Seorang wanita pemilik Vespa LX125 di Malang, Jawa Timur viral di media sosial TikTok karena skuter matic miliknya selalu mati mendadak.
Parahnya, pemilik yang diketahui bernama Bella Anggita Putri tersebut, mengaku bahwa Vespa LX125 milikny tergolong baru, karena dibeli pada 23 April 2024.
"BELI VESPA BARU DAPAT CACAD (cacat) PRODUKSI," tulis Bela dalam akun Tiktok @bella_anggitaa1 yang diunggah dua hari lalu.
Bella pun akhirnya mengeluh di akun Tiktoknya karena Vespa LX125 barunya sering mati, dimana awalnya terjadi saat lampu merah, hingga lima kali kejadian.
Baca juga: Banyak yang Baru, Intip lagi Perbedaan Vespa Primavera dan Sprint 2024
Hal inilah yang membuat Bella, pada 19 Mei 2024 memutuskan untuk menyampaikan keluhannya kepada pihak dealer.
Keesokan harinya, pada 20 Mei 2024, Bella akhirnya membawa skuter berkelir putih tersebut ke dealer, dan pihak mekanik hanya menyebutkan error, sehingga ada beberapa hal yang direset.
Namun masalah kembali terjadi, setelah tiga hari dipakai tanpa masalah, maka pada 23 Mei 2024, motor milik Bela Kembali kumat.
"Selang 4 hari setelah pulang dari dealer Vespa tetap mati-matian, motor belum keluar STNK & BPKB," sebut Bella.
Bella akhirnya kembali ke dealer pada tanggal 25 Mei 2024 dan skuter maticnya terpaksa harus menginap di bengkel.
Baca juga: Review Lengkap Vespa Elettrica, Motor Listrik Seharga Rp 198 Juta!
Namun selang empat hari, masalah pada motornya belum terselesaikan. Orang dealer mengabarkan Bella ada pembongkaran spul magnet.
Maka, setelah hampir seminggu di bengkel, pada tanggal 31 Mei 2024 Vespa itu kembali diambil.
Hanya saja, pada 2 Juni 2024, masalahnya kembali kumat, mesin sering mati, dan suaranya tidak stabil, hingga akhirnya kembali komplain ke dealer.
Menurut Bella, keputusan untuk minta ganti unit tidak bisa dilakukan, bahkan dia menyebutkan Piaggio Indonesia tidak memiliki garansi unit baru.
"Kecewa banget sama keputusan ini sedangkan kasus motorku aneh, di cek manual & Pads tidak ada error tapi punya kelainan mati setiap mesin panas," ujar Bella.
Baca juga: Ini Motor Rp 50 Jutaan yang Jadi Andalan Vespa di Indonesia
Video Bella dan Vespa LX125 miliknya yang bermasalah pun viral, dan rupanya sudah sampai di telinga PT Piaggio Indonesia (PID).
Hal ini pun membuat PR and Communications Manager PID, Ayu Hapsari angkat bicara.
Menurut Ayu, terkait keluhan pelanggan atas pengalaman itu, PID selaku agen pemegang merek sudah melakukan beberapa hal.
Ayu sendiri secara langsung meminta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh salah satu pelanggan di kota Malang, Jawa Timur.
"Perwakilan PID dan dealer Satya Mandiri Motors telah menemui dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan yang bersangkutan pada tanggal 5 Juni 2024 mengenai status unit dan kronologis kejadian tersebut," ujar Ayu.
Bagi Ayu, keamanan, kenyamanan dan kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama untuk PID.
"Oleh sebab itu, selama dilakukannya pemeriksaan mendalam untuk menemukan sumber utama kendala yang dialami, kami memberikan satu unit Vespa, untuk digunakan oleh pelanggan yang telah diserahterimakan pada tanggal 3 Juni 2024," jelasnya.
Dia juga menyatakan, PID selalu memegang komitmen untuk memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan produk dan layanan yang berkualitas.
Untuk informasi lengkap seputar layanan purnajual, Ayu menghimbau, pelanggan bisa menghubungi customer service PID di nomor telepon 1500-858.
Alamat surat elektronik customer.service@id.piaggio.com atau mengunjungi langsung outlet resmi Motoplex Dealer terdekat.