Honda CRF150L menjadi produk andalan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk bersaing di segmen motor trail 150cc. Sebelumnya, di segmen ini cukup lama dihuni oleh satu pemain saja, yakni Kawasaki KLX150 dan disusul Yamaha WR 155 R.
Menilik dari sejarahnya, segmen motor trail yang diikuti Honda CRF150L sebenarnya bukan menjadi pasar utama di Indonesia. Segmen skutiklah yang saat ini menjadi penyumbang terbesar angka penjualan sepeda motor, karena skutik dianggap motor yang sangat praktis untuk mobilitas dan harganya yang terjangkau.
Meski terlambat, kehadiran Honda CRF150L juga cukup penting bagi Honda. Pasalnya, olahraga adventure dengan menerabas medan off-road sangat diminati di Indonesia. Kondisi alam di berbagai daerah di Indonesia sangat cocok untuk berkendara dengan jenis motor trail.
Setiap akhir pekan dipastikan ada saja bikers yang melakukan kegiatan di alam terbuka dengan motor trail. Rupanya, Honda juga tergoda oleh Kawasaki dengan KLX150 yang sukses bermain sendiri beberapa tahun silam. Pun demikian juga dilakukan Yamaha dengan menghadirkan WR155. Persaingan di kelas pun semakin ramai.
AHM meluncurkan Honda CRF150L pada November 2017 dengan tampilan dan performa mesin motor on-off sport sejati yang siap menghadirkan petualangan menyenangkan melebihi ekspektasi pengendaranya. Motor ini diklaim mampu menaklukan tantangan di segala kondisi medan sehingga memberikan kebebasan pengendaranya untuk menikmati segala petualangan.
Dengan konsep terbaru “Take You to Off Fun Ride”, Honda CRF150L hadir melalui penyematan desain terbaru, fitur unggulan baru dan mesin baru yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalan raya dan menaklukan berbagai rintangan.
Ketangguhan All New Honda CRF150L dicapai berkat penyematan mesin 150cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi, fitur terbaik seperti Long Travel Inverted Front Fork, ban dual purpose dan velg ukuran besar, serta Wavy Disc Brake yang mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.
Perlu diketahui, sistem pengabutan bahan bakar yang dimiliki Honda CRF150L menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Meski banyak pengguna motor trail yang lebih suka dengan teknologi karburator karena mudah untuk disetting, teknologi injeksi yang diusung Honda CRF150L tentu lebih ramah lingkungan.
Selain itu, teknologi injeksi menjadikan distribusi bahan bakar lebih terkontrol mengalirkan kombinasi asupan udara dan bahan bakar (mixture) dalam ruang bakar. Efeknya, konsumsi bahan bakar lebih irit.
AHM menghadirkan All New Honda CRF150L dengan konsep on-off Sport bagi pengendara di Indonesia untuk melengkapi jajaran motor Honda CRF series yang sudah hadir sebelumnya, yakin CRF1000L Africa Twin dan CRF250 Rally yang telah menghadirkan petualangan dengan sensasi berkendara baru.
Untuk kemampuan daya jelajahnya, Honda CRF150L memiliki dimensi Panjang x lebar x Tinggi 2.119 mm x 793 mm x 1.153 mm dengan tinggi tempat duduk 896 mm. Sedangkan jarak sumbu roda mencapai 1.375 mm dan jarak terendah ke tanah (ground clearance) 285 mm diyakini cukup memadai untuk dipakai berpetualang.
Berkendara untuk menaklukan berbagai rintangan saat ini telah menjadi tren bagi pengendara yang ingin menyalurkan jiwa petualang, berjiwa muda dan memiliki semangat persaudaraan tinggi.
"Honda CRF150L yang dirakit langsung oleh putra bangsa hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Untuk mendukung performa tinggi Honda CRF150L, AHM turut menghadirkan layanan terbaik dan purna jual yang tersebar di seluruh jaringan Honda di seluruh Indonesia sebagai ujung tombak untuk mendukung aktivitas konsumen.” Ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman dalam sambutannya pada saat peluncuran.
Honda CRF150L hadir dengan tema styling melalui tampilan fungsional yang tajam dan tangguh. Desain terbaru motocross sesungguhnya terinspirasi dari model CRF untuk kompetisi. Model ini hadir dengan konsep compact Headlight yang membentuk sudut tajam yang memperkuat kesan fearless menaklukan setiap medan.
Motor ini juga memiliki New Taillight dengan desain lampu tajam, sporty dan compact yang memberikan kesan agresif. Digital Panel Meter berukuran compact namun menghadirkan informasi berkendara akurat dan mudah terbaca. Soal digital panel meter, fitur ini tak dimiliki Kawasaki KLX150.
Honda CRF150L hadir dengan mesin 150cc SOHC air cooled PGM-FI sebagai mesin paling bertenaga di kelasnya yang mampu menghadirkan performa off-road terbaik tanpa kompromi saat melakukan eksplorasi di alam bebas. Tenaga maksimum yang dihasilkan yakni 12,7 Hp @ 8.000 rpm dan torsi maksimum yakni 12,43 Nm @ 6.500 rpm.
Performa mesin menawarkan torsi yang menjanjikan pada putaran bawah, namun juga sangat irit konsumsi bahan bakar mencapai 39,3 km/liter melalui metode pengetesan EURO 3 dengan menggunakan metode pengetesan ECE R40 (43,03 km/liter metode pengetesan EURO 2).
Honda CRF150L dilengkapi dengan suspensi Showa yakni Long Travel Inverted Front Fork dengan suspensi inverted terbesar di kelasnya berukuran diameter pipa 37mm dan panjang stroke 225mm, dengan tampilan menjadi semakin gagah dan berkelas dengan adanya gold color anodize pada tabung suspensi. Suspensi belakang dilengkapi dengan sistem Pro-link untuk memberikan jarak main (travel axle) 210mm untuk pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi jalan.
Model ini juga dilengkapi dengan alumunium wheel yang ringan dan kekuatan optimal, ban dan velg yang besar, 21” front tire dan 18” rear tire, serta ban dual purpose yang dapat diandalkan siap berpetualang di segala medan. Dengan Wavy Disc Brake, All New Honda CRF150L menghadirkan pengereman optimal melalui penyematan rem cakram depan wavy depan 240mm dan belakang 220mm yang lebih besar di kelasnya.
Saat ini Honda CRF150L tersedia dengan tiga pilihan warna yakni merah, hitam dan abu-abu dan dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 34.45 juta. Bandingkan saja dengan KLX150 versi tertinggi saja dijual mulai dari kisaran Rp 34,6 juta sampai Rp 37,3 juta.
Tak puas dengan tampilan standarnya? Anda juga bisa upgrade tampilan dengan menggunakan ragam produk pendukung seperti skid plate, heel guard, bar pad hingga rear pack. Soal perawatan juga tak perlu khawatir karena Honda menjamin dengan jaringan besarnya yang tersebar luas di Indonesia.
Tipe Mesin | 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder |
Kapasitas Mesin | 149.15 cm3 |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) |
Diameter X Langkah | 57.3 x 57.8 mm |
Tipe Tranmisi | 5-Speed |
Rasio Kompresi | 9.5:1 |
Daya Maksimum | 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm |
Torsi Maksimum | 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm |
Tipe Starter | Pedal dan Elektrik |
Tipe Kopling | Manual, Multiplate Wet Clutch |
Sistem Pendingin Mesin | Pendingin Udara |
Pola Perpindahan Gigi | 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 |