Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya


 

  • Mesinnya bisa bore-up sampai 130 cc.
  • Karburator lebih mudah dan murah diseting.
  • Harga bekasnya mulai Rp 5 jutaan.

Selain diincar karena desainnya yang ramping dan mungil, faktor dapur pacu juga menjadi daya tarik dari Honda BeAT generasi awal atau dikenal dengan sebutan BeAT Karbu.

Generasi pertama dari matic entry level Honda itu banyak disukai akan mesinnya, meski belum terlalu modern.

Berkubikasi 108 cc, SOHC 2 katup pendingin udara dan masih pakai karburator tipe vakum dari Keihin.

Tapi siapa sangka, karena masih karburator inilah, Honda BeAT generasi pertama banyak dicari oleh kaum hobi untuk dijadikan mainan.

Perkara output, bisa mencapai 8,22 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 8,32 Nm di 5.500 rpm.

Karakter mesinnya responsif pada putaran bawah hingga tengah, jadi pas untuk dipakai di perkotaan.

Baca juga : Harga Bekasnya Mulai Rp 5 Jutaan Doang, Ini Plus-Minus Honda Beat Karbu

Tapi selain untuk digunakan sehari-hari dan praktis dalam hal perawatan, ternyata banyak juga yang mengincarnya untuk dioprek.

Dari cara mengganti karburator tipe skep langsung, menambah kapasitas mesin bahkan mengatur ulang jalur masuk dan keluar bahan bakar.

Brosur Honda BeAT karburator.

Pada masanya, rata-rata Honda BeAT karburator ini kapasitas mesinnya bisa dibesarkan sampai 130 cc.

Hal ini semakin menunjang untuk digunakan track day atau sekedar latihan di sirkuit, bahkan juga dipakai untuk harian.

Hal lain yang membuatnya disukai untuk dioprek adalah mesinnya juga masih ringkas, tak ada banyak teknologi kekinian macam ACG Starter.

Apalagi Idling Stop System (ISS) yang jadi andalan Honda untuk mengiritkan motor matic buatannya.

Jadi walau mesin sudah bore-up, bisa diakali dengan mengganti dinamo starter yang lebih kuat, jika komponen standar tak sanggup.

Bobot dan Kaki-Kaki Honda BeAT Karbu

Produksi Honda BeAT karburator.

Jaminan kelincahan untuk harian atau di sirkuit bisa diketahui dari dimensinya. Motor ini punya panjang 1.859 mm, lebar 676 mm dan tinggi 1.053 mm.

Sumbu roda 1.240 mm membuat pengendaliannya sangat gesit, semua kalangan pun sangat mudah mengendarainya.

Baca juga : Budget Setara Honda Beat Tapi Butuh Motor Bertenaga? Lirik Honda Supra GTR 150 Bekas

Jarak terendah ke tanah 1.560 mm dengan bobot kendaraan yang cuma 89,3 kg saja! Tak perlu rangka eSAF seperti Honda BeAT terbaru untuk mengejar bobot ringan.

Kaki-kakinya sederhana, tak neko-neko tapi mumpuni, dengan kawalan suspensi teleskopik di depan dan model tunggal di belakang.

Tapi biar pun sederhana, hal ini justru jadi memudahkan untuk melakukan seting suspensi, bagi mereka yang memakainya untuk aktivitas di sirkuit.

Pilihan part-nya bertebaran, dari merek terjangkau hingga kelas premium dengan beragam setelan pun tersedia sampai saat ini.

Mesin Honda BeAT karburator.

Begitu pula soal pengereman, depan sudah pakai cakram dan belakang  masih tromol.

Dan ingat, remnya belum disisipi teknologi CBS (Combi Brake System), jadi pengendara yang memegang kendali motor sepenuhnya.

Soal ban pun tak ada masalah, pilihan ban harian atau ban balap dengan kompon lunak sangat banyak.

Untuk mengakomodir ukuran Honda BeAT karburator yang pakai profil 80/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang.

Baca juga : Mau Beli Honda BeAT 2022? Cek Dulu Yamaha Lexi, Bekasnya Cuma Rp 12 Jutaan Lho!

Harga Bekas Stabil

Gambaran harga bekas, Honda BeAT karburator.

Jika dibandingkan, peminat Honda BeAT karburator di perkotaan memang tak sebanyak di daerah-daerah atau kota kecil.

Alhasil, banyak yang berburu unit di kota untuk dipakai di kampung halaman dan dijual dengan harga pasaran setempat yang masih cukup tinggi.

Hal ini pula yang membuat harga bekas Honda BeAT generasi pertama ini stabil. Jika berminat, rata-rata melepasnya dengan banderol Rp 5 jutaan untuk harga termurah.

Tapi ada pula yang melepasnya dengan angka Rp 7 jutaan. Mengagumkan untuk sebuah motor matic entry level berusia lebih dari 10 tahun bukan?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Dapat 2 poin tambahan. Akhiri musim ketiga balap JuniorGP. Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yakni Fadillah Arbi Aditama telah menutup musim balap FIM JuniorGP 2024. Pada balap pamungkas yang berlangsung di Estoril, Portugal (27/11/2024) itu Ia berhasil menambah pundi-pundi poinnya. Rider yang akrab disapa Arbi itu harus berjuang ekstra keras untuk mendapat poin, dengan start dari posisi 20. Arbi langsung melakukan start yang agresif dan berhasil naik enam posisi pada lap pertama. Baca jug
Mesinnya bisa bore-up sampai 130 cc. Karburator lebih mudah dan murah diseting. Harga bekasnya mulai Rp 5 jutaan. Selain diincar karena desainnya yang ramping dan mungil, faktor dapur pacu juga menjadi daya tarik dari Honda BeAT generasi awal atau dikenal dengan sebutan BeAT Karbu. Generasi pertama dari matic entry level Honda itu banyak disukai akan mesinnya, meski belum terlalu modern. Berkubikasi 108 cc, SOHC 2 katup pendingin udara dan masih pakai karburator tipe vakum dari Keihin. Tapi siap
Jadi motor termahal di GJAW 2024. Merupakan motor jenis touring. Harga tembus Rp 1,4 miliar. Pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week alias GJAW 2024 yang tengah berlangsung, juga diikuti sejumlah brand sepeda motor. Pameran yang berlangsung hingga 1 Desember 2024 di ICE, BSD City ini jadi arena Harley Davidson unjuk gigi. Yup, setelah sebelumnya di IMOS 2024, pabrikan Amerika ini kembali meramaikan lantai pameran untuk memikat konsumen. Sebagai salah satu pemain motor premium, Harley Davidson me
Pakai mesin pendingin udara. Basis Haojur DL160. Debut global di Kolombia. Meski segmen motor sport semakin tergerus, tapi untuk kategori hobi seperti Honda CB150X masih cukup banyak peminat. Tentunya kalian kerap melihat motor ini dipakai untuk touring, dengan sematan box serta aksesoris pendukung lainnya. Pihak PT Astra Honda Motor pun saat peluncurannya menyebut jika mereka mengincar penikmat touring dengan motor ini. Terutamanya dari mereka yang kerap memodifikasi motor matic atau bebek, yan
Ada endapan lumpur pada filter bensin. Kadar sulfur Pertamax masih tinggi. Pertamina sebut kualitas sesuai. Beberapa hari belakangan viral video filter bensin mobil yang mampet usai mengisi Pertamax disebuah SPBU Pertamina. Pada video tersebut diketahui lokasi berada di Cibinong, Kabupaten Bogor dengan hasil filter bensin tertutup kerak. Seperti diunggah akun Instagram Infonetizone, video yang diambil disalah satu bengkel resmi Daihatsu. Disebutkan terdapat 18 mobil yang mengalami kelihan serupa

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat