Berstatus Skutik Terlaris di Indonesia, Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT 2021

Sejak dikenalkan awal tahun lalu, Honda BeAT 2021 saat ini masih menjadi model yang digemari banyak orang. Skutik entry level ini bahkan berstatus motor terlaris, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Menilik sejarahnya, Honda BeAT dikenalkan pertama kali tahun 2008 untuk bersaing dengan Yamaha Mio. Generasi pertama ini diniagakan sampai tahun 2008, dan mendapat facelift ditahun 2010.

Honda BeAT 2021 masih favorit di skutik entry level.

Tahun 2012 Honda BeAT mendapatkan update total dari penampilan  yang jadi lebih berisi, juga teknologi mesin yang kini sudah menggunakan injeksi, sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat.

Tahun 2014, Honda BeAT mendapatkan update lagi meski secara penampilan tak berubah banyak. Mesin yang digunakan sudah berteknologi eSP (enhanched smart power) dan proses starter mesin menjadi lebih halus.

Tahun 2016, Honda BeAT mendapatkan update total dengan bentuk yang kembali ramping dan sporty. Meski begitu, kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar ditingkatkan.

Masuk tahun 2020, barulah Honda BeAT kembali mendapatkan update besar-besaran, karena menggunakan mesin, rangka dan fitur yang lebih canggih. Model ini masih dijual sampai sekarang.

Rangka eSAF Honda BeAT 2021.

Honda BeAT 2021 Andalkan Teknologi Baru

Skutik ini jadi model kedua yang menggunakan teknologi terbaru Honda untuk skutik murahnya, seperti rangka baru yang disebut eSAF (enhanhed smart architecture frame) dan mesin eSP generasi anyar.

Baik rangka dan mesin tersebut, pertama kali dipakai untuk Honda Genio. Dan selain Honda BeAT, skutik Honda lain yang sudah pakai komponen tersebut ada Honda Scoopy 2021.

Rangka eSAF ini berbeda jauh dari rangka model sebelumnya, yang menggunakan pipa yang ditekuk dan dilas. Untuk rangka eSAF terbuat dari lembaran plat baja yang dicetak pakai mesin press, dan disambung menggunakan las laser.

Mesin eSP terbaru Honda BeAT 2021

Sedangkan mesin eSP generasi terbaru dirancang untuk mengejar performa putaran bawah dan efisiensi bahan bakar. Ya karena skutik ini kebanyakan dipakai untuk sehari-hari, maka soal konsumsi bahan bakar harus diperhitungkan.

Honda BeAT 2021 dijual mulai dari Rp 16,45 juta sampai Rp 17,25 juta on the road Jakarta. Banderolnya memang termasuk terjangkau berbagai kalangan.

Kelebihan dan Kelemahan Honda BeAT 2021

Image skutik favorit ini sudah tertanam kuat dimasyarakat. Kala seseorang ingin membeli skutik entry level, maka skutik satu ini tak akan pernah absen dari daftar calon skutik incaran.

Bicara pasar skutik entry level, sampai saat ini produk PT Astra Honda Motor ini masih merajai. Bahkan saat kompetitor menggempur dengan beragam produk baru sekalipun, status skutik terlaris belum tergoyahkan.

Honda BeAT 2021 varian CBS.

Berikut adalah kelebihan Honda BeAT 2021:

1. Image sebagai skutik dengan konsumsi bensin yang irit sudah melekat kuat pada sosok Honda BeAT. Pabrikan mengklaim konsumsi bensin bisa mencapai 60,6 km/liter dengan metode ECE R40 Euro 3.

Jika dipakai untuk penggunaan harian secara normal, konsumsi bahan bakarnya masih akan ada diangka 50an km/liter. Itu pun masih sangat irit, meski tak seirit klaim pabrikan.

Pengendara bisa mencapai efisiensi bahan bakar dengan berpatokan pada indikator eco riding pada panel instrumen. Wajar jika Honda BeAT banyak disukai konsumen.

Honda BeAT 2021 varian CBS-ISS.

2. Banderol harga yang relatif terjangkau juga jadi nilai lebihnya. Skutik ini dijual dari Rp 16,45 juta untuk varian CBS. Lalu Rp 17,15 juta untuk varian CBS-ISS dan Rp 17,25 juta untuk CBS-ISS Deluxe.

Hadirnya tiga varian yang bisa dipilih (tak termasuk Honda BeAT Street), membuat konsumen bisa memilih varian mana yang diinginkan, dan menyesuaikan dengan isi dompetnya.

3. Image mesin responsif sudah melekat pada Honda BeAT, begitu pula pada generasi terbaru ini. Dengan karakter mesin yang berubah total menjadi over stroke, kemampuan berakselerasinya dirasa cukup untuk aktivitas sehari-hari.

Panel instrumen dan combi brake system Honda BeAT 2021.

4. Meski skutik entry level, fitur yang disematkan cukup banyak. Parking brake lock, side stand switch, ACG Starter, lampu depan LED, power outlet, bagasi cukup besar, rem combi brake system.

Belum lagi panel instrumen sudah menggunakan analog dengan paduan layar digital. Kemudian kunci kontak dengan pengaman magnet. Rasanya Honda BeAT 2021 memiliki value for money yang bagus.

5. Dimensinya yang ramping dan ringan, membuat skutik ini mudah dikendarai siapa pun, pria-wanita termasuk juga rider pemula. Bobotnya paling berat hanya 90 kg saja, berkat penggunaan rangka eSAF.

Power outlet dan lampu LED Honda BeAT 2021.

Meski begitu, ada beberapa kekurangan juga dari Honda BeAT 2021 ini:

1. Desain motor yang sudah bagus bergaya sporty, sedikit terganggu dengan bentuk pelek yang sama persis dengan Honda Genio. Peleknya ini justru terlihat elegan, jadi sedikit kurang klop dengan desain keseluruhan motor.

2. Untuk rider berpostur lebih dari 170 cm, mengendarai Honda BeAT 2021 akan kurang nyaman, karena posisi paha terlalu tinggi dan posisi duduk seperti jongkok. Untuk berkendara lama jadi akan cepat melelahkan.

Hal ini lantaran dek yang terlalu tebal, imbas posisi aki yang ditempatkan di bawah dek. Jadi jika Anda memiliki postur lebih dari 170 cm, lebih baik menebus Honda Vario 125 yang punya ukuran lebih pas.

Bagasi dan tangki Honda BeAT 2021 lebih besar.

3. Mesin baru yang digunakan memang irit dan responsif, tapi saat mencapai putaran menengah sampai atas, mesin terasa kurang bertenaga. Pergerakan jarum spidometer selepas angka 60 km/jam naik sangat lamban.

Kesimpulan

Harga terjangkau, bensin irit, desain oke dan mudah digunakan membuat Honda BeAT 2021 jadi favorit banyak orang. Namun jangan harap akan performa mesin bertenaga diputaran tengah sampai atas.

Honda BeAT 2021 disukai anak muda.

Harga Honda BeAT 2021 : Rp 16,45 - Rp 17,25 Juta

Seperti yang telah kami tuliskan di atas, Honda BeAT 2021 dijual dengan rentang harga cukup terjangkau. Nominalnya dari Rp 16,45 juta untuk varian CBS. Lalu Rp 17,15 juta untuk varian CBS-ISS dan Rp 17,25 juta untuk CBS-ISS Deluxe.

Pilihan warna yang ditawarkan juga sangat beragam. Untuk varian CBS, ada funk red black, techno blue white, hard rock black dan dance white. Lalu varian CBS-ISS ada garage black, electro blue dan fusion magenta black.

Sementara varian tertinggi yakni CBS-ISS Deluxe hanya ada dua opsi warna saja, yakni deluxe black dan deluxe silver. Jadi dengan tiga varian yang dimiliki, Honda BeAT total punya sembilan warna yang bisa dipilih.

Honda BeAT 2021 varian CBS-ISS Deluxe.

Kesimpulan

Ketika Anda mencari skutik entry level, Honda BeAT tak bisa langsung disingkirkan. Berlabel skutik terlaris, menjadi salah satu bukti jika skutik ini memuaskan untuk digunakan sehari-hari.

Harga terjangkau dengan opsi varian dan warna beragam membuat konsumen lebih leluasa memilih sesuai selera dan isi dompetnya. Bobot ringan dan mesin yang sangat irit jadi nilau jual utama dari skutik ini.

Meski untuk Anda yang berpostur lebih dari 170 cm dan mereka pengendara agresif, akan merasa kurang cocok dengan skutik ini. Namun semuanya kembali lagi kepada selera dan kebutuhan Anda sebagai calon pengguna.

Spesifikasi Honda BeAT 2021
Dimensi
P x L x T 1.877 x 669 x 1.074 mm
Sumbu Roda 1.256 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Isi 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS)
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system
   
Harga Rp 16,45 juta (CBS)
  Rp 17,15 juta (CBS-ISS)
*harga on the road Jakarta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat