Dilepas Rp 198 Juta, Vespa : Jualan Elettrica Gak Susah

Vespa Elettrica.
  • Dijual Rp 198 juta.
  • Jumlah unit yang datang terbatas.
  • Dijual di dealer Motoplex 4 brand.

PT Piaggio Indonesia (PID) telah menjual Vespa Elettrica sejak 10 Agustus 2023 lalu, tepat pada hari pertama pameran GIIAS 2023.

Motor listrik tersebut sudah banyak ditanyakan oleh awak media, bahkan sejak pertama kali muncul dan debut untuk pasar global.

Selama ini pihak PID mengatakan selalu menunggu momentum yang tepat untuk bisa menjual produk ini, sembari menunggu kesiapan jaringan dan bengkel.

Kini usai dirilis, Vespa Elettrica bisa didapatkan dengan banderol Rp 198 juta on the road Jakarta.

Jumlah unit yang dijual pun terbatas, meski tak disebutkan secara pasti berapa jumlahnya.

"Yang pasti ini terbatas, kalau untuk berapa unitnya kita tak bisa disebutkan, namun benar-benar terbatas," ujar Ayu Hapsari, BTL, PR and Communications Manager PID.

Ayu juga menyebutkan unit pesanan konsumen sudah ada yang dikirimkan, meski sampai saat ini pihak PID tetap melakukan roadshow.

Baca juga : Cicilan Vespa Elettrica Bisa Nol Persen, Intip Skemanya

Panel meter full digital TFT.

"Beberapa sudah ada yang dikirim, kalau dibilang susah kita gak susah jual motor ini, karena punya uang pun belum tentu bisa punya," sambungnya.

Tentunya ini terkait dengan jumlah unit yang terbatas, dan penjualannya disebar ke jaringan Motoplex 4 Brand yang ada di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Bali.

Sekilas Vespa Elettrica

Sebagai motor listrik, Vespa Elettrica menggunakan baterai lithium-ion yang tertanam pada motor, buatan LG Chem.

Spesifikasi baterai yang punya berat mencapai 25 kg ini adalah 4,2 kWh dengan voltase 48,1 volt, 86,4 Ah yang dilengkapi dengan BMS atau Battery Management System.

Pakai baterai tanam.

Pengisian baterai membutuhkan daya 1.500 watt bertegangan 220 V yang setidaknya memakan waktu 4-8 jam tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian.

Selain baterai besar, Vespa Elettrica juga masih pakai aki biasa, dengan daya 12 volt 6 ampere yang sama seperti varian Vespa lain.

Baca juga : Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica

Tugasnya untuk menghidupkan kelistrikan motor dan memberikan arus atau daya ke Vehicle Management System atau VMS.

Tanpa baterai kecil ini, motor tidak akan bisa hidup karena VMS tidak mendapatkan daya.

Masih pakai gearbox.

Seperti halnya pada motor bensin, aki yang akan mendapat pengisian daya dari regulator, aki motor listrik ini juga akan diisi dayanya saat berjalan.

Meski punya dimensi bodi yang tak terlalu besar, bobot Vespa listrik ini terhitung berat, karena mencapai 130 kg.

Rinciannya adalah bobot motornya yang 105 kg dan bobot baterainya sampai 25 kg. 

Komponen kelistrikan Vespa Elettrica sendiri sudah bersertifikat IP65, yang membuatnya tahan debu dan air bertekanan rendah.

Spesifikasi Vespa Elettrica 2023
Tenaga maksimal mesin listrik 4 kW
Tenaga mesin listrik 3,6 kW
Torsi maksimal mesin listrik 200 Nm (On wheel)
Voltase baterai 48,1 V
Kapasitas baterai 86,4 Ah
Tenaga baterai 4,2 kWh
Cell baterai LG Chem
Pengisian baterai 4-8 jam
Umur baterai 1.000 cycles
Kecepatan maksimal 67-70 km/jam (Power Mode), 40 km/jam (ECO Mode)
Berat baterai 25 kg
Ban depan 110/70-12
Ban belakang 120/70-11
Rem depan Cakram Ø200 mm, with CBS
Rem belakang Tromol Ø140 mm, with CBS
Panjang sumbu roda 1.350 mm
P x L x T 1.870 mm x 735 mm x 1.150 mm
Tinggi jok 790 mm
Berat isi 130 kg (Dengan baterai)
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Ternyata Harga Bodi Honda Vario 160 Lebih Mahal dari Rangka eSAF!

Bodi Honda Vario 160 punya 40 item. Harga sasis eSAF di bawah Rp 1,5 juta. Rangka Honda Vario 160 yang mengusung teknologi eSAF sedang jadi perbicangan panas, karena banyak kasus terkena karat. Motor itu sendiri saat ini ditawarkan dengan dua varian, diantaranya Honda Vario 160 CBS sebagai tipe standar yang dibedakan dalam dua grafis bodi, Active dan Grande. Sementara tipe tertinggi hadir di tipe Honda Vario 160 ABS yang diimbuhi peranti pengereman cakram di kedua roda. Serta fitur ABS sebagai p

Turunkan 40 Pembalap di Yamaha Sunday Race Mandalika, YROI Dominasi Podium!

Sebanyak 40 pembalap YROI tersebar di beberapa kelas. Turut merayakan hari jadi YROI ke-9 tahun. Gelaran balap bertajuk Yamaha Sunday Race seri pertama (19-20/8) di Pertamina Mandalika International Circuit menyisakan kabar gembira bagi semua anggota YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia) di seluruh chapter. Ini karena hampir semua tahta tertinggi di kelas komunitas berhasil diraih tim YROI yang totalnya menerjunkan lebih dari 40 pembalap pada setiap kelas. Kelas yang diikuti mulai dari Aerox 155 pe

Honda : Bukan Karat, Bercak Cokelat Pada Rangka eSAF Adalah Silikat

Klarifikasi lewat akun Instagram resmi. Bercak cokelat adalah silikat, bukan karat. Silikat disebut lapisan yang melindungi dari korosi. Setelah heboh dan viral diberbagai platform sosial media, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan klarifikasi soal masalah rangka eSAF. Rangka motor yang merupakan singkatan dari enhanced Smart Architecture Frame itu banyak dikeluhkan berkarat, keropos hingga patah. Klarifikasi diberikan kepada masyarakat lewat akun Instagram resmi mereka @welovehonda se

Eksis di Taiwan, Harga Suzuki GSX-150 Bandit Tembus Rp 57,5 Juta!

Spesifikasi mirip dengan di Indonesia. Dirilis sejak tahun 2020. Motor sport tipe naked touring Suzuki GSX-150 Bandit memang sudah tak lagi dijual di Indonesia sejak tahun 2022 lalu. Namun di negara lain, ternyata Suzuki GSX-150 Bandit masih eksis. Yup, motor ini terpantau masih eksis di Taiwan. Di negara yang ibukota Taipei tersebut, motor sport naked itu ditawarkan dengan banderol yang tinggi lho. Pasalnya dipantau dari situs Suzuki Taiwan, harganya di sana mencapai 120.000 TWD atau setara Rp

Yamaha Sunday Race Mandalika : Pengalaman Perdana dan Tantangan Seting Motor

Peserta ada yang jalan darat dua hari pakai bus. Cuaca Mandalika bikin sulit seting motor. Masih ada seri kedua Desember mendatang. Gelaran Yamaha Sunday Race 2023 seri perdana telah berlangsung pada akhir pekan kemarin, dengan diadakan di lokasi yang baru. Yup setelah sejak 2015 selalu diadakan di sirkuit Sentul, Bogor, kini balap satu merek itu diadakan di sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok. Tak hanya tim dan rider profesional, namun juga komunitas dengan bengkel kepercayaannya ikut meramaika

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Vespa Elettrica
Lihat