Menyasar kaum penikmat off road, PT Astra Honda Motor (AHM) melepas Honda CRF250L 2023 untuk pasar Indonesia. Motor ini sendiri berstatus CBU dari Thailand dengan harga jual Rp 79,9 juta on the road Jakarta.
Dilihat dari sosoknya, motor ini disebut terinspirasi dari desain motocross sejati Serta menawarkan performa unggul dan bobot yang ringan. Sehingga siap menemani pecinta offroad di Indonesia untuk bermain tanah diakhir pekan.
"Kalau CRF250L ini cocok untuk kesenangan laki-laki, olahraga off road pakai motor trail, itu healing banget," kata Reza Rezdie, Technical Service Division AHM di sesi bedah teknologi Honda CRF250L beberapa waktu lalu.
Baca juga : Dilepas Rp 79,9 Juta, Begini Detail Honda CRF250L 2023
Tentu bukan tanpa alasan Reza mengatakan hal tersebut, karena memang ada beberapa keuntungan, jika dibandingkan Honda CRF250 Rally yang lebih dulu mengaspal.
Nah buat yang tertarik meminang Honda CRF250L 2023, ada baiknya simak dulu 5 daya tarik dari motor ini.
Konsep utama desain sang motor trail ditujukan untuk menjadikannya sebagai tunggangan yang dapat menempuh berbagai medan. Kesannya menegaskan bobot yang ringan pada bodi yang ramping.
"Honda CRF250L kami hadirkan melengkapi jajaran motor CRF di Indonesia untuk memberikan pengalaman offroad sejati bagi mereka yang hobi trabasan di berbagai kondisi jalan," ujar President Director AHM, Keiichi Yasuda.
Desainnya pun kekinian, dengan bodi ramping, cover lampu ringkas dengan reflektor menyudut. Penerangan lampu depan dan sein juga telah menggunakan LED untuk kesan modern serta dibalut dengan desain minimalis.
Bodinya yang ramping bakal memudahkan pengendalian saat di jalan tanah. Pada handle motor juga disematkan hand guard yang berguna untuk melindungi tangan pengendara saat trabasan.
Basis mesin yang dipakai silinder tunggal, 250 cc, DOHC 4 katup, pendingin cairan. Transmisinya 6 percepatan dengan kawalan fitur Assist/Slipper Clutch yang membantu saat terjebak dikemacetan, dan mencegah roda terkunci.
Sumber penggerak ini punya basis yang sama dengan CRF250 Rally. Seperti terlihat pada tenaganya yang mencapai 25,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm per 6.500 rpm.
Baca juga : Honda CRF250L 2023 Mau Diubah Jadi Versi Rally, Bisa?
Tapi dengan bobot yang lebih ringan, tentu saja Honda CRF250L ini akan lebih menyenangkan kala dipakai melintasi jalur gravel hingga tanah, termasuk melintasi jalur menanjak yang ekstrim.
Selain desain bodi yang dibuat ramping dan juga mesin yang mumpuni, motor ini juga ditunjang kaki-kaki istimewa agar proper untuk dipakai off road. Paduan lingkar pelek 21-18 inci jadi andalan pastinya.
Pada sektor depan, lingkar pelek 21 inci dibalut ban 80/100-21. Kawalannya ada suspensi upside down dari Showa SFF-BP dengan diameter tavung 43 mm. Dipadu rem depan cakram 256 mm dengan kaliper dua piston.
Lantas bagian belakang ditunjang pelek 18 inci berbungkus ban 120/80-18, dengan monosok Showa 260 mm yang dilengkapi preload adjuster dan Pro-link yang membantu redaman lebih halus. Lainnya ada rem cakram 220 mm kaliper satu piston.
Biar pun ini adalah sebuah motor trail, fitur yang dibawanya terhitung canggih. Misalnya lampu-lampu yang hampir seluruhnya sudah LED, kecuali lampu belakang.
Kemudian pada sektor mesin, tertanam teknologi Assist & Slipper Clutch. Dan sistem bahan bakar yang dipakai pun berbeda dari Honda CRF250 Rally, dan lebih canggih.
"Sudah terpasang LAF Sensor, lalu CKP Sensor yang berfungsi menjaga akurasi asupan bahan bakar dan udara. ECM pun beda, Rally itu 33 pin kalau CRF250L 48 pin," sambung Reza lagi.
Kemudian reluctor atau tonjolan pada magnet lebih rapat dengan 16 buah yang berjarak 20 derajat agar lebih presisi. Tak ketinggalan EVAP untuk menunjang kadar emisi agar lebih baik.
Panel meter digital pun informatif, selain info-info dasar, ada tambahan stopwatch, untuk mengetahui seberapa lama motor digunakan. Tampilannya pun persis milik Honda CRF250 Rally.
Baca juga : Bukan Cuma Bodi, Beda Honda CRF250L dan CRF250 Rally Ternyata Banyak!
Kalau ada yang bertanya, apakah dilengkapi fitur ABS, jawabannya tidak. Selain akan membuat harga lebih mahal, fitur ini pun cenderung tak terpakai saat melaju di jalur off road.
Ya harganya lebih terjangkau jika dibandingkan Honda CRF250 Rally yang kini sudah Rp 92,145 juta. Dengan harga yang lebih hemat, tentu ada banyak konsumen yang bisa memilikinya.
Apalagi banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk bisa mengendarai Honda CRF250L, dengan memodifikasi Honda CRF250 Rally. Artinya mereka harus merogoh uang lebih besar untuk membeli unit dan biaya modifikasinya.
Kemudian peminat Honda CRF250 Rally saja harus antri untuk memilikinya, dan bukan tak mungkin, bisa jadi hal yang samna terulang pada Honda CRF250L. Selisih harga tadi juga bisa untuk membeli aksesoris lain.
Dan jika dilihat, ada kompetitor sekelas yakni Kawasaki KLX 250 yang dilepas Rp 71,1 juta. Tapi motor satu ini sudah lama tak mendapatkan update baik desain atau fitur ya. Anda tergoda?
Honda CRF250L 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT | 2.229 x 903 x 1.203 mm | |
Sumbu Roda | 1.453 mm | |
Jarak Terendah | 277 mm | |
Tinggi Jok | 893 mm | |
Berat Isi | 140 kg | |
Kapasitas Tangki | 7,8 liter | |
Tipe Mesin | 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cair | |
Diameter x Langkah | 76 x 55 mm | |
Kapasitas Mesin | 249,7 cc | |
Tenaga Max | 25,6 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Max | 23,1 Nm @ 6.500 rpm | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Suspensi Depan | Upside down, Showa | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 80/100-21 | |
Ban Belakang | 120/80-18 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |