Setelah Yamaha Lexi LX 155 dan Yamaha NMax Turbo, masih ada Yamaha Aerox 155 yang masuk kategori Maxi Yamaha.
Motor-motor ini berbeda target konsumennya, dengan Yamaha Aerox 155 adalah untuk anak muda.
Dengan desain yang sporty dan serba tajam, Yamaha Aerox sukses diterima pasar.
Hal ini dipadukan dengan kinerja mesin yang lebih baik, posisi berkendara yang relatif nyaman hingga teknologi canggih yang ditawarkan.
Terakhir motor ini mendapatkan penyegaran tampilan pada November 2023 lalu pada pameran IMOS+.
Pengembangan warna dan grafis baru pada Yamaha Aerox ini juga sudah disesuaikan dengan karakter pengendara berjiwa muda.
Adapun warna dan grafis baru yang ditawarkan antara lain pada varian standard hadir dalam empat pilihan yaitu Dull Blue Orange, Silver Cyan, Red White dan Black Grey.
Sedangkan untuk konsep Urban Street Style, memiliki kombinasi warna kontras (Two tones) yang disematkan pada body motor.
Baca juga : Daya Tarik Yamaha Aerox 155 Connected yang Laris di Jakarta Fair 2023
Sementara untuk Aerox 155 Connected ABS, tidak ada penyegaran atau penambahan warna dan grafis, karena menawarkan kelir ikonik. Prestige Silver dan Maxi Signature Black.
Selain tampilannya, spesifikasi dari motor ini pun juga tak kalah menggoda lho.
Mesin 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan katup VVA (Variable Valve Actuation) menjadi sumber penggerak.
Jantung mekanis ini terasa ringan dan tanpa masalah menggerakkan motor berbobot 125 kg.
Di atas kertas, mesin Blue Core yang menjadi andalannya ini memiliki rasio kompresi 11,6 : 1.
Tenaga yang mampu dicapai diangka 15,36 PS pada 8.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Respon mesinnya ini tergolong sigap. Akselerasi saat dipakai dikemacetan kota yang cenderung stop & go juga sangat menyenangkan.
Saat membutuhkan akselerasi dari kecepatan menengah untuk menggapai kecepatan tinggi juga
Motor ini punya banyak fitur yang menjadi unggulannya, pertama tentu saja sistem konektivitas Y-Connect yang sudah banyak dipakai pada Maxi Yamaha.
Penggunaan lampu depan LED dengan LED DRL juga menambah rasa aman saat berkendara malam hari.
Baca juga : Tengok 5 Fakta Yamaha Aerox 155 Connected Bekas, Unitnya Jadi Favorit!
Jangan lupa posisi lampu sein yang terpisah, membuat nyalanya mudah terlihat oleh pengendara lain.
Pada konsol depan, terdapat sebuah USB Port yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.
Panel meter digital yang jadi andalannya memiliki beragam informasi, seperti spidometer, takometer, fuel meter, trip meter.
Kemudian ada konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual, jam digital, voltmeter, oil trip, v-belt trip hingga indikator VVA.
Untuk varian teratas malah sudah pakai rem ABS single channel juga Smart Key System segala tuh. Mantap bukan?
Kini Yamaha Aerox 155 tipe Standard dilepas dengan nominal Rp 28,330 juta. Lalu tipe Cybercity dengan 28,530 juta.
Kemudian kasta tertinggi yakni tipe Connected/ABS kini dilabeli nominal Rp 32,115 juta on the road Jakarta.
Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Connected | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.980 x 700 x 1.150 mm | |
Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah | 143 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 790 mm | |
Berat Isi | 122 kg & 125 kg (Connected/ABS) | |
Kapasitas Tangki | 5,5 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup VVA | |
Kapasitas | 155 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Tipe Pendingin | Cairan | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Tenaga Maksimum | 15,3 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 13,9 Nm @ 6.500 rpm | |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe sasis | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 140/70-14 |