Pabrikan motor asal Jepang tak mau ketinggalan meramaikan era motor listrik, terbaru ada Kawasaki yang merilis Ninja e-1 dan Z e-1.
Kedua motor ini sendiri punya spesifikasi motor listrik sebagai sumber penggerak, yang performanya setara dengan motor bermesin 125 cc.
Motor listrik tipe brushless yang halus bertenaga 5 kW serta torsi 40,5 Nm jadi andalan, yang potensinya bisa ditingkatkan hingga 9 kW.
Fitur baterai ganda yang bisa dilepas juga bisa terhubung secara paralel. Pabrikan meyakini hal tersebut bisa memberi peningkatan efisiensi pengisian daya, dibanding rangkaian seri.
Masing-masing bateraiberkapasitas 30 Ah, yang secara efektif menyediakan kapasitas total hingga 60 Ah.
Baca juga : Kawasaki Ninja Versi Listrik Siap Dijual Massal, Bakal ke Indonesia Juga?
Perkara pengisian daya, bisa dengan melepas baterai atau bisa juga langsung dimotor dengan konektor yang tersedia di bawah jok.
Baterai berjenis Li-Ion sudah tertanam indikator daya, juga punya desain yang memudahkan proses pelepasan baterai dari motor.
Tanpa kopling tangan dan transmisi, mengendarai motor ini hanya cukup putar tuas gas saja, serta memiliki dua riding mode, yakni Road dan Eco.
Tak cuma itu, ada pula opsi e-boost untuk merasakan potensi output hingga 9 kW serta kecepatan puncak mencapai 99 km/jam.
Kawasaki juga melengkapi motor ini dengan aksesoris berupa jok Ergo Fit yang membuat posisi duduk lebih tinggi 30 mm.
Dari namanya tentu sudah jelas, keduanya menggunakan basis bodywork yang sama dengan Ninja 400 dan Z400 versi mesin bensin.
Hanya saja untuk kaki-kaki disebut pakai kelengkapan yang mirip dengan Ninja 300 juga Z300, yang kemungkinan untuk menyesuaikan outputnya.
Kemudian bobot motornya diangka 135 kg untuk model Z e-1 dan 140 kg untuk model Ninja e-1, karena perbedaan desain bodi yang ditawarkan.
Paduan warna metallic bright silver dan metallic lime green, akan menjadi signature untuk motor listrik Kawasaki, termasuk untuk model selanjutnya.
Sayangnya belum ada informasi resmi mengenai harga jual kedua motor yang sudah dirilis untuk pasar Eropa itu.
Baca juga : Baru Rilis, Kawasaki Ninja ZX-6R 2024 Langsung Jadi Incaran di Indonesia
Sejauh ini dari empat raksasa brand motor asal Jepang, praktis hanya Kawasaki yang sudah punya produk massal dengan ukuran motor penuh.
Lainnya hanya membuat motor listrik berwujud skuter kecil, semisal Honda EM-1 e: yang juga sudah dirilis untuk pasar Indonesia.
Sementara Yamaha meski sudah punya model skuter E01 yang dimensinya mirip Yamaha NMax, namun belum dilepas ke pasar sampai saat ini.
Melihat pergerakan pabrikan Jepang memang cenderung lamban, padahal secara market, pabrikan asal Amerika Serikat, Zero Motorcycles sudah menjual motor listriknya satu dekade terakhir.
Kemudian ada Harley-Davidson dengan brand LiveWire juga Energica, yang merupakan pabrikan asal Italia.
Kayanya pabrikan Jepang gak mau buru-buru nih!