Sudah Tembus Rp 92 Juta, Tengok Lagi Plus-Minus Honda CRF250 Rally 2023

Honda CRF250 Rally disukai banyak orang.
  • Hadirkan pembaruan di tahun 2021.
  • Harganya lebih tinggi dari Kawasaki Versys-X 250.

Saat meluncur pada tahun 2017 silam, harga Honda CRF250 Rally di Indonesia hanya Rp 62,9 juta dengan status on the road Jakarta. Tapi kini harganya melonjak signifikan. Pasalnya per bulan Agustus 2022 harganya sudah mencapai Rp 92,145 juta on the road Jakarta.

Kenaikan yang dialami pasca penyegaran di bulan Maret 2021 juga terbilang jauh. Di mana saat itu harganya masih Rp 87,5 juta saja. Dengan banderol tersebut membuat Honda CRF250 Rally 2023 jadi varian non moge (100-250 cc) paling mahal dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Mengalahkan CBR250RR – SP QS Garuda X Samurai yang dilepas Rp 78,577 juta atau matic gambot, Honda Forza yang kini dihargai Rp 90,3 juta. 

Dengan banderol yang cukup tinggi, tentu ada pertimbangan dari segi keunggulan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum menebus Honda CRF250 Rally 2023. Sehingga tak salah dalam memilih motor tersebut.

Nilai Plus

Pertama di bahas bagian plusnya. Karena menyasar segmen penggemar petualangan alam bebas, maka beberapa poin unggulan yang ditawarkan oleh Honda CRF250 Rally 2023 cukup banyak di kemampuannya melibas trek jelek. Mulai dari performa dan desainnya mendukung hal ini.

1. Bobotnya Makin Ringan

Seperti disebut sebelumnya, keunggulan yang ditawarkan Honda CRF250 Rally 2023 cocok buat penggemar petualangan. Mulai dari tampilannya yang mengusung desain tangguh dari Honda CRF450 Rally dari ajang Reli Dakar. 

Kini cuma 152 kg saja

Desain ini cocok untuk perjalanan touring dan semi offroad berkat penyematan floating wind screen dan shroud samping untuk perlindungan bagi pengendara. Sementara itu, suspensi dan ketinggian jok mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off road.

Bukan hanya itu, terdapat juga hand guards untuk melindungi tangan pengendara di bagian tuas rem serta kopling. Lalu ada panel under cover memberikan perlindungan mesin dari benturan dan tuas pemindah gigi dapat dilipat.

Ketimbang versi terdahulunya, Honda CRF250 Rally 2023 memiliki bobot yang lebih ringan, yakni 152 kg saja dibanding edisi 2017 yang 155 kg. Hal ini hadir berkat redesain di rangka semi double cradle dan desain cover knalpot serta singwarm.

Baca Juga: SYM MMBCU 158 2023 Matic Crossover yang Siap Acak-Acak Pasar Honda ADV 160!

2. Mesin Lebih Bertenaga

Dari segi mesin, meski secara spek tetap satu silinder 250 cc berpendingin cair, tapi tenaga dan torsinya lebih besar. Tercatat, keluaran tenaganya kini mencapai 25,6 PS dan torsi 23,1 Nm. Sedangkan versi lamanya berdaya 24,7 PS dan torsi 22,6 Nm.

Perubahan desain juga terasa pada kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar. Dari 10,1 liter, kini dapat menampung bahan bakar 12,8 liter. Klaim AHM, Honda CRF250 Rally 2023 mampu menjelajah lebih dari 445 km berkat hasil konsumsi bahan bakar 34,8 km/liter.

Bukan hanya itu, akselerasi yang lebih responsif melalui penyempurnaan pada rasio gear. Serta penyematan fitur assist/slipper clutch membuat penggunaan kopling lebih ringan dan dapat membantu engine brake yang mencegah roda belakang selip.

Baca Juga: Plus-Minus Alva One, Motor Listrik Viral yang Beneran Layak Buat Dipilih?

3. Kaki-kaki Mumpuni Buat Offroad Ringan

Honda CRF250 Rally 2023 didesain untuk dapat menaklukkan beragam kondisi jalan. Sehingga kaki-kaki motor tersebut dirancang untuk mampu melibas trek jelek sekalipun.

Untuk itu terdapat suspensi depan 43mm Inverted Front Fork Showa dan monosok di belakang. Daya pegas dan peredam telah dioptimalkan sesuai dengan karakternya untuk menjelajah jarak jauh. 

Honda CRF250 Rally 2023 hadir dengan velg alumunium dengan warna hitam Alumite kombinasi 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Serta menggunakan ban dengan pola dual purpose, depan 80/100-21 dan belakang 120/80-18.

Nilai Minus

Sekarang beralih ke nilai minusnya. Karena Honda CRF250 Rally 2023 juga ada beberapa kekurangannya lho.

1. Harga Mahal Dibanding Pesaing

Salah satu kekurangannya adalah harga yang tidak bersahabat. Dengan banderol lebih dari Rp 92 juta, produk kompetitornya terasa lebih terjangkau dan komplet untuk perjalanan jauh.

Banderol terbilang tinggi

Sebut saja Kawasaki Versys-X 250 yang dibanderol Rp 70,6 juta sudah dilengkapi dengan sepasang panniers dan fog lamps. Speknya pun mumpuni untuk touring jarak jauh.

Pun demikian dengan Kawasaki D-Tracker X 250 yang masih lebih terjangkau dengan banderol Rp 69,3 juta. Secara spek, supermoto yang sama-sama bermesin 250 cc satu silinder ini jauh lebih murah ketimbang Honda CRF250 Rally 2023.

Baca Juga: Yamaha Mio 2004 Gagal Standaran, Usung Thaistyle dan Mesin Melonjak 220 Cc !

2. Ubahan Tampang Tak Signifikan

Dari segi eksterior, meski sudah mendapat penyegaran total di tahun 2021. Baik dari segi mesin dan fitur, tapi tampilannya tetap terlihat sama secara sekilas.

Versi 2017 tak jauh beda, malah ada aksesoris kompletnya

Hal ini mungkin akan membuat Anda tak bisa membedakan lebih detail antara versi terbaru dan yang sudah berumur lebih dari 3 tahun. Meski demikian, tampilan ini memang terbilang timeless.

3. Kurang Cocok Buat Motor Commuter Harian

Dimensi panjang x lebar x tinggi dari Honda CRF250 Rally 2023 mencapai 2.230 X 920 X 1.415 mm. Hal ini membuatnya kurang lincah untuk dibawa melibas kemacetan kota.

Apalagi buat bikers pemula yang tinggi badannya di bawah 170 cm. Kurang nyaman jika kerap terjebak macet, karena tinggi jok yang mencapai 885 mm membuat kaki tak bisa menapak sempurna.

Bagaimana menurut Anda?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF250Rally
Lihat