Honda BeAT Street 2021, Skutik Anak Muda Bergaya Supermoto

Skuter matik (skutik) entry level banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Banyak anak-anak muda yang menggunakan skutik seperti Honda BeAT Street 2021, karena penampilannya yang lebih dinamis.

Selain itu, desain dan fitur yang ditawarkan sekarang ini juga jauh lebih menarik. Tak hanya sekedar alat transportasi sehari-hari saja, tapi juga bisa mengekspresikan gaya hidup penggunanya.

Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan setang model telanjang atau terbuka. Dengan setang telanjang berukuran lebar itu dan ban aspal, Honda BeAT Street 2021 jadi terkesan seperti supermoto. 

Honda BeAT Street 2021.

Honda BeAT Street 2021 tak kalah laris dengan All New Honda BeAT series. Bagian yang membedakan hanya setangnya saja. Pada All New Honda BeAT, model setang ditutup cover atau batok. 

Pertama kali skutik ini meluncur pada tahun 2016 dengan nama Honda BeAT Street eSP. Setelah empat tahun berlalu, akhirnya meluncurlah generasi kedua yang diberi nama All New Honda BeAT Street.

Dari sejak pertama meluncur, Honda tidak banyak melakukan penyegaran. Honda BeAT Street hanya mendapat ubahan pada striping dan pilihan warna yang ditawarkan. 

Generasi Pertama Honda BeAT Street (2016 - 2020)

Saat pertama kali diluncurkan, Honda BeAT Street hadir hanya dengan satu tipe, yakni CBS (Combi Brake System). Tidak ada fitur ISS (Idling Stop System), pengaman kunci kontak magnetis belum terintegrasi dengan jok, dan sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlam biasa. 

Honda BeAT Street generasi pertama.

Kapasitas tangki bahan bakarnya masih 4 liter dan kapasitas bagasi di bawah jok juga masih 11 liter. Konsumsi bahan bakar skutik ini diklaim mencapai 55 km/liter.

Generasi Kedua Honda BeAT Street (2020 - Sekarang)

Tampilannya berubah cukup signifikan untuk generasi kedua Honda BeAT Street. Desain lampu depan sudah berubah dan sistem pencahayaannya juga semuanya sudah menggunakan LED. Tapi, Honda masih belum menyematkan fitur ISS. Panel meter tetap full digital. Jika yang sebelumnya menggunakan warna oranye, sekarang sudah berwarna biru. 

Kapasitas tangki bahan bakar meningkat menjadi 4,2 liter. Sedangkan kapasitas bagasi, bertambah menjadi 12 liter. Kunci kontak masih menggunakan pengaman magnetis, tapi sudah terintegrasi untuk membuka jok. Perubahan lainnya ada pada desain peleknya, palangnya sudah berubah. 

Honda BeAT Street 2021, generasi kedua.

Penampilan Honda BeAT Street 2021

Tampilannya dibuat sama persis seperti All New BeAT series, hanya bagian setang saja yang berbeda. Honda BeAT Street 2021 memiliki desain yang tak kalah agresif dibandingkan generasi pertamanya. Desain lampu depan terlihat lebih sipit, memberikan kesan agresif. Ubahan lain ada pada bodinya, di mana lekuk dan garisnya dibuat lebih tajam dan lebih tegas. 

Secara tampilan, ubahan lain terlihat pada desain peleknya. Model palangnya sudah berubah dari generasi pertama. Suspensinya masih sama, sokbreker depan pakai model teleskopik dan sokbreker belakangnya model tunggal. 

Honda BeAT Street 2021 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.030 mm. Jarak sumbu rodanya 1.251 mm. Tinggi tempat duduk mencapai 740 mm dengan jarak terendah ke tanah 145 mm. Beratnya sendiri mencapai 95 kg. 

Untuk pilihan warnanya, Honda BeAT Street 2021 kini ditawarkan dengan tiga pilihan, antara lain Street Silver Black, Street Black, dan Street Silver. 

Tiga pilihan warna Honda BeAT Street 2021.
Spesifikasi Honda BeAT Street 2021
Panjang X Lebar X Tinggi 1877 x 742 x 1030 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Sumbu Roda 1.251 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 145 mm
Curb Weight 95 kg
Tipe Rangka Underbone - eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C – Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C – Tubeless

Posisi Berkendara Honda BeAT Street 2021

Honda BeAT Street 2021 menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan kendali yang penuh. Sebab, skutik 110 cc ini dibekali dengan setang telanjang yang lebar layaknya motor supermoto. Posisinya juga cukup ergonomis antara posisi tangan, badan, dan kaki. Dengan tinggi tempat duduk 740 mm, skutik entry level yang banyak peminatnya ini juga bersahabat dengan pengendara yang memiliki postur tubuh di bawah 170 cm. Apalagi, bobotnya juga terbilang ringan, hanya 95 kg. 

Mesin Honda BeAT Street 2021

Performa Honda BeAT Street 2021 dihasilkan dari mesin 4 langkah, satu silinder, SOHC, eSP, dengan kapasitas silinder 109,5 cc. Dengan diameter piston 47 mm dan langkah 63,1 mm, rasio kompresi yang dihasilkan 10:1.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin tersebut tercatat mencapai 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimumnya hingga 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Mesinnya juga dikawinkan dengan transmisi otomatis V-matic.

Untuk mengurangi laju roda yang dihasilkan dari performa mesin, Honda BeAT Street 2021 masih menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Sistem pengeremannya masih mengandalkan Combi Brake System (CBS), tidak ada fitur Anti-lock Braking System (ABS). 

Spesifikasi Mesin Honda BeAT Street 2021
Tipe Mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP
Volume Langkah 109.5 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI)
Diameter X Langkah 47 x 63,1 mm
Tipe Transmisi Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi 10 : 1
Daya Maksimum 6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
Tipe Starter Elektrik & kick Starter
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol 

Fitur andalan Honda BeAT Street 2021.

Fitur Honda BeAT Street 2021

Soal fitur, Honda BeAT Street 2021 semakin canggih. Semua sistem pencahayaan khususnya lampu depan, kini sudah dilengkapi dengan LED. Panel meternya sudah full digital dengan background berwarna biru. Sehingga, pengendara dapat melihatnya lebih baik saat di kegelapan. 

Luas bagasi dengan kapasitas 12 liter juga cukup bermanfaat, meskipun belum bisa untuk menampung helm jenis full face ataupun half face. Fitur-fitur standar tetap disematkan, seperti Smart Stand Switch, Secure Key Shutter, Parking Brake Lock, dan lainnya.

Harga Honda BeAT Street 2021 : Rp 17,15 Juta

Honda BeAT Street 2021 hadir hanya dengan satu varian saja. Skutik entry level yang masuk dalam keluarga BeAT series ini dibanderol Rp 17,15 juta (on the road Jakarta).

Kesimpulan

Honda BeAT Street 2021 hadir dengan tampilan yang lebih sporty dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern, meskipun belum selengkap skutik lain sekelasnya. Harga yang dibanderol sesuai dengan fitur yang ditawarkan dan posisinya sebaga skutik entry level.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat