Menjajal TVS iQube S, Jalanan Naik-Turun Bukan Masalah!?

TVS iQube S enteng libas tanjakan!
  • Daya jelajah sampai 100 km.
  • Harga jual Rp 52,9 juta.
  • Banyak disematkan teknologi canggih.

Beberapa Waktu lalu Autofun Indonesia diundang PT TVS Motor Company Indonesia (TVSMCI) mencoba TVS iQube S.

Motor listrik mereka yang sudah resmi dijual, dengan Harga Rp 52,9 juta on the road Jakarta.

Melihat harganya jelas ini bukanlah motor listrik murahan seperti yang kerap diniagakan brand Cina.

Lantas kenapa bisa semahal ini? Padahal sudah dirakit di Indonesia dan kandungan komponen local sudah tinggi.

Menjawab hal ini, Rizal Tandju, Head of Marketing TVSMCI menjawab diplomatis.

"Nah, harus coba dulu, rasain, baru bisa tahu kenapa harganya segitu," ucapnya.

Baiklah, tanpa berlama-lama kita langsung gas motornya. Oiya, rutenya seputaran Bogor dengan jarak tempuh sekitar 35 km.

Dari tengah kota Bogor menuju Batu Tulis, Cigombong, Cimande dan berakhir di Pancawati, Caringin.

Kondisi jalan beragam. Perkotaan, naik-turun bukit, masuk perkampungan hingga tanjakan curam.

Baca juga : Motor Listrik TVS iQube Segera Mengaspal, Bisa Tempuh Jarak 100 Km!

Desain Mirip TVS Callisto

Nah, kita mulai dengan membahas desain, yang mana TVQ iQube S ini masih memiliki aura dari TVS Callisto.

Ada aura futuristisnya.

Tengok saja lekuk bodi depan, sepatbor, dek bahkan bodi belakang yang mengotak khas Callisto.

Tapi tetap saja ada bedanya, terutama dari penampakan lampu-lampunya yang memberi kesan futuristis.

Penerangan utama dibuat tipis dan melebar hingga mencapai tiap sisi bodi.

Bagian ini berisi lampu utama dibagian tengah, lengkap dengan lampu jauh.

Total ada 3 titik lampu LED sebagai penerangan utama ini.

Kemudian ditiap sisinya terdapat lampu sein dengan 2 titik LED berwarna orange.

Bagian atas lampu terdapat dudukan pelat nomor, serta cover penutup dengan 3 buah lubang.

Nah batok setangnya ini besar, persis TVS Callisto dari bentuk-bentuknya, tapi bukan berisi lampu utama ya.

Signature lamp.

Gantinya adalah LED DRL yang juga menjadi signature lamp dari TVS iQube S ini.

Pakai mika buram dan nyalanya cukup terang walau siang hari. Dan menguatkan kesan futuristis dari motor ini.

Nah lanjut bagian tengah, deknya terlihat lega dan lebar. Dan tipis, karena baterai tidak ada di sana.

Sayangnya di bawah setang tidak ada konsol penyimpanan barang nih. Tapi konon katanya dijual sebagai aksesoris.

Enaknya motor listrik ini, joknya panjang, lebar dan busanya empuk! Buat sendiri atau boncengan dijamin nyaman.

Baca juga : Bedah Spesifikasi TVS iQube S, Motor Listrik Rp 52 Jutaan!

Bodi belakang semok yang khas.

Wajar saja karena desain bodi belakang pun tebalnya, lekuknya dan bentukya mirip TVS Callisto.

Tapi tetap dong, buritan berisikan lampu yang dibuat tipis dan melebar, berisi lampu rem dan sein.

Secara bentuk khas motor matic TVS, tapi punya sentuhan futuristis. Yang kurang masuk hanya spion karena bentuknya terlalu kotak.

TVS iQube S ini ditawarkan dengan 4 pilihan warna yang menarik, berikut pilihannya:

Pilihan Warna
Mercury Grey Lucid Yellow
Copper Bronze Glossy Mint Blue

Banyak Fitur Fungsional

Nah, bicara fitur tentu banyak yang disematkan dan semuanya fungsional untuk digunakan.

Misal lampu-lampu full LED, kemudian ada Parking Brake Lock, Double Lock jadi setang bisa dikunci kiri dan kanan.

Lanjut pengaman standar samping, yang memutus arus untuk motor penggerak. 

Untuk menghidupkan motor juga harus menarik tuas rem dan tekan tombol starter. Yup, persis motor matic.

Panel meter full digital.

Lalu ada fitur konektivitas SmartXonnect yang bisa menghubungkan dengan smartphone pengendara.

Bisa memantau lokasi parkir, kondisi motor dan menerima telepon, pesan masuk hingga kondisi baterai smarphone dan status sinyal.

Kemudian ada navigasi, pelacak lokasi, auto reply sms hingga alarm anti maling.

Baca juga : Sempat Hilang, Motor Bebek TVS Kembali Dijual

Pengaturan dilakukan lewat tombol joystick di setang kiri, termasuk juga untuk mengatur tampilan layer panel meter.

Maklum saja, layarnya sudah TFT dan adaptif, menyesuaikan kondisi cahaya. Layar ini pun menampilkan beragam informasi.

SmartXonnect jadi fitur andalan.

Dari kecepatan, sisa baterai, estimasi jarak tempuh dengan sisa baterai, trip 1-2 juga konsumsi daya per kilometer.

Sayangnya kunci kontak masih model biasa dengan flip, belum keyless nih ya. Pun hanya ada gantungan barang saja di bawah setang.

Tapi bagasi ekstra luas berkapasitas 32 liter bisa memuat helm sih suatu keajaiban.

Bagaimana tidak, dek masih bisa rata dan bagasi super lega. Umumnya motor listrik mengorbankan bagasi untuk tempat baterai.

Bagasi ekstra lega.

Nah di dalam bagasi terdapat power outlet tipe USB A dan juga colokan untuk soket OBD, untuk alat scanner di bengkel resmi.

Daya Jelajah dan Performa TVS iQube S

Yang menarik sekaligus jadi jualan TVSMCI untuk motor ini adalah kemampuan jelajahnya.

Motor ini punya kemampuan hingga 100 km, dengan mode ECO yang punya kecepatan maksimal 45 km/jam.

Kalau dipaksa menggunakan mode POWER maka jaraknya terpangkas jadi 75 km dan kecepatan maksimal 78 km/jam.

Motor penggerak BLDC.

Tapi tenang, kemampuan jelajahnya bisa lebih panjang berkat hadirnya regenerative brake.

"Bisa menambah daya baterai sampai maksimal 10 persen nih," kata Luthfi Amrullah, Head of EV Project TVSMCI.

Belum lagi ada fitur Parking Assist, yang bisa menggerakkan motor maju dan mundur dengan kecepatan rendah.

Baca juga : TVS Apache RTE Jadi Andalan Balap Motor Listrik Pertama di India

Saat fitur ini diaktifkan, motor bisa maju dengan kecepatan maksimal 10 km/jam, dan mundur dengan kecepatan 3 km/jam.

Motor penggeraknya sendiri bertipe BLDC yang menyatu dengan tromol roda belakang.

Rem cakram, pakem!

Keluaran tenaga tertinggi yang bisa dihasilkan mencapai 4,6 kW atau setara dengan 6,2 PS.

Tapi memiliki keluaran rerata tenaga diangka 3 Kw atau sekitar 4 PS.

Lalu torsi maksimal bisa mencapai 140 Nm dan dirasakan instan!

Meski begitu rerata keluaran torsinya diangka 33 Nm. Motor BLDC ini sendiri sudah tersertifikasi IP67.

Nah, bicara karakter performanya, TVS iQube S ini terasa lembut dan linear.

Hentakan torsi yang besar disalurkan dengan halus mengikuti bukaan tuas gas.

Tapi jika tuas gas dibuka penuh, hentakan torsinya langsung berasa kuat dan cukup ngejambak.

Enteng libas tanjakan.

Baik mode ECO dan POWER karakternya mirip, karena hanya beda pada kecepatan maksimalnya saja.

Kemampuan menanjaknya boleh diacungi jempol, meski secara spesifikasi hanya sampai 10 derajat saja, tapi nyatanya bisa lebih.

Namun tetap perlu perhitungan matang saat hendak menanjak, misal panjangnya tanjakan dan harus ancang-ancang agar bisa sampai ujung tanjakan.

Baca juga : ION Mobility Gandeng TVS Bikin Motor Listrik Project Dynamo

Pasalnya jika tidak, motor akan panas, ditandai dengan munculnya peringatan, 'Tenaga dikurangi, tapi motor masih bisa dikendarai' pada layar panel meter.

Dan mengendarai motor ini akan terasa natural, karena rem dan tuas gas bisa bekerja bersamaan.

Tidak bekerja independent yang justru bikin kagok. Hal ini kerap ditemui pada motor listrik asal Cina.

Baterai LG.

Soal sumber tenaga penggerak pun tak main-main, pakai 2 buah battery pack dari LG lho.

Yang mana baterai ini punya kapasitas hingga 3,4 kWh dan jika salah satunya rusak, masih bisa dipakai 1 buah baterai.

Kemudian Voltase baterai sendiri mencapai 52V dan sudah tersertifikasi IP67, dan dikawal oleh Battery Managemen System (BMS).

Pengisian daya dimodali charger offboard berdaya 650 watt, yang sudah sepaket dalam penjualan.

Dibutuhkan Waktu 4,5 jam untuk mengisi baterai dari 0-80 persen, mau ditinggal tidur pun aman karena sudah auto cut off.

TVSMCI pun memberikan jaminan garansi kerusakan hingga 3 tahun untuk komponen kelistrikan.

Posisi Riding dan Handling TVS iQube S

Menduduki motor ini rasanya seperti duduk di atas TVS Callisto. Busa jok yang empuk langsung terasa.

Setangnya punya lekukan yang pas, dan tidak terlalu lebar. Ya khas motor matic perkotaan.

Posisi berkendara nyaman.

Yang menyenangkan tentu saja area dek pijakan kaki yang tipis, tak bikin seperti nongkrong.

Apalagi jika bukan letak baterai yang ada di bawah bagasi, selain memberi kenyamanan, distribusi bobot juga lebih baik.

Karakter suspensi depan dan belakang pun terasa empuk, malah ada setelan preload untuk suspensi belakang.

Meski empuk, dipakai melewati jalur sempit dan berkelok disepanjang Batu Tulis hingga Cigombong masih termasuk lincah.

Ya walau bobot motornya yang 118,8 kg cukup terasa, tapi masih bisa dikendalikan dengan baik.

Terhitung lincah untuk manuver.

Soal pengereman juga pas, empuk dan pakem. Depan pakai cakram 220 mm dan belakang tromol 130 mm.

Yang jadi catatan justru kaca spion yang terlalu lemas, mudah berubah posisinya karena guncangan.

Kemudian dudukan pelat nomor belakang justru berisik sepanjang perjalana kemarin.

Kesimpulan

Jelas ini bukanlah motor listrik untuk sembarangan orang, jika melihat dari sisi harganya.

Namun untuk yang mencari motor listrik proper dikendarai, jelas TVS iQube S jadi pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Lampu sudah full LED.

Beragam fitur canggih, daya jelajah cukup tinggi hingga kemampuan berlarinya lebih dari cukup untuk harian.

Jangan lupa, TVSMCI juga menjamin garansi hingga 3 tahun untuk perangkat kelistrikannya lho! Menarik?

Spesifikasi TVS iQube S
Dimensi 1.805 x 645 x 1.140 mm
Sumbu Roda 1.301 mm
Tinggi Jok 770 mm
Jarak Terendah 157 mm
Berat 118,8 kg
Tipe Motor BLDC
Tenaga Maksimal 4,6 kW
Tenaga Rerata 3 kW
Torsi Maksimal 140 Nm
Torsi Rerata 33 Nm
Tipe Baterai Lithium Ion
Kapasitas Baterai 3,4 kWh
Voltase Baterai 5V
Waktu Pengisian 4,5 jam (0-80%)
Suspensi  Teleskopik & Ganda dengan Preload
Ban 90/90-12
Rem Cakram & Tromol
Harga Rp 52,9 Juta (OTR Jakarta)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Keeway Benda Napoleon Bob 500 resmi meluncur di Indonesia. Tampilan motor ini diklaim masuk ke genre big bike Cruiser Bobber. Keeway Indonesia Kembali menghadirkan lini produk terbaru yaitu Keeway Benda Napoleon Bob 500 tepat di acara pembukaan pameran Jakarta Fair Kemayoran 2024 di Jakarta, Rabu (12/6/2024). Motor ini merupakan model big bike cruisers bobber yang menjadi koleksi terbaru Keeway Indonesia selain V250 atau Benda V252C. Saat peluncurannya, Direktur PT Benelli Indonesia, Steven Kent
Bisa tambah akselerasi dengan pencet tombol. Sistem elektrikal baru pada transmisi. Setelah dibuat penasaran selama sepekan oleh kemunculan produk baru dari Yamaha, akhirnya terjawab sudah kalau itu merupakan Yamaha NMax “Turbo”. Motor ini pun hadir dalam 5 pilihan tipe, pertama ada varian NMax Neo seharga Rp 32,700 juta. NMax Neo S Version di harga Rp 33,700 juta, NMAX “Turbo” Rp 37,750 juta, NMax “Turbo” Techmax Rp 43,250 juta, dan NMax “Turbo” Techmax Ultimate Rp 45,250 juta. Seluruh harga ta
Performance Damper khusus tipe teratas. Part impor dari Jepang. Membantu stabilitas motor. Yamaha NMax Turbo jadi salah satu produk yang paling fresh untuk pasar Indonesia. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengenalkan generasi ketiga matic premium itu pada Rabu (12/6/2024). Dibandingkan generasi kedua, pada generasi ketiga ini Yamaha NMax berubah total. Dari tampilannya, desainnya yang lebih gahar serta perangkat fitur hingga teknologi yang disematkan. YIMM sendiri melepas motor in
Kawasaki luncurkan KLX230 Series terbaru. Jakarta Fair Kemayoran 2024 jadi lokasinya. Sejumlah penyempurnaan dilakukan jadi lebih gagah Memanfaatkan gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2024, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi KLX230 Series, dengan beragam penyempurnaan. Ya, KLX230 Series yang mengalami perubahan terdiri dari KLX230 SE, KLX230 SM, serta KLX230 SM SE. Menurut Head Sales & Promotion KMI, Michael Tanadhi, penyempurnaan produk terbaru ini dilakukan berkat adanya saran dan masu
Terjual 3 juta unit sejak 2015. Pionir matic premium 150 cc. Masuk generasi ketiga ditahun 2024 ini. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menghadirkan generasi ketiga Yamaha NMax 155. Generasi terbaru berjuluk NMax Turbo itu dikenalkan kemarin (12/6/2024) di Jakarta. "Kami menghadirkan motor ini menjelang 50 tahun Yamaha di Indonesia," ujar Dyonisius Beti, President Director YIMM. "Kami merasa pada momen ini perlu memberikan kado spesial untuk konsumen kami," tambahnya disela pel

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor