Ada pemandangan tak umum yang ditemui pada Honda Stylo 160, di mana bagian pelek terutama tutup pentilnya ternyata tidak simetris.
Kehadiran Honda Stylo 160 sejatinya memberikan penyegaran pada line up matic buatan PT Astra Honda Motor (AHM). Misalnya saja dari sisi desain, dengan tampilan retro-modernnya khalayak kini mendapatkan opsi baru selain Honda Scoopy.
Tentu saja, wujud yang ditawarkan lebih segar dengan perawakan bak skuter Eropa tapi dibuat cenderung meruncing. Namun untuk kaki-kaki, memang Honda Stylo menggunakan pelek 12 inci yang mana serupa kepunyaan Scoopy.
Kendati begitu, desain keduanya berbeda karena pelek Honda Stylo 160 memiliki desain palang "Y" sementara Scoopy menggunakan motif palang lima ganda.
Satu lagi yang jua berbeda, tutup pentil Honda Stylo 160 rupanya tidak sejajar dengan palang peleknya. Terlihat bahwa tutup pentilnya justru sedikit keluar sehingga tidak simetris.
Baca juga: Empat Pabrikan Jepang Sepakat Kembangkan Motor Hidrogen
Pemandangan demikian rupanya bukan kesalahan produksi, melainkan sengaja dibuat untuk memudahkan pemilik Honda Stylo 160.
Desain pelek 12 inci dengan motif palang cenderung rapat memang memberikan kesulitan tersendiri pada giat pengisian angin ban motor.
Dengan desain tutup pentil seperti ini, maka empunya Honda Stylo 160 akan mudah saat membuka tutup pentil ketika ingin mengisi angin ban motor.
Selain desain gres, performa yang ditawarkan Honda Stylo 160 juga menjadi pilihan anyar diantara Honda PCX 160, Honda ADV 160 hingga Honda Vario 160.
Sebagaimana diketahui, Honda Stylo 160 mengandalkan mesin 4 katup eSP+ berkapasitas total 156,9 cc. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm.
Baca juga: Ribuan SPK Honda Stylo 160 Masuk Kantong, Main Dealer ini cuma Butuh 6 Hari!
Honda Stylo 160 hadir dalam dua varian yaitu CBS dan ABS. Honda Stylo 160 CBS sendiri saat ini dijual Rp27.550.000. Sementara Honda Stylo 160 ABS dibanderol Rp30.425.000 (on the road Jakarta).
Spesifikasi Honda Stylo 160 | |||
---|---|---|---|
Tipe mesin | 4 Langkah, 4 Katup, eSP+, pendingin cairan | ||
Kapasitas mesin | 156,9 cc | ||
Bore x stroke | 60 x 55,5 mm | ||
Rasio kompresi | 12:1 | ||
Tenaga maksimal | 15,4 Ps @8.500 rpm | ||
Torsi maksimal | 13,8 Nm @7.000 rpm | ||
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | ||
Sistem starter | Elektrik | ||
Sistem transmisi | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering | ||
Kapasitas Oli | 0,8 liter (Penggantian Periodik) | ||
Tipe rangka | Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) | ||
Ukuran ban depan | 110/90 - 12 M/C Tubeless | ||
Ukuran ban belakang | 130/80 - 12 M/C Tubeless | ||
Rem depan | 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & 190 mm Cakram Hidrolik (CBS) | ||
Rem belakang | 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & Tromol (CBS) | ||
Sistem pengereman | Anti-Lock Braking System (ABS) & Combi Brake System (CBS) | ||
Tipe suspensi depan | Teleskopik | ||
Tipe suspensi belakang | Swing Arm dengan Suspensi Tunggal | ||
P x L x T | 1.886 x 706 x 1.133 mm (ABS) | ||
1.886 x 701 x 1.133 mm (CBS) | |||
Jarak sumbu roda | 1.275 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 151 mm | ||
Tinggi tempat duduk | 768 mm | ||
Berat kosong | 118 kg (ABS) | ||
115 kg (CBS) |