yang dikeluarkan oleh mesin listriknya.
Untuk mempermudah pengendaranya saat berada di parkiran, Yamaha E01 memiliki fitur reverse mode atau mode mundur. Ini juga menjadi salah satu kepraktisan dari motor listrik.
Karena untuk memiliki mode mundur tersebut, sistem hanya perlu mengatur ulang keluaran tenaga ke dinamonya saja. Tidak seperti di mesin konvensional, dibutuhkan transmisi khusus agar motor bisa memiliki mode mundur.
Caranya juga sangat mudah, menekan tombol R yang ada di saklar kiri sisi depan berbarengan dengan tombol Mode yang ada di saklar kanan. Selain beragam fitur yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hal yang menarik dari Yamaha E01.
Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa simak ulasannya pada channel YouTube MotoFun Indonesia di bawah ini. Jangan lupa subscribe!