Hanya berumur singkat, Suzuki GSX-150 Bandit hadir di Indonesia. Motor tipe sport naked tersebut menawarkan posisi berkendara yang nyaman untuk penggunaan harian atau touring.
Meski penjualannya singkat, namun unit bekasnya menarik untuk dipinang. Terlebih untuk keperluan mudik, sehingga tak perlu menunggu STNK dan pelat nomor jadi, seperti halnya membeli motor baru.
Ingat, proses pembuatan STNK dan pelat nomor rata-rata butuh waktu 2 minggu. Sudah terlalu mepet, maka solusi membeli unit bekas bisa diandalkan. Toh umur motor masih terhitung muda!
Jika saat masih dijual dulu, harga terakhir dari Suzuki GSX-150 Bandit diangka Rp 27,3 juta on the road Jakarta. Maka kini harga bekasnya sudah sangat terjangkau.
Dipantau dari situs jual beli online, banderolnya mulai dari Rp 15 jutaan saja untuk lansiran 2018. Lalu lansiran 2019 sekitar Rp 16 jutaan dan tahun di atasnya mulai Rp 17 jutaan.
Baca juga : 3 Alasan Suzuki GSX-150 Bandit Bekas Lebih Layak Dipilih Ketimbang Yamaha Vixion
Namun kondisinya bervariasi, rata-rata lecet pemakaian namun ada yang pajaknya mati. Jadi kudu siap-siap budget untuk bayar pajak dan servis sebelum dipakai ya.
Kelengkapan yang dibawanya tak jauh beda dari saudara satu pabriknya seperti Suzuki GSX-S150 atau Suzuki GSX-R150, karena memang dibangun dari basis yang sama. Misalnya area kaki-kaki, rem cakram sudah tersemat pada kedua roda dengan cakram petal disc.
Bannya menggunakan Dunlop D102 dengan profil ban U, yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari, berbeda dengan ban GSX-S150 yang mengandalkan IRC Exato dengan pola tapak ban sporty dan cenderung V.
Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Lalu ada engine cut off, passing lamp dan easy start system yang sudah jadi ciri khas motor sport Suzuki terbaru. Kemudian ada panel instrumen digital dengan informasi lengkap, seperti odometer, konsumsi BBM rata-rata, trip meter A-B dan ada shift light.
Sementara untuk keamanan, sudah dibekali kunci kontak berpengaman magnet, jadi tak gampang dibobol. Lampu depan dengan teknologi LED pun sudah menjadi standar untuk motor satu ini.
Sementara untuk keamanan, sudah dibekali kunci kontak berpengaman magnet, jadi tak gampang dibobol. Lampu depan dengan teknologi LED pun sudah menjadi standar untuk motor satu ini.
Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main
Output yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 19,1 PS @ 10.500 rpm, dengan torsi maksimal 14 Nm @ 9.000 rpm. Nafas mesin terasa panjang, tak ada putusnya, untuk riding jarak jauh dengan jalanan sepi motor ini sangat mengasyikkan.
Sudah harga bekasnya murah, performa dan fiturnya pun bisa diandalkan. Nikmat bukan?
Spesifikasi Suzuki GSX-150 Bandit | ||
---|---|---|
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.000 mm x 745 mm x 1.035 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1,300 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 150 mm | |
Tinggi Jok | 785 mm | |
Berat Kosong | 135 kg | |
Jenis Mesin | Water-cooled, 4-stroke | |
Sistem Katup | DOHC 4-valve | |
Diameter x Langkah | 62.0 x 48.8 mm | |
Jumlah Silinder | 1-cylinder | |
Ratio Kompresi | 11.5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 19,1 PS @10.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 14.0 Nm @9.000 rpm | |
Sistem Pengapian | FI | |
Sistem Starter | Electric | |
Transmisi | 6-speed, return | |
Kapasitas Tangki | 11 liter | |
Suspensi Depan | Telescopic | |
Suspensi Belakang | Swingarm | |
Rem Depan | Disc (Petal) | |
Rem Belakang | Disc (Petal) | |
Roda Depan | 90/80-17(TL) | |
Roda Belakang | 130/70-17 (TL) | |
Velg | Cast | |
Aki | MF | |
Lampu Depan | LED |