Setelah muncul pertama kali di Eropa, lalu disusul Jepang pada awal Desember 2020 lalu, kini Honda PCX 160 2021 semakin dekat menuju Indonesia. Yup, tepatnya negara Thailand, AP Honda Thailand sudah menggelar sesi test ride terbatas untuk awak media setempat kemarin (5/1/2021).
Dalam acara bertajuk 'Under Wraps Test Ride' tersebut, awak media bisa merasakan menggunakan skutik terbaru tersebut, untuk merasakan performa, handling serta fitur-fitur barunya, meski seluruh bodi motor terbungkus stiker kamuflase.
Walau acara itu berlangsung di Thailand, ini menandakan kehadiran skutik premium Honda tersebut semakin dekat dan diperkirakan tak lama lagi akan masuk Indonesia. Dari kabar yang beredar, PT Astra Honda Motor akan merilis skutik ini pada awal tahun kuartal pertama 2021.
Secara global, model Honda PCX 2021 punya tiga varian, yakni Honda PCX dengan mesin 125 cc, Honda PCX 160 dan Honda PCX e:HEV. Dari seluruh varian tersebut, pasar Indonesia rasanya akan mendapatkan varian Honda PCX 160.
Jika Anda adalah pengguna setia motor Honda dan ingin menebus Honda PCX 160 2021 terbaru sebaiknya pahami dulu apa saja yang baru dan bedanya dari generasi Honda PCX yang saat ini masih dijual.
Kesan mewah nan elegan tak bisa dilepaskan dari skutik ini. Garis besar desainnya sebenarnya masih mirip-mirip dengan model sebelumnya, tapi sosoknya menjadi lebih segar berkat sentuhan ulang pada seluruh bagian bodi.
Dari fascia depan, sedikit berkesan sporty karena lampu utama, lampu DRL dan lampu sein dibuat menyatu dengan aksen mika bening. Sepintas ubahan ini sedikit banyak membuatnya terlihat seperti Honda Forza 250.
Windscreen sebagai piranti pelindung pengendara dari terpaan angin memiliki desain baru, dengan lekuk yang dinamis. Windscreen lebih rapi dan seperti hanya menempel saja karena tak ada baut yang terlihat.
Garis bodi model terbaru ini dibuat lebih tegas dan dinamis. Anda bisa melihat sejumlah tekukan garis tegas pada bodi depan bagian samping, dek bagian bawah sampai bodi belakang.
Desain X-shape masih diandalkan untuk penerangan belakang, tapi dengan konfigurasi desain yang lebih segar. Kemudian lampu sein belakang kini menyatu dengan lampu rem dan lampu kota. Jauh lebih menarik dari model sebelumnya bukan?
Jika Anda pernah mengendarai atau memiliki Honda PCX 150 model sebelumnya, maka tak perlu susah payah untuk beradaptasi dengan mokdel baru, karena dimensi keduanya tak jauh berbeda. Honda PCX 160 2021 punya panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.105 mm.
Sedangkan Honda PCX 2020 memiliki panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm. Artinya model tebaru ini lebih panjang 12 mm, tapi lebih sempit 5 mm dan lebih rendah 2 mm.
Ini tidak terlepas dari penggunaan sasis baru, yang disebut kuat tapi ringan utnuk pengendaraan lebih stabil. Serta lingkar roda belang, depan 14 inci dan belakang 13 inci.
Bukan hanya tampilan, Honda PCX 160 2021 juga mendapatkan update fitur yang sangat signifikan, malah hampir seluruh bagian benar-benar diperbarui. Seperti panel instrumen digital desain baru, berpenampilan negatif display tapi tetap mewah.
Fitur keselamatan HSTC (Honda Selectable Torque Control) atau dikenal juga sebagai kontrol traksi khas Honda. Honda PCX 160 2021 jadi motor bermesin kecil Honda yang menggunakan fitur tersebut untuk pertama kalinya.
Menghidupkan motor menggunakan Smart Key System dengan knop diberi lampu iluminasi, dan terintegrasi dengan tombol pembuka tutup tangki bahan bakar serta tempat duduk. Pengendara cukup mengantungi remote untuk bisa menggunakan motor. Remote yang dipakai juga dilengkapi fitur Answer Back System.
Jangan lupa, di setang ada tombol Idling Stop System yang terintegrasi dengan ACG (Alternator Current Generator) Starter, tombol lampu hazard. Ruang bagasi di balik tempat duduk juga besar, dengan kapasitas mencapai 30 liter. Bisa menampung sebuah helm full face dan masih ada ruang besar untuk menyimpan jas hujan, tas kecil atau lap.
Jika masih kurang, ada juga konsol depan yang bisa menampung sebuah botol 500 m, lengkap dengan soket USB Type-C untuk isi baterai smartphone. Jangan lupakan pengereman juga sudah cakram dikedua roda, dan rasanya akan ada opsi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System) atau CBS (Combi Brake System).
Banyak juga ya?
Jika Honda PCX 150 sering dibully karena mesinnya terlalu smooth dan getar, maka untuk model terbaru ini sudah jauh diperbaiki. Salah satu kelemahan utama model sebelumnya itu diatasi dengan mesin baru yang disebut eSP+ (enhanced Smart Power Plus).
Spesifikasi lengkapnya, mesin ini menggunakan piston tunggal, SOHC 4 katup, pendingin cairan serta injeksi bahan bakar PGM-FI. Mesinnya berkapasitas 156 cc, dengan paduan piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm.
Jika dibandingkan dengan spesifikasi mesin model sebelumnya, mesin tersebut pakai ukuran piston 57,3 mm dan langkah piston 57,9 mm. Artinya jika mesin lamanya berkarater square, maka mesin Honda PCX 160 2021 justru over bore.
Dalam keterangannya, Honda beralasan pengurangan langkah piston dilakukan untuk menghemat ruang, agar mesin barunya itu bisa menggunakan 4 buah katup, serta mengurangi friksi pada mesin.
Dengan jantung mekanis 157 cc, Honda PCX 160 2021 mampu hasilkan tenaga 16 Hp @ 8.500 rpm lalu torsi mencapai 15 Nm @ 6.500 rpm. Naik cukup signifikan dibandingkan mesin yang digunakan sebelumnya.
Tapi bukan cuma mengganti spesifikasi mesin saja, karena Honda juga memberikan beberapa teknologi baru. Misalnya kruk as baru untuk mengurangi efek inersia saat piston naik-turun, sekaligus mereduksi getaran. Berikutnya ada piston oil jet, teknologi pelumasan yang diadopsi dari Honda CRF450R.
Tensioner rantai keteng juga bukan lagi model pegas, tapi pakai hidrolis untuk menekan lidah rantai keteng untuk reduksi getaran dan suara. Lalu bagian CVT, sudah pakai model double cog belt yang disebut bisa mereduksi getaran dan penyaluran tenaga menuju roda lebih halus.
Lalu intake juga baru dengan memperbesar boks filter udara dan dimensi filter udara. Terakhir saluran gas buang alias knalpot juga diatur ulang, untuk mendapatkan performa terbaik, rendah emisi dan suara yang halus.
Bicara Honda PCX 160 2021, tak bisa dilepaskan dari Yamaha Nmax 155 2021. Ya keduanya memang sudah seperti musuh bebuyutan. Saat ini Yamaha Nmax 155 masih menjadi penguasa pasar segmen skutik 150 cc.
Seperti dituliskan di atas, output mesin PCX 160 2021 ini memiliki tenaga 16 Hp @ 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 15 Nm @ 6.500 rpm. Bandingkan dengan Nmax 155 yang 15,15 Hp @ 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm @ 6.500 rpm.
Artinya PCX 160 lebih kuat berdasarkan data di atas kertas. Tapi yang perlu diingat, mesin Nmax 155 dibekali katup variable yang menjaga performanya selalu maksimal disetiap putaran mesin.
Maka melihat karakter mesinnya yang over bore (lebih besar piston dibanding langkah piston), kemungkinan mesin Honda PCX 160 2021 ini akan kuat diputaran rendah sampai menengah.
Perbandingan Spesifikasi Mesin | ||
Honda PCX 160 2021 | Yamaha Nmax 155 2021 | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup | 4-tak, SOHC 4 katup, VVA |
Kapasitas | 156 cc | 155 cc |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | 58 x 58,7 mm |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | 11,6 : 1 |
Sistem pendingin | Cairan | Cairan |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | Injeksi |
Tenaga Maksimal | 16 Hp @ 8.500 rpm | 15,15 Hp @ 8.000 rpm |
Torsi Maksimal | 15 Nm @ 6.500 rpm | 13,9 Nm @ 6.500 rpm |
Meski belum ada jadwal pasti mengenai kehadiran Honda PCX 160 2021, kehadiran skutik tersebut semakin dekat dengan Indonesia. Bisa dibilang hanya tinggal menunggu waktu yang tepat saja, dan kemungkinan sesi peluncuran masih akan dilakukan secara online mengingat kondisi saat ini belum kondusif.
Terkait harga, kami asumsikan ada kenaikan harga Rp 3 sampai 5 juta melihat dari perubahan serta update teknologi yang diberikan. Untuk informasi saja, harga Honda PCX 150 saat ini dijual Rp 29,843 juta sampai Rp 32,842 juta.