Desain motor yang apik pasti kerap jadi kiblat untuk diikuti atau malah ditiru keberhasilannya, seperti halnya Modenas Karisma 125S.
Motor tersebut bukanlah racikan Honda, melainkan dilahirkan oleh Modenas yang merupakan singkatan dari Motosikal dan Enjin Nasional.
Modenas sendiri merek lokal Malaysia yang sudah memperkenalkan Modenas Karisma 125 sejak 2003 sebagai debut matic pertamanya.
Kemudian di tahun 2016 lahirlah Karisma 125 facelift sebagai generasi kedua.
Hingga pada akhir bulan Februari 2022 ini Modenas memperkenalkan generasi ketiganya yang diberi nama Modenas Karisma 125S.
Baca juga: Pilihan Pelek Keren Honda Vario Series, Dari Harga Rp 700 Ribuan Sampai Rp 14 Jutaan!
Ketika melihat desain Karisma 125S tentu saja yang terlintas di benak adalah desainnya yang mirip dengan Vario lansiran 2015-2018 atau biasa disebut Vario LED Old.
Lekuk bodi yang serba tajam tentu jadi ciri paling kuat.
Gak hanya di bodi, bisa dilihat juga kalau pelek ring 14 incinya punya desain palang yang juga identik dengan Vario.
Palangnya model Y spoke dengan kelir abu-abu yang membuat tampilannya kian sporty.
Namun yang jadi pembeda adalah desain lampu utama Karisma 125S yang terlihat lebih besar seperti mata melotot.
Beda dengan Vario yang justru seperti mata sipit. Kemudian ada juga DRL (Daytime Running Light) juga sein di atasnya yang semua sudah LED.
Sedangkan jika melihat lampu depannya, sekilas mengingatkan akan milik Jupiter Z1.
Namun sedikit berbeda karena lampunya lebih sipit dan sudah menggunakan LED. Yang juga identik dengan Vario adalah desain knalpotnya.
Baca juga: Cicilan Honda Vario 160 2022 Mulai Rp 900 Ribuan, Siapkan Uang Muka Segini
Modenas Karisma 125S dilengkapi 3 pilihan warna. Ada Aqua Blue, Duchess Gold, dan Mystic Red.
Ketiga warnanya dikombinasi dengans striping pada sekujur bodinya yang cukup ramai untuk memberi kesan urban.
Yang jadi pembeda besar ada di sektor mesin. Jika Honda Vario menggunakan cairan untuk menjaga suhu mesinnya.
Modenas Karisma 125S cuma mengandalkan udara yang dihembuskan melalui kipas yang menempel pada magnet.
Selain itu perbandingan kompresi yang digunakan hanya 10:1, lebih rendah dari Vario 125 yang punya perbandingan kompresi 11:1.
Namun selebihnya Karisma 125S punya spesifikasi yang mirip dengan Vario 125.
Bahkan diameter piston dan langkahnya sangat mirip, pakai diameter piston 52,4 mm dengan langkah 57,9 mm.
Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini klaimnya punya tenaga 9,5 ps di 7.500 rpm dan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm.
Baca juga: Ini Bukan Honda Vario 160 2022 Tapi Motoposh Evo 125, Mocin Yang Mirip Vario Series!
Kemudian jika Vario punya teknologi eSP kepanjangan dari enhanced Smart Power, Karisma 125S juga sebutan teknologi sendiri.
Yang diusung adalah EEV yang berarti Energy Efficient Vehicle. Selebihnya mesin ini sudah berstandarisasi Euro 4.
Pertama ada fitur hazard untuk memberi tanda saat dalam keadaan darurat, tentunya fitur ini tidak dimiliki oleh Vario series.
Lalu di bawah setangnya terdapat sepasang kompartemen, yang sebelah kiri sudah dilengkapi dengan USB power socket.
Di bawah joknya terdapat ruang bagasi yang lumayan besar, kapasitasnya mencapai 14 liter dan bersanding dengan tangki bensin 5,1 liter.
Yang unik adalah spidometernya yang lagi-lagi menyerupai Vario.
Pakai desain spidometer segi enam dengan kombinasi analog dan digital.
Untuk kunci kontaknya masih pakai kunci konvensional dengan penutup magnet sebagai fitur keamanannya.
Baca juga: Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi
Dengan segala kelengkapannya, Modenas Karisma 125S dibanderol RM 5.397 atau sekitar Rp 18,420 juta saat dikonversi menjadi Rupiah.
Kalau motor ini dibawa ke Indonesia, kira-kira bisa bersaing dengan Vario yang sesungguhnya gak nih?
Spesifikasi Modenas Karisma 125S | ||
---|---|---|
Mesin | 4 tak, pendingin udara, SOHC | |
Bore x stroke | 52,4 mm x 57,9 mm | |
Kapasitas mesin | 124,8 cc | |
Perbandingan kompresi | 10:1 | |
Tenaga maksimal | 9,5 ps @7.500 rpm | |
Torsi maksimal | 10 Nm @6.000 rpm | |
Kapasitas oli | 0,85 liter | |
Sistem bahan bakar | Fuel injection | |
Tipe kopling | Kering sentrifungal | |
Transmisi | V-belt otomatis | |
P x L x T | 1.890 x 670 x 1.120 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.250 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 120 mm | |
Tinggi jok | 770 mm | |
Berat | 108 kg | |
Kapasitas tangki bensin | 5,1 liter | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Swing arm, monoshock | |
Ban depan | 80/90-14M/C | |
Ban belakang | 90/90-14M/C | |
Rem depan | Cakram | |
Rem belakang | Tromol |