Deretan Motor Matic Yamaha Berikut Ternyata Tak Punya Penerus

Motor matic Yamaha tanpa penerus
  • Yamaha masuk segmen matic sejak 2002.
  • Termasuk beberapa varian collector item.
  • Ada varian bebek matic juga.

Saat ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya beragam varian skuter matic. Mulai dari model entry level dengan banderol terjangkau, hingga varian Maxi Series yang mewah.

Yamaha sendiri dikenal sebagai pionir dari merek motor Jepang yang masuk di segmen skuter matic. Sudah lebih dari 20 tahun skuter matic perdana Yamaha Indonesia mengaspal, tepatnya 2002 silam.

Hingga saat ini, ada beberapa tipe yang masih bertahan dengan namanya sejak awal. Sebut saja Yamaha Mio Series, Yamaha Fino atau Yamaha X-Ride yang bertahan lebih dari 10 tahun. Namun, tak sedikit pula jenama yang sudah pamit dari pasar Indonesia. Ada apa saja produknya? 

Baca Juga: Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022

Yamaha Nouvo Series

Skuter matic pertama Yamaha Indonesia didapuk dari model Yamaha Nouvo. Tipe ini mengaspal pertama kali pada 2002 silam dengan bintang iklan pesepakbola asal Inggris, Michael Owen.

Generasi pertama Yamaha Nouvo tampil dengan desain sederhana. Unit berjuluk Nouvo Lele ini ditawarkan via laburan warna polos yang elegan seperti hijau tosca metallic, gold dan silver. Untuk peleknya dikawal jari-jari 16 inci. Sementara mesinnya bervolume 115 cc pendingin udara dengan sokongan kipas di sisi kanan.

Kiprah sang produk berlanjut ke model Nouvo Sporty, berpelengkap sticker body yang lebih atraktif. Kemudian, model ini diteruskan oleh generasi ke-2 yaitu Yamaha Nouvo Z pada 2005. 

Desainnya lebih sporty dengan headlamp split dan pelek palang 16 inci. Model ini sekarang menjadi incaran collector item karena masa edarnya yang singkat, hanya sekitar 3 tahun saja.

Baca Juga: Kepoin Yamaha Lexam, Si Motor Bebek Matic Premium Pada Masanya

Yamaha Soul Series

Sejarah Yamaha Soul Series dimulai pada 2007 silam dengan hadirnya Yamaha Mio Soul sebagai bagian keluarga Mio Series. Saat itu, desain gembung dengan kesan berotot menjadi kunci.

Di tahun 2012, nama Mio ditanggalkan dan berubah menjadi Yamaha Soul GT (Spesifikasi | Berita). Desainnya terinspirasi lekuk muscle car yang dinamis dan berotot. Mesinnya sendiri beralih dari 115 cc karburator menjadi injeksi dengan teknologi YMJet-FI.

Generasi ke-3 menjadi seri penutup dari Yamaha Soul. Varian ini memiliki tampilan bodi bersudut kaku ala robot. Mesinnya pun sudah mengusung tipe Blue Core 125 cc pendingin udara dengan tambahan fitur Start & Stop System (SSS) untuk efisiensi BBM. 

Sayangnya di 2022 lalu, motor ini sudah berhenti produksi tanpa ada penerus yang dihadirkan oleh Yamaha Indonesia.

Yamaha Xeon Series

Sama seperti Yamaha Soul Series, Yamaha Xeon Series juga hanya punya tiga generasi. Bahkan, ada pula unit yang dijual secara bersamaan.

Model pertama Yamaha Xeon hadir pada 2010 silam. Motor ini dirancang untuk menghadang Honda Vario Techno yang hadir lebih dulu. Sebagai modal bersaing, tertanam mesin 125 cc pendingin cair, karburator dan desain lebih sporty dari Yamaha Mio Series.

Kemudian, ada versi injeksi berjuluk Yamaha Xeon RC yang lahir di tahun 2012. Sepintas, tampilannya mirip dengan model karbunya. Tapi headlamp pada versi ini tak lagi tipe split, sementara buat lampu sein pindah dari setang ke bagian tebeng. Model ini berakhir masa edarnya pada 2015.

Masa produksi Yamaha Xeon berhenti pada 2016.

Selain varian Yamaha Xeon RC ada tipe Xeon GT Eagle Eyes yang rilis pada 2014. Mesinnya serupa, tapi tampilannya lebih mirip pada Yamaha Soul GT.

Alih-alih sebagai penerus, Yamaha Xeon GT Eagle Eyes dijual bersamaan dengan Xeon RC sebagai pilihan varian. Motor ini dilepas ke pasar hingga 2016, atau setahun pasca Yamaha Xeon RC pamit. Setelahnya, Yamaha Xeon Series tak lagi hadir di Indonesia.

Yamaha Lexam

Terakhir ada motor matic bersosok bebek, Yamaha Lexam. Nah, motor unik ini punya seteru sejenis, Honda Revo (Spesifikasi | Berita) AT. Kehadirannya sendiri dimulai pada 2011, tepatnya setahun setelah kemunculannya di pameran JMS 2010.

Yamaha Lexam, bebek matic pesaing Honda Revo AT.

Baca juga: Kepoin Yamaha Lexam, Si Motor Bebek Matic Premium Pada Masanya

Mesinnya mirip Jupiter Z Robot dengan kubikasi 113,7 cc dengan karburator Mikuni BS25-52 tipe vakum. Hanya saja desain bodinya lebih mengarah ke tampilan Yamaha Force saat ini.

Selain itu, tentu transmisinya sudah tanpa gigi alias matik berjuluk Y-CAT atau Yamaha Compact Automatic Transmission. Karena desainnya yang kurang diterima pasar, pada 2013 motor ini stop produksi.

Kalau Anda punya yang mana?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Soul GT
Lihat