Ada lagi produk motor bajakan, kali ini Linhai L-Max 150 yang meniru desain dari Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) model lawas.
Ya meski kini pabrikan motor asal Cina mulai mengembangkan model-model sendiri, tapi masih ada lho yang menjual produk bajakan.
Yup, seperti bisa dilihat pada foto di atas, tampilan Linhai L-Max 150 mirip dengan Yamaha XMax 250 (Spesifikasi | Berita) dari keluaran 2016 hingga 2021.
Meski bukan model bajakan dari versi terbaru yang berjuluk Yamaha XMax Connected (Spesifikasi | Berita), tapi jika dilihat sekilas mungkin banyak yang keliru.
Seperti apa persamaan dan perbedaannya?
Baca Juga: First Ride Yamaha XMax Connected 2023, Tak Berubah Banyak?
Sebagai motor kloningan, sangat jelas desain bodi jadi sasaran bajakan yang utama.
Tak mau tanggung, bentuk headlamp dan juga lampu belakang dibuat sangat mirip dengan versi aslinya.
Begitu juga sepasang sein depannya yang tertanam di leg shield yang jadi ciri khas motor Maxi Yamaha.
Tak ketinggalan, kemiripan di sektor front fascia ada pada penggunaan windshield tinggi khas skuter gambot.
Desain panel cover tangkinya memang sedikit berbeda, namun bodi belakangnya terlihat mirip.
Di mana lekuk tegas dan kesan menggembung khas XMax masih terlihat di Linhai L-Max 150.
Selain tampang, beberapa fitur yang hadir di XMax pun dipasang pada kloningannya ini, termasuk kunci keyless, panel TFT, ABS Dual Channel, TCS, dan USB charger.
Baca Juga: Sensasi Diboncengin Pakai Yamaha XMax Connected, Masih Ngangkang?
Mesin Blue Core bervolume 250 cc di Yamaha XMax pun tentunya absen di Linhai L-Max 150.
Karena seperti namanya, motor ini mengusung mesin 1-silinder berkapasitas 150 cc.
Tenaga mesin berpendingin cair ini mencapai 14,3 PS di 8.000 rpm dan torsi maksimum 13,2 Nm per 6.000 rpm.
Perbedaan lain yang bisa dilihat dari Linhai L-Max 150 adalah detail tampilan dan sektor kaki-kaki.
Pada detail tampilan, perbedaan hadir di panel 'kuping' sisi windshield yang hilang pada model bajakannya.
Selain itu, posisi cakram depannya ada di sisi kiri seperti matic Honda yang ada di Indonesia.
Kemudian karena bermesin 150 cc, Linhai L-Max 150 punya radiator di sisi kanan, seperti NMax.
Lalu bentuk palang kaki-kakinya pun beda, lantaran memakai pelek palang dengan ban masing-masing berukuran 120/70-R13 dan 130/70-R13.
Perbedaan terakhir adalah harganya, karena motor yang khusus dijual di Cina itu dilepas 14.880 Yuan atau setara Rp 31 juta.
Hanya kurang dari setengah Yamaha XMax asli yang dijual Rp 60 jutaan.
Kacaww...!