Sejak diluncurkan tahun 2017 silam, Honda CRF150L 2021 langsung mencuri perhatian. Motor ini langsung menjadi idola baru para penggemar motor garuk tanah, setelah selama ini hanya disuguhkan satu pilihan dari merek Jepang yakni Kawasaki KLX150L.
Tampilan yang sangat maskulin dan kental dengan DNA keluarga CRF lainnya, jadi salah satu daya tariknya. Untuk Honda CRF150L 2021, belum ada update terbaru, untuk ubahan desain atau sisi teknisnya.
Berbicara mengenai ubahan tampilan, pertama dilakukan pada 2018, Honda CRF150L mendapat warna tambahan, yaitu Extreme Red. Warna pelek berubah dari silver menjadi hitam. Selain itu, ada tambahan warna Extreme Black.
Di 2019, Honda CRF150L kembali mendapatkan penyegaran dengan warna baru, yakni Extreme Red dan New Extreme Black. Untuk Extreme Black, jika sebelumnya tulisan CRF dikelir abu-abu kini dibubuhi aksen merah.
Tempat duduk warna hitam juga diganti merah. Lalu, ada satu warna tambahan, yakni New Extreme Grey. Lagi-lagi, penyegaran hanya pada warnanya saja.
Di kelas motor trail 150 cc, Honda CRF150L 2021 berhadapan langsung dengan Kawasaki KLX 150 dan Yamaha WR 155R. Namun, persaingan lebih sengit dengan Yamaha. Sebab, secara fitur dan harga, keduanya bersaing sangat ketat.
Desain Honda CRF150L 2021 tak jauh berbeda dengan keluarga CRF lainnya. Motor trail Honda ini tampil macho dengan dimensinya yang terbilang jangkung.
Honda CRF150L 2021 memiliki panjang 2.119 mm, lebar 793 mm, dan tinggi 1.153 mm. Tinggi tempat duduknya mencapai 869 mm dengan jarak terendah ke tanah 285 mm. Sedangkan jarak sumbur roda, mencapai 1.375 mm dan memiliki bobot hingga 122 kg.
Di bagian suspensi, Honda CRF150L 2021 mengandalkan sokbreker model upside down dengan ukuran diameter pipa 37 mm dan panjang stroke 225 mm. Suspensi ini diklaim mampu memberikan performa handling maksimal dan lebih stabil saat melewati berbagai medan jalan.
Tampilan juga menjadi semakin gagah dan berkelas dengan adanya gold color anodize pada tabung suspensi. Sokbreker upside down ini memakai keluaran Showa dengan tipe Separated Function Fork (SFF).
Sedangkan pada suspensi belakangnya, Honda CRF150L 2021 mengandalkan Pro-Link. Monoshock yang digunakannya diyakini mampu memberikan peredaman yang optimal di semua kondisi jalan sehingga lebih nyaman.
Lalu turun ke bagian roda, di mana Honda CRF150L 2021 ini dibekali dengan ban dan pelek berukuran besar. Pada ban depannya, motor trail ini dibekali dengan ban depan berukuran 21 inci. Sedangkan ban belakangnya, menggunakan ukuran 18 inci.
Pelek aluminium tersebut dibalut dengan ban tipe dual purpose yang bisa diandalkan dan siap untuk diajak berpetualang di berbagai kondisi jalan, baik aspal (on road) maupun tanah (off road).
Spesifikasi Honda CRF150L 2021 | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 2.119 X 793 X 1.153 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 869 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.375 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 285 mm |
Curb Weight | 122 kg |
Tipe Suspensi Depan | Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm) |
Tipe Suspensi Belakang | Mono suspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm) |
Ukuran Ban Depan | 2.75 – 21 45P (Ban Dalam) |
Ukuran Ban Belakang | 4.1 – 18 59P (Ban Dalam) |
Posisi Berkendara Honda CRF150L 2021
Dengan dimensinya yang cukup jangkung, Honda CRF150L 2021 terlihat sangat tinggi. Bagi pengendara dengan postur tinggi di bawah 170 cm, tentu akan sedikit kesulitan untuk mengendarainya. Sebab, tinggi tempat duduknya mencapai 869 mm.
Setangnya juga lebar dan radius putar setangnya cukup besar. Sehingga, memudahkan pengendalian motor untuk bermanuver. Tempat duduk khas motor trail yang tidak terlalu lebar tetap dipertahankan.
Posisi duduk cukup ergonomis, karena jarak dengan setang normal dan posisi kaki ke footstep juga sesuai. Bobotnya yang hanya 122 kg juga terbilang tidak terlalu berat untuk ukuran motor trail.
Performa Honda CRF150L 2021 cukup mumpuni, baik di jalan aspal atau di tanah. Dengan mengandalkan mesin 4 langkah, SOHC, berpendingin udara, satu silinder, berkapasitas 149,15 cc, motor trail ini memiliki karakter mesin square.
Diameter pistonnya 57,3 mm dan 57,8 mm untuk langkah pistonnya. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Honda CRF150L 2021 ini memiliki rasio kompresi 9,5:1.
Tenaga maksimum yang mampu dihasilkannya mencapai 12,91 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum hingga 12,43 Nm pada 6.500 rpm. Sistem suplai bahan bakarnya juga sudah menggunakan teknologi injeksi, yakni PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
Guna mengimbangi tenaga dan torsi yang dihasilkan, Honda CRF150L 2021 mengandalkan rem cakram untuk mengurangi laju roda. Rem cakram digunakan untuk rem depan dan rem belakang. Cakramnya juga sudah model wavy yang diklaim lebih cepat melepas panas, sehingga pengeremannya tetap optimal.
Spesifikasi Mesin Honda CRF150L 2021 | |
Tipe Mesin | 4-Langkah, berpendingin udara, SOHC, Satu Silinder |
Kapasitas Mesin | 149.15 cc |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) |
Diameter X Langkah | 57.3 x 57.8 mm |
Tipe Transmisi | Manual, 5 Percepatan |
Rasio Kompresi | 9.5:1 |
Daya Maksimum | 9,51 kW (12,91 PS) / 8.000 rpm |
Torsi Maksimum | 12,43 Nm (1,27 kgf.m) / 6.500 rpm |
Rem Depan | Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm) |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm) |
Jika menilik fitur pada motor trail, memang tidak begitu lengkap karena mengutamakan fungsi. Honda CRF150L 2021 memiliki beberapa fitur andalan, seperti panel meter full digital, suspensi depan upside down Showa SFF, pelek aluminium, dan sepatbor plug and play alias mudah dilepas dan dipasang.
Sepatbor belakang yang dapat dilepas dan dipasang dengan mudah ini mempertegas kesan on-off sport, serta mendukung hobi atau menyesuaikan aktivitas penggunanya.
Harga Honda CRF150L 2021
Motor trail Honda CRF150L 2021 hanya keluar dengan satu varian atau satu tipe saja. Dengan tiga pilihan warna, yakni Extreme Grey, Extreme Black, dan Extreme Red, motor ini dipasarkan dengan harga Rp 34,45 juta (on the road Jakarta).
Secara harga, Honda CRF150L 2021 berada di tengah-tengah jika dibandingkan dengan kompetitornya. Kawasaki KLX 150 dijual seharga Rp 32,6 juta sampai Rp 34,9 juta. Sedangkan Yamaha WR 155R harganya Rp 36,9 juta.
Kesimpulan
Honda CRF150L 2021 bisa dibilang mumpuni untuk dipakai di jalan aspal atau di jalan tanah. Kaki-kakinya sangat membantu untuk melewati berbagai medan, berkat suspensi upside down Showa SFF dan pelek aluminium berukuran besar. Harganya memang sedikit lebih mahal dari Kawasaki KLX 150, tapi sistem suplai bahan bakarnya sudah injeksi yang terbukti lebih irit daripada karburator. Pilihan warna yang disajikan juga sangat maskulin dan tidak terlalu norak.