Bagi Anda yang butuh motor bekas jenis skuter matic yang fungsional untuk dipakai sehari-hari, maka Honda Beat bersistem karburator bisa dilirik. Harganya yang terjangkau dan kemampuan selap-selipnya jadi nilai lebih motor tersebut.
Honda Beat bersistem karburator sendiri merupakan generasi pertama dari matic entry level Honda. Kelahirannya pada tahun 2008 silam untuk menghadang laju Yamaha Mio.
Bodinya dirancang modern dengan sudut serba tajam yang diambil dari kembarannya dari Thailand, Honda Icon. Pada versi pertama posisi sepakbor depannya mirip motor sport yang berada di atas ban.
Sedangkan model facelift hadir di tahun 2010. Pada versi tersebut, ada ubahan di area sepakbor depan yang kini menggantung pada segitiga seperti Honda Vario.
Baca Juga: Harga Bekas Honda Forza 250 Stabil di Rp 60 Jutaan, Ini 5 Daya Tariknya
Soal mesinnya, Honda Beat dibekali tipe 4-tak SOHC 108 cc berpendingin udara dengan sistem karburator. Tenaganya 8,22 PS di 8.000 rpm dan torsi 8,32 Nm di 5.500 rpm. Teknologi injeksi baru disematkan pada model 2012 ke atas dan menggusur versi karbunya.
Jika merasa kurang bertenaga, banyak juga bengkel yang bisa mengupgrade performanya. Diantaranya dengan mencangkok paket bore up menjadi 130 cc yang masih aman untuk harian, asalkan perawatan servis dan ganti olinya rutin.
Untuk kebutuhan komuter harian di dalam kota, Honda Beat karbu bisa diandalkan. Ini karena dimensinya yang kompak, ukuran panjangnya 1.859 mm, lebarnya 676 mm dan tingginya 1.053 mm.
Lalu jarak sumbu rodanya 1.240 mm dan jarak terendah ke tanah 156 mm. Bobot keseluruhannya hanya 89,3 kg juga terbilang ringan. Konsekuensinya, bagasi di bawah jok sempit dan kapasitas tangki bensinnya cuma 3,5 liter.
Meski ukuran bagasinya kecil, tapi Honda Beat generasi pertama ini dibekali fitur yang terbilang fungsional. Semisal Parking Brake Lock yang bisa menjaga posisi ban motor tetap terkunci saat parkir atau berhenti.
Selain itu ada Side Stand Switch yang bisa mematikan mesin ketika standar samping diturunkan. Pun demikian jika posisi diam, motor tak bisa distarter jika standar samping masih turun.
Usia yang lebih dari satu dekade membuat Anda perlu jeli memilih unit bekas Honda Beat karbu. Perhatikan detail bagian sambungan-sambungan bodinya. Jika patah bakal sulit diperbaiki.
Mau menggantinya pun mungkin sudah sulit ditemui dan harganya mahal. Seperti terpantau dari situs e-commerce, harga bodi bagian depan yang terdiri dari sepakbor, tebeng dan batok setang saja sudah mencapai Rp 1,25 juta untuk versi orisinal.
Itu belum harga di panel bodi belakangnya. Solusinya bisa membeli copotan atau komponen bodi imitasi yang jauh lebih murah dan melimpah di pasaran.
Dengan harga Rp 5 jutaan mungkin terdengar murah. Tapi untuk ukuran motor bekas dengan usia lebih dari 10 tahun, terbilang masih tinggi. Hal ini juga yang membuat Honda Beat sering jadi incaran berbagai kalangan.
Sebagai gambaran, dengan harga yang sama, Anda bisa menebus Honda Vario Techno karbu yang punya fitur dan desain lebih keren. Atau bahkan Yamaha Mio J yang sudah dibekali injeksi.