Jadi salah satu motor sport touring adventure 250 cc yang banyak disukai, Honda CRF250 Rally 2023 jadi produk panas dari PT Astra Honda Motor. Motor yang didatangkan secara utuh dari Thailand ini banyak penggemarnya.
Yang berminat unit barunya pun harus bersabar karena inden. Kabarnya bisa sampai 6 bulan untuk menunggu unit pesanan tiba. Tak heran harga bekasnya cenderung stabil, bahkan naik.
Pada update yang dilakukan tahun 2021 lalu, motor ini mendapat beberapa perubahan. Salah satunya adalah tangki bahan bakar yang melonjak jadi 12,8 liter, dari sebelumnya yang cuma 10,1 liter saja.
Baca juga : Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar
Dengan tangki bahan bakar yang lebih besar, otomatis jarak tempuh yang bisa dilalui motor ini semakin jauh. Apalagi konsumsi bahan bakarnya terhitung irit lho.
Dari hasil pengetesan kami, dengan menggunakan oktan 92, bisa mencatatkan angka 32 km/liter pada informasi panel meter. Dan hasil tersebut tak beda jauh kala menghitung dengan metode full to full yang mencatat 31,3 km/liter.
Nah, dengan tangki 12,8 liter maka Honda CRF250 Rally bisa melaju sejauh 400 km nih. Lumayan jauhkan?
Bicara mesin, motor pun jadi berasa lebih responsif dibandingkan generasi sebelumnya. Kini output maksimalnya mencapai 25,7 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 23,1 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Cek Cicilan Honda CRF250L di Jakarta, Mulai Rp 3 Jutaan Aja!
Pasalnya pada tahun 2021 sektor dapur pacu mendapat upgrade yang signifikan. Mencakup sistem pendinginan, camshaft IN dan EX, boks filter, desain ulang sekat dalam perut knalpot dan perubahan timing pengapian.
Ditambah bobot keseluruhan motor juga lebih ringan, tak heran akselerasinya pun terhitung gesit. Pun soal efisiensi bahan bakar yang terhitung irit untuk penggunaan harian hingga touring.
Spesifikasi Honda CRF250 Rally | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
PxLxT | 2.230 x 920 x 1.415 mm | |
Sumbu Roda | 1.455 mm | |
Tinggi Jok | 885 mm | |
Jarak Terendah | 275 mm | |
Berat Isi | 152 g | |
Tangki | 12,8 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan | |
Diameter x Langkah | 76 x 55 mm | |
Isi Silinder | 249,6 cc | |
Rasio Kompresi | 10,7 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 25,6 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 23,1 Nm @ 6.500 rpm | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Semi double cradle | |
Sok Depan | Upside down | |
Sok Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 80/100-21 | |
Ban Belakang | 120/80-18 | |
Rem Depan | Cakram 296 mm | |
Rem Belakang | Cakram 220 mm |