Pilihan Matic Murah Bertampang Anyar, Honda Beat 2022 atau Yamaha Gear 125 2022?

  • Keduanya lahir di tahun 2020.
  • Sama-sama incar segmen anak muda.

Segmen skuter matic entry level memang jadi andalan pabrikan motor di Indonesia untuk menggaet konsumen. Dua brand besar asal Jepang, yakni Honda dan Yamaha pun punya jagoan masing-masing di segmen ini.

Harga terjangkau ditunjang mesin yang irit jadi pertimbangan konsumen. Belum lagi dari sisi kepraktisan, matic entry level punya dimensi yang cukup untuk dipakai sebagai alat transportasi harian.

Namun dari beberapa model, yang cocok dikomparasi saat ini adalah Honda Beat 2022 dan Yamaha Gear 125 2022. Karena hadir di tahun 2020. Seperti apa komparasi keduanya? Yuk, simak perbandingannya.

Baca Juga: TVS Rilis Matic Canggih, Harga Rp 19 Jutaan Punya Fitur Voice Command & Riding Mode!

Desain Sama-sama Segar

Dari segi desain, baik Yamaha Gear dan Honda Beat masih terbilang baru, karena sama-sama lahir di 2020. Untuk Honda Beat, hadir di awal tahun untuk menggantikan generasi sebelumnya. Sementara Yamaha Gear 125 dirilis pada bulan November dan menjadi model baru tanpa pendahulu.

Yamaha Gear vs Honda Beat

Honda Beat masih mempertahankan kesan sporty yang funky khas anak muda. Bodi serba tajam ditunjang dengan bentuk headlamp anyar dengan lampu LED yang membuat tampilannya lebih sporty.

Bagian kaki-kaki tetap dikawal ukuran 14 inci dengan balutan ban tubeless berukuran 80/90-14 di depan dan belakang 90/90-14. Sementara peleknya model palang V yang menggusur desain palang lima twin sebelumnya.

Sedangkan Yamaha Gear menampilkan kesan sedikit membulat dengan garis bodi ala Maxi Series Yamaha. Hal ini bisa dilihat dari desain headlamp LED yang berukuran besar plus posisi sein yang ada di sisi tebeng depan. Sedangkan lampu bagian belakangnya terlihat lebar dengan bentuk oval lebar ala Yamaha NMax.

Dari bagian kaki-kaki, desain pelek 14 inci yang bertahan sejak era Mio Sporty tetap hadir di Yamaha Gear anyar ini. Sebagai kombinasinya ada ban tubeless bertapak 80/80-14 di depan dengan 100/70-14 di belakang.

Mesin Masih Pendingin Udara

Honda Beat terbaru dibekali mesin eSP berkapasitas 109,5 cc dengan pendingin udara yang dikembangkan dari Honda Genio. Mesin berkarakter over stroke ini punya tenaga 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm per 5.500 rpm.

Honda Beat

Sedangkan Yamaha Gear punya mesin Blue Core dengan basis yang mirip dengan Yamaha Mio M3. Mesin bervolume 125 cc ini punya pendingin udara yang bertenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm per 5.500 rpm.

Fitur Komplet Buat Harian

Urusan fitur, sebagai matic entry level kelengkapan keduanya tak beda jauh. Kebanyakan lebih mendukung pada kepraktisan berkendara. Semisal bagasi yang luas, dengan volume 10,2 liter di Yamaha Gear dan 12 liter pada Honda Beat.

Keduanya juga sudah didukung dengan lampu Eco Indicator yang membantu pengendara dalam menjaga efisiensi bahan bakar saat berkendara. Tapi panel spidometer Yamaha Gear masih analog, sementara Honda Beat sudah kombinasi digital dan analog.

Yamaha Gear

Selain itu, Yamaha Gear punya fitur tambahan seperti footstep untuk anak dan double hook sebagai cantelan barang. Serta lampu hazard yang bisa dipakai saat darurat dan kunci Answer Back System di tipe S. Sedangkan Honda Beat punya rem CBS (Combi Brake System) untuk menjaga penggunaan rem belakang agar tidak slip. 

Ada juga laci di balik tebeng dengan tambahan soket elektrik untuk mengecas gadget. Fitur ini juga ada di Honda Beat anyar. Selanjutnya ada parking brake lock, side stand switch dan starter generator yang hadir di kedua model tersebut. 

Oiya, kedua model ini juga sudah dibekali sistem yang menonaktifkan mesin saat macet atau berhenti sementara. Untuk Yamaha Gear, fitur berjuluk Stop & Start System ini hanya ada di tipe tertinggi. Pun demikian dengan Honda Beat yang punya Idling Stop System untuk varian atas.

Harga Beda Tipis

Soal harga, keduanya juga punya rentang yang tak jauh berbeda. Di bulan Juli 2022 Honda Beat standar dilepas mulai Rp 17,62 juta. Kemudian tipe Beat CBS ISS seharga Rp 18,326 juta dan Beat Deluxe Rp 18,472 juta.

Lalu harga Yamaha Gear standar mulai Rp 17,395 juta dan Rp 18,15 juta pada Gear S Version yang fiturnya lebih komplet. Seluruh harga tersebut berstatus on the road Jakarta. Jadi mau pilih yang mana?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Gear 125
Lihat