Matic dengan mesin 150 cc cocok bagi pengendara yang ingin punya posisi berkendara santai namun dengan performa mumpuni, baik untuk melewati tanjakan atau sekadar menyalip dengan cepat, salah satunya Honda Vario 150 (Spesifikasi | Berita).
Di Indonesia Vario 150 hadir dalam dua generasi, pertama pada tahun 2015 yang biasa disebut LED old dan generasi kedua tahun 2018 biasa disebut LED new.
Penyebutan itu berdasarkan dengan penggunaan LED pada lampu utamanya. Perubahan desain bodi Vario 150 dari generasi pertama ke generasi kedua cukup telihat.
Honda Vario 150 generasi pertama punya desain dengan lekukan serta garis bodi yang tegas. Secara keseluruhan, bodinya menonjolkan sisi aerodinamika dengan dimensi terbilang ramping.
Baca juga: Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit?
Sedangkan Honda Vario 150 generasi kedua secara desain langsung berubah jadi lebih berisi. Ini sangat terlihat dari bodi depan dan samping yang lebih kembung. Meski begitu tetap terlihat sporty dengan sudut bodi melancip ke arah belakang.
Pada generasi pertama, LED hanya pada lampu utama, namun di generasi keduanya langsung menggunakan LED di seluruh lampu penerangannya. Mulai dari lampu utama, sein, sampai lampu rem sehingga membuatnya terlihat lebih modern.
Dari spidometer juga berbeda, generasi pertama masih andalkan analog untuk penunjuk kecepatan dan layar digital kecil untuk odometer dan fuel meter. Di generasi kedua semua kena update jadi full digital dengan informasi lebih lengkap.
Lalu keduanya dilengkapi dengan Honda Smart Key System dengan Answer Back System juga Anti-Theft Alarm, ACG Starter, ISS atau Idling Stop System, rem CBS alias Combi Brake System, dan bagasi dengan daya tampung 18 liter.
Baca juga: Menjajal Honda Supra GTR 150, Si Bebek Super Yang Responsif!
Pengendaranya semakin aman di jalan karena sudah dilengkapi ban tipe tubeless. Dengan begitu saat ban tertusuk benda tajam tidak akan langsung kempis, sehingga pengendara tetap bisa berjalan.
Basic mesin yang digunakan New Vario 150 sama seperti tipe sebelumnya, tapi ada beberapa pembeda. Seperti volume boks filter udara yang lebih besar dan knalpot yang lebih pendek dengan desain baru.
Karenanya Vario 150 LED old hanya punya klaim tenaga maksimal 12,6 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimalnya 12,8 Nm pada 5.000 rpm. Sedangkan Vario 150 LED new memiliki klaim tenaga maksimal 13,1 ps pada 8.500 rpm dengan torsi 13,4 Nm di 5.000 rpm.
Mesinnya punya karakter yang responsif sejak putaran rendah, karenanya cocok untuk perkotaan terutama kondisi stop and go. Apalagi mesin Honda juga terkenal akan vibrasinya yang minim, baik di jok maupun di setang sedikit sekali terasa getarannya. Suara dari mesin dan knalpot juga termasuk senyap.
Jika melihat beberapa situs jual beli online, Honda Vario 150 generasi pertama yang hadir pada tahun 2015 punya harga jual mulai Rp 12-16 jutaan tergantung dengan kondisi dan kelengkapannya.
Baca juga: Lama Bertahan, Akhirnya Honda Astrea Star Disuntik Mati di Malaysia
Untuk Honda Vario 150 LED New sudah bisa ditebus dengan harga Rp 17 jutaan untuk tahun 2018. Kala itu saat peluncuran pertamanya, matic ini dibanderol Rp 22,5 juta. Bagi yang ingin dapat yang lebih muda, bisa tengok Vario 150 lansiran 2019 yang ternyata punya beda berkisar Rp 1,5-Rp 2 jutaan saja. Kemudian untuk tahun 2020 masih berada di angka Rp 20 jutaan.
Sedangkan untuk tahun 2021, Honda Vario 150 LED New rata-rata dibanderol Rp 21,5 juta. Tentu saja dengan harga terendah maka kondisi motor cukup beragam. Mulai dari odometer tinggi hingga kondisi bodi yang mungkin banyak baret di beberapa bagian.
Selamat berburu!