Isu motor baru dari Yamaha terus bertebaran, dari mulai foto spyshot, sampai teaser yang diberikan sendiri oleh akun Instagram @yamahaindonesia sendiri.
Salah satu varian yang paling banyak dibicarakan pun jatuh kepada Yamaha NMax, pasalnya matic Maxi ini terakhir kali mendapat update di tahun 2019.
Itu berarti sudah 5 tahun dan memang sudah waktunya mendapatkan penyegaran.
Sambil menunggu peluncuran NMax terbaru ini, bisa kita lihat-lihat kembali mengenai spesifikasi serta fitur dari Yamaha NMax 155.
Generasi ini hadir dengan desain bodi yang lebih gambot dengan beberapa lekuk membulat, namun di beberapa ujung bodinya tetap menggunakan desain melancip.
Baca juga: Teaser Yamaha Turbo Muncul Lagi, Fixed NMax!
Hadir dalam 3 pilihan tipe, pertama ada tipe Standard yang punya harga jual Rp 32,175 ribu on the road Jakarta.
Pilihan warnanya cukup banyak karena ada Metallic Blue, Matte Green, Metallic Red, dan Maxi Signature.
Kemudian ada S Version yang menjadi varian tengah-tengah dengan harga jual Rp 33,175 juta dengan pilihan warna mirip seperti tipe standar, yaitu Metallic Red, Matte Green, Prestige Silver, dan Maxi Signature
Kemudian varian paling tinggi adalah Connected/ABS seharga Rp 36,300 juta on the road Jakarta.
Baca juga: Mau Ada Versi Barunya, Cek Dulu Nih Harga Yamaha NMax 2024
Pilihan warnanya hanya 3, dimulai dari Prestige Silver, Matte Green, dan Maxi Signature.
Lalu kalau bicara fitur, paling terlihat tentu saja dari penggunaan lampu utama LED dengan desain tegas seperti tatapan mata seorang Ninja.
Lampu rem juga sudah LED, namun untuk sein dan lampu penerang pelat nomor sayangnya masih pakai bohlam biasa.
Kemudian terdapat spidometer full digital dengan ukuran font yang cukup jelas dipantau.
Untuk varian Connected/ABS spidometer bisa menampilkan notifikasi pesan juga telepon masuk karena sudah dibekali fitur Yamaha Motorcycle Connect.
Baca juga: Motor Baru Yamaha Turbo cuma Gimmick?
Untuk varian S dan Connected/ABS, menyalakan NMax jadi lebih mudah juga aman karena sudah dibekali dengan sistem keyless yang juga berguna sebagai answer back system untuk memudahkan mencari motor di parkiran.
Terdapat 2 buah kompartemen pada sisi depan dengan dimensi cukup dalam, sisi kiri dilengkapi dengan power outlet model lighter.
Sedangkan yang kanan dilengkapi penutup sehingga lebih aman untuk menaruh barang bawaan.
Kalau butuh ruang penyimpanan, bisa tengok bagasi di bawah joknya yang cukup luas dan bisa menampung sebuah helm full face sehingga cukup fungsional.
Yang cukup menjual juga dari line up Maxi Yamaha karena menawarkan posisi berkendara nyaman, termasuk pada NMax ini.
Baca juga: Baca juga: Honda BeAT VS Yamaha Gear, Unggul Mana Fitur dan Performanya?
Pengendaranya disuguhkan dengan pijakan kaki panjang, jadi bisa mengatur posisi kaki baik normal maupun ketika ingin meluruskan kaki.
Ini dikombinasi juga dengan posisi setang tinggi yang secara otomatis membuat lengan juga pundak jadi lebih santai, badan pun lebih tegap selama berkendara.
Oia tinggi joknya 765 mm, tidak terlalu tinggi tapi punya dimensi lebar, positifnya bisa mengakomodir bokong selama berkendara, sisi negatifnya membuat kaki membuka lebar saat ingin menapak.
Area kaki-kaki bisa terlihat adanya penggunaan rem tipe cakram di depan dan belakang.
Bedanya varian Connected/ABS sudah dilengkapi fitur ABS dual channel dan TCS untuk membuat pengendaranya lebih aman saat di kondisi jalan minim cengkraman.
Baca juga: Motor Baru Yamaha Bukan NMax Turbo, Tapi R25 Crossplane!
Suspensi belakang tipe Connected/ABS juga berbeda, pakai model sub-tank suspension yang dilengkapi dengan setelan preload sehingga bisa menyesuaikan bobot pengendaranya.
Yang menjadi andalan pada varian ini adalah mesinnya yang berkapasitas 155 cc, SOHC 4 katup dengan VVA (Variable Valve Actuator), pendingin cairan, dan Blue Core.
Diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm ‘menggebuk’ rasio kompresi 11,6:1, hasilnya mesin ini memiliki klaim tenaga maksimal 15,3 ps pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Adanya VVA membuat karakter tenaga dari NMax lebih fleksibel, artinya bisa diajak berkendara untuk mengejar efisien bahan bakar dan juga bisa diajak ‘satset’ dengan rpm tinggi hingga VVA aktif.
Sistem starter yang sudah pakai SMG (Smart Motor Generator) membuat momen menyalakan mesin lebih senyap dan memungkinkan adanya fitur SSS (Stop & Start System) pada NMax.
Spesifikasi Yamaha NMax 155 2024 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.935 x 740 x 1.160 mm | |
Sumbu Roda | 1.340 mm | |
Jarak Terendah | 124 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 765 mm | |
Berat Isi | 130-132 kg | |
Kapasitas Tangki | 7,1 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core | |
Kapasitas | 155 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 15,3 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 13,9 Nm @ 6.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/70-13 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |