Pekan lalu PT Piaggio Indonesia resmi merilis Vespa GTV 300 2023, harganya mencapai Rp 176 juta on the road Jakarta. Banderol tersebut lebih tinggi dari pendahulunya yang berstatus spesial.
Sebab, sebelumnya Vespa ini masuk ke Indonesia dalam edisi spesial Sei Giorni II dijual dengan harga Rp 166 juta yang hanya ada 300 unit saja.
Tapi justru di varian 'reguler' kali ini Vespa GTV 300 harganya naik Rp 10 juta.
Tentu ada sejumlah perbedaan yang tersemat pada versi terbaru ini yang mendongkrak harganya menjadi lebih mahal. Dan berikut sejumlah perbedaan detailnya.
Dari luar, warna bodi keduanya langsung jadi pembeda yang tampak signifikan. Sebab sejak pertama kali diluncurkan pada 2006, selalu mengusung konsep yang konsisten.
Yaitu lewat headlamp “faro basso” atau lampu utama khas yang rendah dengan penempatan di sepatbor depan, serta setang polos tanpa cover.
Baca juga : Dilepas Rp 198 Juta, Vespa : Jualan Elettrica Gak Susah
Vespa GTV 300 2023 mengusung warna Beige Sabbia. Terdapat kombinasi menarik antara warna khas Beige dengan corak grafis oranye yang kontras di sepanjang panel kendaraan.
Tampilan sporty pada Vespa GTV 300 ini pun semakin menonjol, terlihat dari trim hitam doff yang disematkan pada beberapa panel bodinya.
Lalu pelek palang limanya juga hadir dengan desain baru, dengan warna cat hitam doff serta grafis oranye.
Tak ketinggalan, cover setang bagian depan tak lagi smoked transparan, namun sudah sewarna bodi.
Sementara Vespa GTV Sei Giorni II dilabur warna berjuluk Grey Titanio dengan nomor start putih yang kontras.
Seperti namanya, edisi sebelumnya memang menjadi penghargaan atas kemenangan di lomba Sei Giorni Internazionale pada 1951 silam.
Baca juga : Calon Gorengan, Vespa Kenalkan Primavera Mickey Mouse Edition
Kesan klasik dari penggunaan spidometer analog pada versi Sei Giorni II langsung berubah pada edisi 2023.
Pasalnya, terdapat panel spidometer baru yang sudah full digital berupa layar LCD berwarna.
Penggunaan instrumen LCD baru juga memungkinkan pengguna mengakses berbagai informasi perjalanan yang ditampilkan secara lengkap.
Mulai dari kecepatan maksimal, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar saat ini, konsumsi rata-rata, jarak tempuh, hingga status daya baterai.
Selain itu, pengguna juga bisa menghubungkan kendaraan dengan smartphone menggunakan Vespa MIA (tersedia sebagai aksesori terpisah) untuk melihat berbagai notifikasi lain seperti panggilan, pesan hingga musik.
Selain itu, ada juga fitur-fitur baru seperti sistem keyless atau tanpa kunci yang sebelumnya tidak disematkan pada varian ini.
Lalu terdapat juga penggunaan lampu LED yang menyeluruh pada lampu depan khas milik GTV dan juga mempertahankan LED di bagian belakangnya.
Model anyar ini juga dilengkapi dengan fitur sebelumnya, seperti port USB yang terletak pada kompartemen penyimpanan depan.
Serta sudah dilengkapi juga dengan ASR electronic traction control dan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS).
Pun demikian dengan mesinnya yang tetap memakai 300 cc HPE (High Performance Engine) bersistem pendingin cair. Mesin ini punya daya 23,8 PS yang sama seperti sebelumnya.
Jadi, lumayan juga ya bedanya...