Ducati DesertX resmi dijual di Indonesia oleh PT Legenda Motor selaku APM Ducati Indonesia dengan banderol Rp 575 juta off the road. Hadirnya motor ini di Indonesia cukup memberi pilihan yang bervariatif bagi para pecinta adventure.
Pasalnya baru-baru ini juga Ducati menghadirkan line up yang memang ditunjukan layak untuk melahap jalur off road maupun on road. Beda dengan Multistrada family yang mana lebih layak untuk melewati jalur on road.
Punya desain layaknya pacuan Rally Dakar di era tahun 80-an membuat tampilan Ducati DesertX sangat ikonik. Orang pun akan langsung menyadarinya walau hanya baru melihat desain lampu depannya.
Kaki-kaki motor ini cukup tinggi karena menggunakan lingkar pelek 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Rodanya dikombinasi dengan suspensi KYB yang punya travel cukup panjang untuk menghindari bottoming.
Untuk membawa pengendaranya ke seluruh destinasi, Ducati DesertX dibekali dengan mesin Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valvetrain, 4 klep per silinder berkapasitas 937 cc.
Baca juga: Ducati DesertX 2023 Resmi Dijual Di Indonesia! Simak Video First Impressionnya
Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Ducati Hypermotard dan Ducati Monster. Namun ada sedikit pembaharuan yang membuat bobot mesinnya lebih ringan 1,7 kg.
Dengan bobot yang lebih ringan, tentunya akan membuatnya tetap lincah saat dikendalikan terutama di jalur off road. Perbandingan transmisi juga dibuat lebih ringan agar lebih nyaman saat digunakan di jalur off road.
Bahkan Ducati membuat mesin ini lebih tangguh dengan interval servis yang cukup jauh. Mesin ini diklaim mampu melakukakan penggantian oli tiap 15.000 km atau 24 bulan dan mengecek kerenggangan katup tiap 30.000 km.
Kedua silindernya dibekali dengan piston berdiameter 94 mm yang dikombinasi langkah 67,5 mm. Pistonnya akan menggebuk perbandingan kompresi yang dipatok 13,3:1.
Baca juga: Dilepas Rp 500 Jutaan, Ducati DesertX 2023 Resmi Rilis di Indonesia
Masing-masing silinder menggunakan throttle body berdiameter 53 mm dan sudah dikontrol elektronik alias ride-by-wire system. Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini memiliki klaim tenaga maksimal 111,5 ps pada 9.250 rpm dan torsi 92 Nm di 6.500 rpm.
Torsi maksimal 92 Nm bisa dicapai hanya pada 6.500 rpm, artinya pengendara tidak perlu menggantung rpm terlalu tinggi untuk mendapatkan angkatan tenaga. Baik saat ingin menyalip maupun sedang bersenang-senang di jalu off road.
Mesin ini klaimnya punya rata-rata konsumsi bahan bakar 5,6 liter/100 km atau 17,8 km/liter. Lumayan irit juga ya?
Untuk memberi pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, Ducati DesertX dilengkapi dengan 6 riding modes, 2 diantaranya dibuat khusus untuk digunakan di kondisi off road.
Baca juga: Jadi Motor Paddock, Motor Listrik Charged Rimau Bergrafis Ducati MotoGP Tampil Keren!
Standarnya motor ini dilengkapi riding modes Sport, Touring, Urban, dan Wet. Lalu ada tambahan Enduro dan yang terbaru adalah Rally Mode, keduanya ternyata ditujukan untuk penggunaan yang berbeda.
Pada riding modes Enduro ada pengurangan tenaga dan dibuat secara sepsial pada control settings, ini membuat momen saat melahap jalur off road lebih aman dan untuk memfasilitasi para pengendara pemula.
Lalu untuk Rally Mode akan memberikan tenaga mesin paling maksimal dan mengurangi kontrol elektronik, riding modes ini didesain untuk para pengendara berpengalaman yang ingin mengeksplor lebih jauh kemampuan off roadnya.
Tiap riding modes akan memberikan sensasi karakter mesin berbeda yang tersedia dalam 4 tingkat. Ada low, medium, high, dan full yang akan merubah tenaga serta respon dari Testastretta.
Baca juga: Tembus Rp 1 Miliar, Ini Bedanya Ducati Streetfighter V4 SP dan Streetfighter V2
Mesin yang bertenaga milik Ducati DesertX, didukung juga dengan beragam perangkat elektronik canggih untuk memberikan kemudahan serta rasa aman dari pengendaranya.
Paket dari rider assistance system yang ada di motor ini mencangkup Traction Control, Wheelie Control, Engine Brake Control, Cornering ABS, Quick shifter Up & Down, dan Cruise Control untuk membuat perjalanan jauh lebih santai.
Spesifikasi Ducati DesertX 2023 | ||
---|---|---|
Mesin | Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valvetrain, 4 katup persilinder, pendingin cairan | |
Kapasitas mesin | 937 cc | |
Bore x stroke | 94 x 67,5 mm | |
Tenaga maksimal | 111,5 ps @9.250 rpm | |
Torsi maksimal | 92 Nm @6.500 rpm | |
Throttle body | Ø53 mm ride-by-wire | |
Transmisi | 6 percepatan dengan Ducati Quick Shift | |
Rangka | Tubular steel trellis frame | |
Suspensi depan | Upside down KYB Ø46 mm, fully adjustable | |
Pelek depan | Jari-jari, tubeless, 2,15 x 21 inci | |
Ban depan | Pirelli Scorpion Rally STR 90/90-21 | |
Suspensi belakang | Monoshock KYB, fully adjustable | |
Pelek belakang | Jari-jari, tubeless, 4,5 x 18 inci | |
Ban belakang | Pirelli Scorpion Rally STR 150/70-18 | |
Travel suspensi | 230 mm depan, 220 mm belakang | |
Rem depan | Cakram ganda Ø320 mm semi-floating, kaliper Brembo 4 piston monobloc radial, BOSCH Cornering ABS | |
Rem belakang | Cakram Ø265 mm, kaliper Brembo 2 piston, Bosch Cornering ABS | |
Berat kosong | 202 kg | |
Berat isi | 223 kg | |
Tinggi jok | 875 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.608 mm | |
Rake / trail | 27,6° / 122 mm | |
Tangki bensin | 21 liter |