Di era yang semakin modern saat ini, umumnya motor-motor kecil bermain direntang kapasitas 110-125 cc.
Tapi ternyata masih ada loh motor baru yang dijual dengan bentuk klasik, tapi menggunakan mesin 50 cc.
Itu adalah WMoto RTR50 yang merupakan merek asal Malaysia. Dan jika melihat tampilannya maka akan langsung membuat nostalgia dengan Honda C50.
Tentunya karena motor ini punya bentuk seperti Honda C50 yang khas dengan rangka monokok.
Namun RTR50 sudah menggunakan suspensi depan teleskopik, tentu suspensi ini juga punya redaman lebih baik dibandingkan milik original C50.
Lampu utama bulat khas motor klasik terpasang apik di setang, ini bersanding juga dengan sein bulat besar yang ditanam di cover setang membuatnya makin mirip dengan C50.
Baca juga: Galeri Foto: WMoto Gooze 700, Motor Rp 287 Jutaan yang Punya Sespan dan Fitur Unik
Di bawah setangnya terdapat sayap plastik putih yang tidak terlalu lebar, kemudian joknya pakai model pisah untuk pengendara dan pembonceng, klasik banget ya?
Motor ini cukup ramping karena menurut data spesifikasinya hanya memiliki panjang 1.840 mm dengan lebar 690 mm dan tinggi 1.080 mm, panjang sumbu roda pun hanya 1.230 mm.
Dengan dimensi tersebut RTR50 punya berat kosong hanya 86 kg, cukup ringan kan?
Bahkan di lembar spesifikasinya dituliskan kalau motor ini rekomendasinya hanya bisa menopang beban maksimal 150 kg.
Di sektor kaki-kaki RTR50 pakai spesifikasi seperti motor bebek pada umumnya, tak ada yang istimewa.
Seperti penggunaan pelek jari-jari dengan balutan ban 2.50-17 di depan dan 2.75-17 di belakang.
Baca juga: Ini Modal WMoto Greta 150 Buat Senggol Honda Scoopy
Remnya sendiri masih mengandalkan tipe tromol baik depan maupun belakang.
Tak heran, karena memang motor ini dilengkapi mesin 50 cc saja sehingga rasanya belum membutuhkan rem model cakram.
Untuk kembali memberikan kesan klasik, kedua suspensi belakangnya menggunakan cover pelat berlapis chrome dengan dimensi cukup panjang.
Sebagai pemanis motor ini hadir dalam 3 pilihan warna dual tone yang bisa dipilih, ada biru, biru muda, dan abu-abu.
Sesuai dengan namanya, motor ini dibekali dengan mesin 1 silinder SOHC 2 katup,4 percepatan, pendingin udara, dan masih mengandalkan karburator untuk pengkabutannya.
Baca juga: Mencicipi Sensasi Berkendara WMoto EDraco, Langsung Terasa Bedanya!
Kapasitas murni mesin ini hanya 49,4 cc hasil dari kombinasi diameter piston yang hanya 39 mm dan panjang langkah 41,4 mm.
Jadi wajar deh kalau klaim tenaga maksimalnya cuma 2,7 ps di 7.500 rpm dan klaim torsi 2,8 Nm pada 8.000 rpm, bahkan klaim kecepatan maksimal pun cuma 45 km/jam.
Dengan dimensi yang ramping juga ringan, ditambah tenaga tidak terlalu besar rasanya motor ini cocok sekali digunakan untuk pengendara pemula atau anak sekolah yang sudah memiliki SIM.
Sayangnya motor ini belum dijual di Indonesia, baru dijual di Malaysia dengan harga 2.600 Ringgit atau sekitar Rp 8,6 jutaan.
Murah!
Spesifikasi WMoto RTR50 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 1 silinder, 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas mesin | 49,4 cc | |
Bore x stroke | 39 x x41,4 mm | |
Tenaga maksimal | 2,7 ps @7.500 rpm | |
Torsi maksimal | 2,8 Nm @6.000 rpm | |
Kecepatan maksimal | 45 km/jam | |
Pengapian | CDI | |
Suspensi depan | Hydraulic pressure dan spring complex | |
Suspensi belakang | Hydraulic pressure dan spring complex | |
Rangka | Steel tube dan armor plate complex | |
Rem | Tromol | |
Ban depan | 2.50-17 | |
Ban belakang | 2.75-17 | |
P x L x T | 1.840 x 690 x 1.080 mm | |
Sumbu roda | 1.230 mm | |
Beban maksimal | 150 kg | |
Berat kering | 86 kg |