Beberapa tahun terakhir, PT Astra Honda Motor (AHM) memang tengah fokus pada pengembangan skutik entry levelnya. Terlihat dari bagaimana perlakuan itu dilakoninya terhadap Honda Genio dan Honda Beat. Termasuk pula Honda Scoopy, yang belum lama ini mendapatkan pembaruan pada sektor mesin dan sasis. Sementara unit lain semisal Honda Vario 125, belum lagi mendapatkan sentuhan berarti sejak 2018 silam.
Meski begitu, skutik 125 cc ini tetap layak dijadikan pilihan. Toh, dari sisi harga ia dipatok cukup bersahabat. Pada Honda Vario 125 CBS misalnya, banderolnya lebih murah daripada Honda Scoopy varian Prestige maupun Stylish. Memang tidak terlalu murah karena Vario 125 paling basic itu sudah dilepas Rp 20,752 juta (on the road Jakarta & Tangerang).
Kepemilikan tentu lebih mudah jika Anda membelinya secara kredit. Terlebih dengan metode kredit Honda Vario 125 yang beragam. Sebut saja penawaran dari Honda Cengkareng berikut ini. Untuk pembelian tipe terbawah, Anda bisa menyerahkan uang muka paling rendah sebesar Rp 2,5 juta. Sementara untuk tenor, variatif mulai dari 11, 17, 23, 27, 29, 33 sampai 35 bulan.
Andaikata memilih tenor paling lama, maka Anda diwajibkan menyerahkan uang angsuran sebesar Rp 932 ribu setiap bulan. Tentu saja ada nominal yang lebih ringan. Dengan catatan, serahkan uang pangkal lebih besar. Menurut hemat kami, tak ada salahnya Anda pilih menggunakan down payment (DP) mulai dari Rp 3,3 juta sampai Rp 5,3 juta. Kalaupun menggunakan tenor 35 bulan, cicilan per bulan Vario 125 CBS Anda masih di kisaran Rp 800 ribuan.
Lain hal jika mematok angsuran reguler Rp 900 ribuan. Dengan uang muka relatif sama, Anda mendapatkan opsi kredit dengan tenor lebih pendek. Ambil saja cicilan selama 27 atau 29 bulan.
Daftar Harga Honda Vario 125 2021 (Jakarta & Tangerang) | ||
---|---|---|
Honda Vario 125 CBS | Rp 20.752.000 | |
Honda Vario 125 CBS ISS | Rp 21.656.000 |
Selain tipe CBS, ada juga Honda Vario CBS ISS. Selisih harganya pun tak kepalang besar yakni Rp 904 ribu. Penetapan DP-nya pun hanya terpaut Rp 100 ribu saja dengan Vario CBS. Sekalipun diterjemahkan ke dalam cicilan, cuma terpaut puluhan ribu saja. Saran kami, baiknya Anda ambil Vario 125 teratas karena sudah dilengkapi dengan fitur penyala-mati mesin otomatis.
Terlepas dari itu, ada promo khusus pula jika Anda melakukan pembelian Honda Vario 125 di jaringan Wahana Honda. Seperti disampaikan melalui laman situs resminya, konsumen skutik ini akan mendapatkan potongan uang muka sebesar Rp 1,4 juta. Agar lebih pasti, silahkan hubungi jaringan diler terkait.
Meski belum mendapatkan penyegaran lagi, tampang Honda Vario 125 masih lumayan kekinian. Desain sporty juga terpancar dari wajah lantaran punya cover depan nan landai. Belum lagi sepasang headlamp dengan bentuk yang tegas. Diikuti pula dengan modernitas lewat lampu jenis LED sebagai sumber penerangan utama. Hal serupa juga dituangkan pada lampu belakang, termasuk panel meter penyajian panel meter full digital.
Ergonomi berkendara ala tunggangan perkotaan diamini dengan bentuk setang rendah. Penyajian demikian tentu memudahkan kala mengendalikannya di kemacetan. Belum lagi pijakan kaki yang rendah. Namun, tidak dipungkiri bahwa Vario punya postur lumayan jangkung.
Rancang Bangun Honda Vario 125 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi (P x L x T) | 1.919 x 679 x 1.062 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 769 mm | |
Jarak sumbu Roda | 1.280 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 132 mm | |
Berat kosong | 111 kg | |
Rangka | Underbone | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Swing Arm dengan suspensi Tunggal | |
Ukuran Ban depan | 80/90 – 14M/C 40P Tubeless | |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 – 14M/C 46P Tubeless | |
Rem depan | Cakram Hidrolik, Piston Tunggal | |
Rem belakang | Tromol |
Tinggi joknya disetel 769 mm dipadu lagi dengan jarak kolong 132 mm. Jelas lebih tinggi ketimbang skutik pemula Honda di atas. Tapi untuk informasi juga, rancangan tersebut tidak lebih dari Yamaha Lexi yang punya ketinggian jok 785 mm dan ground clearance 133 mm.
Sisi akomodasi Honda Vario 125 juga ditunjang oleh ketersediaan dua buah konsol di bawah kemudi. Sementara untuk ruang di bawah jok, sanggup memuat barang dengan kapasitas maksimal 18 liter.
Soal performa, Honda Vario 125 memang bukan yang terbaik. Mesin SOHC kepunyaannya hanya mampu menorehkan daya 11,1 PS @8.500 rpm. Sedangkan untuk momen puntir maksimal tercatat 10,8 Nm @5.000 rpm.
Jikapun membandingkannya lagi dengan Yamaha Lexi, pencapaian skutik 125 cc dari kubu garpu tala sanggup menjangkau output 11,8 PS @8.000 rpm dan 11,3 Nm @7.000 rpm. Meski begitu, Vario 125 diklaim punya efisiensi cukup baik. PT AHM mengklaim (melalui pengujian internal), konsumsi BBM Honda Vario 125 mencapai 51,7 km/liter. Tentu catatan itu didapat oleh varian Honda Vario 125 CBS ISS.
Mesin Honda Vario 125 2021 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Diameter x langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Tipe Tranmisi | Otomatic , V – Matic | |
Daya maksimum | 11,1 PS @8.500 rpm | |
Torsi maksimum | 10,8 Nm @5.000 rpm | |
Kopling | Automatic Centrifugal Clutch Dry Type | |
Starter | Elektrik | |
Kapasitas Tangki | 5,5 liter | |
Kapasitas Bagasi | 18 liter |
Dengan uang Rp 20 jutaan, Honda Vario 125 harusnya bisa menjadi pilihan jika Anda enggan memilih skutik 110 cc. Toh, tidak sekadar mendapatkan skutik bermesin lebih besar. Keunggulan dalam hal akomodasi barang bawaan juga bisa dirasakan. Terutama ketika Anda memanfaatkan bagasi di bawah joknya itu.
Di samping itu, tersedia pula tampungan bahan bakar sebanyak 5,5 liter Tingkat efisiensi bahan bakarnya pun tergolong baik untuk kategori skutik 125 cc. Dengan syarat Anda pilih Honda Vario 125 CBS ISS. Seperti penjabaran di atas, diferensiasi harga dengan Honda Vario 125 CBS menjadi tidak signifikan saat Anda melakukan pembelian secara kredit.