Skuter matik (skutik) entry level banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Banyak anak-anak muda yang menggunakan skutik seperti Honda BeAT Street 2021, karena penampilannya yang lebih dinamis.
Selain itu, desain dan fitur yang ditawarkan sekarang ini juga jauh lebih menarik. Tak hanya sekedar alat transportasi sehari-hari saja, tapi juga bisa mengekspresikan gaya hidup penggunanya.
Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan setang model telanjang atau terbuka. Dengan setang telanjang berukuran lebar itu dan ban aspal, Honda BeAT Street 2021 jadi terkesan seperti supermoto.
Honda BeAT Street 2021 tak kalah laris dengan All New Honda BeAT series. Bagian yang membedakan hanya setangnya saja. Pada All New Honda BeAT, model setang ditutup cover atau batok.
Pertama kali skutik ini meluncur pada tahun 2016 dengan nama Honda BeAT Street eSP. Setelah empat tahun berlalu, akhirnya meluncurlah generasi kedua yang diberi nama All New Honda BeAT Street.
Dari sejak pertama meluncur, Honda tidak banyak melakukan penyegaran. Honda BeAT Street hanya mendapat ubahan pada striping dan pilihan warna yang ditawarkan.
Saat pertama kali diluncurkan, Honda BeAT Street hadir hanya dengan satu tipe, yakni CBS (Combi Brake System). Tidak ada fitur ISS (Idling Stop System), pengaman kunci kontak magnetis belum terintegrasi dengan jok, dan sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlam biasa.
Kapasitas tangki bahan bakarnya masih 4 liter dan kapasitas bagasi di bawah jok juga masih 11 liter. Konsumsi bahan bakar skutik ini diklaim mencapai 55 km/liter.
Tampilannya berubah cukup signifikan untuk generasi kedua Honda BeAT Street. Desain lampu depan sudah berubah dan sistem pencahayaannya juga semuanya sudah menggunakan LED. Tapi, Honda masih belum menyematkan fitur ISS. Panel meter tetap full digital. Jika yang sebelumnya menggunakan warna oranye, sekarang sudah berwarna biru.
Kapasitas tangki bahan bakar meningkat menjadi 4,2 liter. Sedangkan kapasitas bagasi, bertambah menjadi 12 liter. Kunci kontak masih menggunakan pengaman magnetis, tapi sudah terintegrasi untuk membuka jok. Perubahan lainnya ada pada desain peleknya, palangnya sudah berubah.
Tampilannya dibuat sama persis seperti All New BeAT series, hanya bagian setang saja yang berbeda. Honda BeAT Street 2021 memiliki desain yang tak kalah agresif dibandingkan generasi pertamanya. Desain lampu depan terlihat lebih sipit, memberikan kesan agresif. Ubahan lain ada pada bodinya, di mana lekuk dan garisnya dibuat lebih tajam dan lebih tegas.
Secara tampilan, ubahan lain terlihat pada desain peleknya. Model palangnya sudah berubah dari generasi pertama. Suspensinya masih sama, sokbreker depan pakai model teleskopik dan sokbreker belakangnya model tunggal.
Honda BeAT Street 2021 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.030 mm. Jarak sumbu rodanya 1.251 mm. Tinggi tempat duduk mencapai 740 mm dengan jarak terendah ke tanah 145 mm. Beratnya sendiri mencapai 95 kg.
Untuk pilihan warnanya, Honda BeAT Street 2021 kini ditawarkan dengan tiga pilihan, antara lain Street Silver Black, Street Black, dan Street Silver.
Spesifikasi Honda BeAT Street 2021 | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 1877 x 742 x 1030 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 740 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.251 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 145 mm |
Curb Weight | 95 kg |
Tipe Rangka | Underbone - eSAF (enhance Smart Architecture Frame) |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal |
Ukuran Ban Depan | 80/90 – 14 M/C – Tubeless |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 – 14 M/C – Tubeless |
Honda BeAT Street 2021 menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan kendali yang penuh. Sebab, skutik 110 cc ini dibekali dengan setang telanjang yang lebar layaknya motor supermoto. Posisinya juga cukup ergonomis antara posisi tangan, badan, dan kaki. Dengan tinggi tempat duduk 740 mm, skutik entry level yang banyak peminatnya ini juga bersahabat dengan pengendara yang memiliki postur tubuh di bawah 170 cm. Apalagi, bobotnya juga terbilang ringan, hanya 95 kg.
Performa Honda BeAT Street 2021 dihasilkan dari mesin 4 langkah, satu silinder, SOHC, eSP, dengan kapasitas silinder 109,5 cc. Dengan diameter piston 47 mm dan langkah 63,1 mm, rasio kompresi yang dihasilkan 10:1.
Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin tersebut tercatat mencapai 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimumnya hingga 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Mesinnya juga dikawinkan dengan transmisi otomatis V-matic.
Untuk mengurangi laju roda yang dihasilkan dari performa mesin, Honda BeAT Street 2021 masih menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Sistem pengeremannya masih mengandalkan Combi Brake System (CBS), tidak ada fitur Anti-lock Braking System (ABS).
Spesifikasi Mesin Honda BeAT Street 2021 | |
Tipe Mesin | 4 – Langkah, SOHC, eSP |
Volume Langkah | 109.5 cc |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Injeksi (PGM-FI) |
Diameter X Langkah | 47 x 63,1 mm |
Tipe Transmisi | Otomatis, V-Matic |
Rasio Kompresi | 10 : 1 |
Daya Maksimum | 6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm |
Torsi Maksimum | 9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm |
Tipe Starter | Elektrik & kick Starter |
Tipe Kopling | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Tromol |
Soal fitur, Honda BeAT Street 2021 semakin canggih. Semua sistem pencahayaan khususnya lampu depan, kini sudah dilengkapi dengan LED. Panel meternya sudah full digital dengan background berwarna biru. Sehingga, pengendara dapat melihatnya lebih baik saat di kegelapan.
Luas bagasi dengan kapasitas 12 liter juga cukup bermanfaat, meskipun belum bisa untuk menampung helm jenis full face ataupun half face. Fitur-fitur standar tetap disematkan, seperti Smart Stand Switch, Secure Key Shutter, Parking Brake Lock, dan lainnya.
Honda BeAT Street 2021 hadir hanya dengan satu varian saja. Skutik entry level yang masuk dalam keluarga BeAT series ini dibanderol Rp 17,15 juta (on the road Jakarta).
Honda BeAT Street 2021 hadir dengan tampilan yang lebih sporty dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern, meskipun belum selengkap skutik lain sekelasnya. Harga yang dibanderol sesuai dengan fitur yang ditawarkan dan posisinya sebaga skutik entry level.